Satu IdeLebih Baik, Asal Dilakukan

Jadilah yang terbaik yang Anda bisa tak peduli siapapun Anda. Sisihkan dan Kesampingkan ide-ide Anda lainnya maka selebihnya akan mengikuti, menjadi yang terbaik.  Pada saat Anda bertemu dengan seorang pebisnis dan dia memberikan sebuah perencanaan bisnis (Business Plan) tentu mereka akan menuangkan beberapa ide dalam Slide Presentasi, dan mungkin Anda berpikir ini adalah bagian dari Penawaran (Bargain).  Namun ketahuilah bahwa itu tidak menjadikan sebuah ide besar dan hebat, karena hanya menjadi bagian kecil (fraction)dari ide-ide yang mungkin direalisasikan.

Apakah Anda berpikir ketika beberapa ide dapat dikerjakan bersama akan memberikan hasil maksimal..? Ternyata Tidak.  Implementasi sebuah ide bagus perlu Kerja Keras dan Segunung Usaha, mulai Perencanaan Strategis (Strategic Planning), Pengembangan Produk (Product Development), Penetrasi Pasar, Finansial, Administrasi, Human Resources dan masih banyak lagi.  Membuat sebuah ide yang menguntungkan adalah usaha yang cukup sulit dan tidak mudah.  Jangan terjebak dengan aktivitas yang terlalu banyak sehingga terbuang banyak waktu dan pikiran.

Sebaliknya cobalah Anda berfokus pada satu hal yang paling diinginkan dan dibutuhkan Pelanggan (Customer).  Fokus bagaimana memenuhi dan melakukan yang terbaik bagi Pelanggan dapat memberi nilai tambah (added value) yang mungkin tidak tergantikan.

Namun itu tidak semua, dalam mempersiapkan sebuah bisnis tentu Anda ingin memetakan segala sesuatu yang menjadikan Anda terbaik pada sebuah Perencanaan (Planning) yang ingin dilakukan (Action Plan).  Anda akan mengambil secarik kertas dan pena untuk kemudian menuliskan seluruh Kekuatan (Strength) dan Keuntungan (Benefit) yang mungkin diraih, seperti :

  • Ketrampilan Khusus
  • Pengalaman
  • Hubungan Industri
  • Paten
  • Dll

Dan ketika Anda tidak menemukan kelebihan tersebut maka Anda akan berpikir mencari ide Unik dan Berbeda dari kebanyakan orang untuk memenangkan pasar.  Satu hal yang dikerjakan dengan baik akan membuat orang mengenali Anda, dan fokus menjadi Pemimpin Pasar dalam Produk dan Layanan membuat lainnya akan mengikuti.

Setelah orang atau pasar menanamkan kepercayaan dan keyakinan pada kemampuan Anda, pada akhirnya mereka akan datang kembali mencari dan meminta lebih.  Inilah yang terjadi pada Amazon, situs penjualan buku online terbaik dunia.  Setelah pelanggan nyaman dengan Amazon dan produknya dicintai, mereka mulai meminta Amazon memberika lebih dari sekedar buku. Saat ini Amazon menjual ribuan produk. Namun perusahaan tersebut tetap dimulai dengan menjadi yang Terbaik dalam Satu Hal.  Lakukan Satu Hal dan Lakukan Lebih Baik dari orang lain, maka yang lainnya akan mengikuti.

Para pengusaha saat ini selalu beranggapan bahwa Perusahaan Besar dan Sukses adalah yang menjual dan menawarkan banyak produk serta layanan.  Namun mereka lupa bahwa perusahaan tersebut tidak memulainya dengan cara seperti itu.  Perusahaan besar mendapatkan Kredibilitasnya menjadi yang terbaik karena dalam satu hal mereka unik dan melakukannya.  Tengoklah beberapa Perusahaan Dunia seperti

  • Google yang dimulai sebagai sebuah mesin pencari sederhana.
  • Zappos hanya penjual sepatu online.
  • Dell Computer dimulai dari sebuah garasi dengan beberapa order PC Rakitan.
  • Richard Branson yang meluncurkan Virgin Records, dan belakangan itu menjadi maskapai penerbangan, resor, layanan mobile, dan bahkan program luar angkasa komersial.

Semua perusahaan besar ini selalu memulai dari satu ide dan memberikan yang terbaik.

Perusahaan-perusahaan ini membuktikan diri di benak pelanggan dengan memenangkan kategori tertentu. Mereka mengangkat tangan tinggi-tinggi di satu wilayah tertentu dengan keahlian khusus dan memilikinya, sebelum mereka meluncurkan ide lain. Itulah yang akan membuka pintu ke masa depan.

Temukan masalah Anda untuk dipecahkan, ambil pena dan tulis seluruh aset Anda. Temukan tujuan emas Anda. Sisihkan ide baik lainnya. Kerjakan Satu Ide dan Lakukan Lebih Baik daripada Orang Lain, dan selebihnya akan mengikuti.

Leave a Reply