Saran dan Tip untuk Mendapatkan Promosi Jabatan dalam Pekerjaan Anda

Saran dan Tip untuk Mendapatkan Promosi Jabatan dalam Pekerjaan Anda

Saran dan Tip untuk Mendapatkan Promosi Jabatan dalam Pekerjaan Anda

Bagaimana Anda dapat memperoleh promosi dalam pekerjaan?. Ini adalah pertanyaan yang gampang gampang sulit, gampang diucapkan “karena ingin promosi”, gampang dibayangkan “angan-angan mendapat promosi”, namun sulit didapatkan “melakoni proses promosi”. Namun tidaklah hal yang mustahil mendapatkan promosi jabatan. Selain Anda perlu menjalani proses assessment promosi jabatan, Anda pun perlu menunjukkan kinerja dan prestasi yang hebat sehingga memperoleh kesempatan tersebut. Berikut ini adalah Saran dan Tip bagi Anda untuk mendapatkan Promosi Jabatan dalam Pekerjaan.

1.  Lakukan Pekerjaan Terbaik Anda

Jangan pernah berharap orang akan mempromosikan Anda karena faktor SUBJECTIVE. Terlebih dengan kondisi dunia profesional saat ini sangat kompetitif, dan perusahaan pun tidak berani gambling meng-hire orang-orang yang “Tampak Hebat” hanya karena omongan orang atau hanya karena pandai bicara. Dunia profesional butuh orang-orang kompeten dan proven. Jika Anda seorang Marketer, buktikan bahwa Anda lah yang membawa sebuah produk menjadi booming di pasar. Jika Anda seorang Auditor, buktikan pula kinerja Anda berhasil menurunkan tingkat fraud dalam perusahaan. Inilah yang diperlukan pertama kali jika Anda ingin mendapatkan promosi jabatan. Lakukan pekerjaan Anda dengan baik dan terbaik.

2.  Jadilah Team Player

Tidak ada seorang Fighter sejati, seorang Lone Ranger yang mampu menuntaskan pekerjaan sendirian. Sehebat apapun Anda dalam bidang pekerjaan, maka kerjasama tim adalah selalu menjadi Top Priority membangun kelanggengan jangkan panjang. Menjadi team player yang baik, dapat dimulai dengan membantu rekanan Anda menyelesaikan pekerjaannya, mendukung Atasan dengan memberikan laporan lengkap dan komprehensif, dan masih banyak lagi cara membangun Team Player.

3.  Jangan Alpa terhadap Pekerjaan

Selalu tepat waktu, jangan molor dalam bekerja, dan jangan berhubungan dengan orang-orang yang akan menghambat pekerjaan Anda. Mereka akan menyeret Anda menjadi lebih lambat dan akan melawan Anda kelak. Jangan pernah alpa terhadap pekerjaan dan tanggung jawab Anda.

4.  Bangun Jaringan dan Libatkan Diri Anda

Keberhasilan dalam karir selain karena kompetensi dan prestasi, ditentukan pula oleh seberapa luas dan efektifnya jaringan Anda. Hubungan personal dengan orang-orang yang terkait pada pekerjaan akan sangat membantu keberhasilan Anda untuk mendapatkan promosi. Hadirilah pertemuan kantor, gathering karyawan, forum-forum brainstorming atau diskusi. Semakin mereka mengenal karakter dan pribadi Anda, akan semakin mudah Anda mendapatkan rekomendasi mereka kelak. Pastinya promosi jabatan akan diberikan kepada mereka yang dikenal dibandingkan kandidat yang kurang diketahui dengan jelas.

5.  Lanjutkan Pendidikan Anda

Jika perusahaan mengajukan Anda untuk mengikuti sesi pelatihan, maka ambillah kesempatan tersebut. Apapun yang ditawarkan perusahaan, selama memberikan tambahan ilmu dan wawasan, maka manfaatkan. Selebihnya Anda perlu juga meng-upgrade diri sendiri melalui seminar, training dan lainnya sehingga siap menapaki jenjang karir yang lebih tinggi.

6.  Diskusi dengan Atasan

Tidak ada Atasan yang susah ketika anak buah mereka mendapatkan promosi. Keberhasilan mereka juga dinilai ketika banyak anggota tim yang berhasil mendapatkan promosi jabatan. Promosi Jabatan di internal perusahaan memerlukan referensi dari atasan Anda, dan jangan pernah menutup diri kepada mereka jika muncul peluang promosi, dan alangkah bijak jika mereka mengetahuinya dari Anda dibandingkan dari Human Resource

7.  Siapkan Diri jika diminta

Atasan tentunya memahami kelebihan Anda dan mungkin akan menawarkan peluang promosi jabatan. Jika hal ini terjadi, maka akan lebih mudah bagi Anda menjalaninya. Namun terkadang, dalam beberapa jenis pekerjaan, Anda akan diminta mengajukan diri atau aplikasi promosi jabatan. Siapkanlah diri Anda jika diminta mengajukan diri dalam promosi.

8.  Ikuti Proses Promosi

Jangan merasa, Anda mendapatkan promosi otomatis akan menduduki jabatannya. Pastinya perusahaan juga akan mempertimbangkan kandidat lain atau kandidat dari luar perusahaan. Proses promosi jabatan ibarat seperti proses pencarian kerja. Anda akan bersaing dengan orang lain dan sebuah proses yang sudah baku. Ikutilah saja proses promosi jabatan yang Anda ajukan atau Anda direferensikan.

9.  Carilah Referensi

Mintalah kepada supervisor Anda surat rekomendasi kerja. Meski hanya melakoni proses promosi jabatan dari internal job posting, surat referensi akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap kelangsungan berikutnya.

Proses promosi jabatan adalah proses yang berjalan umum, bukanlah sebuah proses instan atau proses khusus. Jabatan akan ditempati orang yang tepat, dan dengan adanya saran dan tip mendapatkan promosi jabatan mungkin Andalah orang yang berada dalam pekerjaan tersebut.

Leave a Reply