Resolusi Meningkatkan Perusahaan dan Diri Anda

Resolusi meningkatkan Perusahaan dan Diri Anda
Resolusi meningkatkan Perusahaan dan Diri Anda

Ikuti langkah resolusi meningkatkan perusahaan dan diri Anda, dengan cara sederhana ini sehingga KEPEMIMPINAN akan lebih baik, dan akan menjadi tahun terbaik Anda.  Awal tahun baru adalah kesempatan besar untuk memperbaiki diri – dan perusahaan Anda. Dan sesungguhnya jalan menuju perbaikan lebih mudah dari yang Anda kira.

Seiring berjalannya waktu, dan Anda mulai terhambat oleh proyek baru yang tampaknya tidak ada habisnya, dan kadang Anda mudah untuk mengorbankan KEMAJUAN jangka panjang demi meraih kemenangan jangka pendek bagi Anda dan tim.  Perusahaan dibangun untuk TUMBUH dan BERKEMBANG dalam JANGKA PANJANG, meski semua bermula dengan target jangka pendek, dan tahapan kecil disetiap lini organisasi.

Setiap saat Anda, terlebih memasuki pergantian tahun, akan masuk dalam mode resolusi Tahun Baru, dan berikut ini adalah tahapan resolusi untuk dipikirkan demi meningkatkan perusahaan dan diri Anda saat memasuki tahun baru.

#1. MEMIMPIN dengan MENDENGARKAN (Lead by Listening).

Lingkungan kantor dimana hal-hal yang sering DIPERTANYAKAN dan DITANTANG cenderung memberikan HASIL yang lebih baik – meski terkadang ada hasil yang lebih LAMBAT, namun ternyata lebih BAGUS. Keragaman PENDAPAT dan SUDUT PANDANG membuat produk menjadi lebih baik, dan cara terbaik untuk mengermbangkannya adalah sangat sederhana: DENGARKAN.

Tahan keinginan Anda untuk memberikan PENILAIAN cepat terhadap masukan siapa pun – bahkan meski pada awalnya Anda tidak setuju. Hanya butuh satu PENOLAKAN CEPAT untuk membuat seorang karyawan TAKUT bahwa mereka tidak didengar.

Dinamika kantor terbaik adalah di mana karyawan Anda tidak hanya merasa TERDORONG untuk memberikan PENDAPAT, namun juga mereka tahu bahwa manajemen sedang MENDENGARKAN. Dan menciptakan suasana itu tidaklah sesulit yang Anda bayangkan.  Meningkatkan perusahaan dan diri Anda dimulai dengan MENDENGARKAN setiap insan dalam organisasi.  Selain Anda berlatih menjadi pribadi yang BIJAK, juga membuat mereka TERIKAT dan TERLIBAT dalam perusahaan.

#2. Pahami BOBOT kata-kata Anda.

Pembesar Google Eric Schmidt memiliki saran bagus untuk para CEO dan eksekutif yang berpengaruh lainnya: “PILIH komentar Anda dengan bijak”.  Kata-kata dapat mengubah seseorang, BAIK atau BURUK.  Anda dapat melihat dari sekian banyak karyawan, bagaimana mereka terMOTIVASI ataupun DEMOTIVASI karena kata-kata atau frase yang meluncur dari atasan atau rekan kerja.

Pilih KOMENTAR Anda dengan BIJAK

Dalam suasana rapat, jika Anda berKOMENTAR pada setiap topik bahasan, karyawan Anda tidak akan pernah TAHU mana yang paling PENTING bagi Anda. Demikian juga, saat bertemu dengan karyawan Anda, hindari datang ke meja mereka dengan GAGASAN yang berlebihan. Jika Anda menyebutkan lima OBYEKTIF yang berbeda, maka Anda berisiko membuat karyawan mengambil terlalu banyak dalam UPAYA mereka menyelesaikan tugas.

Sebagai gantinya, coba pikirkan hal yang paling penting – dan cukup katakan saja. Pahami bahwa Anda memiliki kewajiban untuk menjadi JELAS, dan Anda akan dihargai dengan PRODUKTIVITAS. 1 atau 2 ide terbaik Anda sudah cukup menjadi usaha keras karyawan memberikan hasil IMPRESIF.  Sehingga proses resolusi meningkatkan perusahaan dan diri Anda akan berjalan SIMULTAN dan SELARAS.

#3. Jadwalkan MAKAN SIANG bersama karyawan Anda.

Tergantung besar kecilnya ukuran perusahaan Anda, mungkin sangat mudah bagi karyawan merasa diabaikan oleh manajemen. Untuk memulai tahun baru, luangkan waktu Anda dan manajemen lainnya untuk memastikan bahwa hal itu (perasaan terabaikan) tidak terjadi.

Jika memungkinkan, jadwalkan pertemuan makan siang dengan masing-masing karyawan Anda. Jika itu tidak munkin, maka cobalah untuk berkelompok per SECTION atau DEPARTMENT. Sebuah tatap muka kecil bisa berjalan jauh, dan Anda mungkin akan terkejut dengan percakapan yang terjadi sebab tema makan siang sederhana.

Saat Anda mengunjungi kantor perwakilan atau kantor cabang, rasanya cukup baik bila ada lembaran undangan yang dikirim ke semua karyawan untuk makan siang bersama.  Proses komunikasi dengan cara ini cukup EFEKTIF membangun budaya TRANSPARANSI.

Karyawan dapat Anda mintakan setiap orang agar membawa tiga pertanyaan dan dua UMPAN BALIK. Makan siang ini akan memicu GAGASAN dan PERCAKAPAN hebat, dan juga menyajikan kesempatan untuk bersikap terbuka mengenai keputusan manajemen baru-baru ini.

Sementara Anda melakukannya pertemuan dengan karyawan, jadwalkan pula beberapa pertemuan dengan diri Anda sendiri. Ini merupakan proses EDUKASI DIRI untuk mengatur dan memprioritaskan tujuan Anda.  Perenungan dapat dilakukan setidaknya setiap minggu, agar agenda prioritas Anda tetap terkontrol.

#4. Izinkan Anda untuk menghargai Diri Sendiri.

Sembilan dari 10 orang mungkin akan memberi tahu Anda bahwa mereka memprioritaskan KELUARGA mereka terlebih dahulu. Namun berapa banyak dari mereka secara KONSISTEN pulang pada waktunya untuk makan malam bersama keluarga mereka?

Tahun ini, bisa menjadi resolusi meningkatkan perusahaan dan diri Anda.  Cukup logis jika Anda memutus jam kerja dan meninggalkan kantor saat hari kerja usai.  Sikap berani “selesai” dari pekerjaan adalah proses pendewasaan diri, agar Anda tidak larut dan hanyut dengan rutinitas.  Ini pun menjadi proses peningkatan kepemimpinan Anda dalam perusahaan.

Demikian juga mendedikasikan waktu untuk kesehatan pribadi Anda. Mulailah dengan enam puluh menit setiap minggu untuk berolahraga, sesi meditasi atau apapun yang dapat memperbaiki kesehatan FISIK dan MENTAL Anda.

Hal-hal seperti NUTRISI yang tepat, olahraga dan tidur yang cukup mungkin terasa sulit dipahami, namun memberikan cukup waktu untuk kesehatan Anda akan menjadi dividen jangka panjang – baik di dalam atau di luar kantor.

#5. Baca BUKU baru setiap bulannya.

Ada satu komentar dalam forum yang hampir semua pemimpin dan eksekutif hebat memiliki kesamaan: Mereka semua adalah PEMBACA yang rakus.

Menumbuhkan dan mendiversifikasi rak buku Anda akan membantu memikirkan pendekatan INOVATIF dan dapat membuka mata terhadap sudut pandang atau STRATEGI yang tidak pernah Anda pertimbangkan.

Adan dapat terus-menerus memasukkan gagasan sendiri dan menerapkannya ke dalam perusahaan pada gagasan yang Anda baca. Sebuah contoh buku baru yang disebut Learn or Die karangan Ed Hess, dapat memberi beberapa gagasan hebat tentang bagaimana mengubah program PEMBELAJARAN dan PENGEMBANGAN Anda.

Jangan membatasi diri Anda dengan buku-buku panduan atau buku filosofi semata. Elon Musk mengapresiasi sebuah novel FIKSI ILMIAH sebagai salah satu buku yang membantunya membentuk PANDANGAN. Oprah Winfrey menyebut buku klasik Harper Lee “To Kill a Mockingbird” salah satu favoritnya.

Bukalah 12 buku baru di tahun ini, dan tahun ini mungkin yang paling banyak MEMBUKA MATA Anda.  Langkah resolusi meningkatkan perusahaan dan diri Anda merupakan pijakan penting agar KOMITMEN dan KONSISTENSI berjalan berkesinambungan.

Leave a Reply