Rahasia Sukses Anda Berkarir di Luar Negeri

Rahasia Sukses Berkarir di Luar Negeri
Rahasia Sukses Berkarir di Luar Negeri

Ikhtisar.com – Beberapa menganggap berkarir di luar negeri adalah kesempatan yang patut untuk dipertimbangkan. Bisa jadi karena nilai kurs yang lebih tinggi, sehingga dapat menawarkan benefit yang lebih menjanjikan. Adapula yang ingin mengganti suasana dan tantangan yang baru. Apapun itu, mengembangkan karir di luar negeri tidak bisa dibilang mudah. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri.

1.  Memahami budaya negara tujuan

Anda ingin berkarir di Jepang atau di Amerika Serikat? Apapun negara yang Anda tuju sebagai pilihan, Anda perlu mempelajari budaya mereka terlebih dahulu. Kalau kaum pekerja di Jepang mementingkan kesopanan serta kesantunan, sedangkan pekerja di Amerika Serikat lebih mengutamakan keterbukaan dan determinasi kerja yang tinggi. Dengan begini, Anda dapat mengasah interpersonal skill Anda dalam berhadapan dengan pekerja lain.

2.  Bekerja di perusahaan multinasional

Apabila Anda masih berada dalam tahap pertimbangan untuk berkarir ke luar negeri, mungkin Anda bisa mencoba bekerja di perusahaan multinasional terlebih dahulu. Tentu saja, dahulukan perusahaan yang memiliki cabang di negara yang Anda sukai agar Anda dapat melihat sebagian budaya kerja yang mereka miliki melalui peraturan serta regulasi perusahaan yang ada di Indonesia ini.

3.  Fleksibilitas kerja yang tinggi

Bekerja di negara lain, tentunya Anda akan menghadapi budaya dan etos kerja yang sangat berbeda. Artinya, Anda harus bersikap open-minded terhadap kesempatan serta perilaku yang berbeda. Kalau Anda tidak mampu bersikap fleksibel, Anda akan cenderung lebih rentan terhadap stres kerja, sehingga akan sulit untuk menunjukkan performa yang baik di perusahaan yang baru.

4.  Menjalin koneksi yang baik

Bekerja di luar negeri, artinya Anda berada di lingkungan baru dimana Anda tidak mengenal orang-orang sekitar Anda. Hal ini berarti Anda harus sigap dalam menjalin koneksi dengan orang-orang sekitar. Anda bisa memulai dengan orang-orang senegara yang juga memilih berkarir di luar negeri. Oleh karena kesempatan untuk berbaur dan menjalin hubungan yang baik akan lebih mudah untuk dilakukan. Selanjutnya, mereka akan mengembangkan jaringan koneksi Anda dengan memperkenalkan orang-orang yang mereka kenal.

5.  Persiapan administratif untuk bekerja di luar negeri

Bekerja di luar negeri, berarti pula Anda harus tinggal di negara tersebut. Apakah untuk sementara atau untuk selamanya, Anda memerlukan persiapan administratif yang diperlukan. Misal, paspor dan tentu saja, visa, untuk izin kerja atau izin tinggal di luar negeri. Memahami aturan tentang warga negara asing dan perundang-undangan di luar negeri tentang aturan tinggal juga dapat membantu Anda untuk menghindari masalah. Tentu saja, Anda bisa sedikit menghindari masalah administratif ini apabila Anda memilih negara ASEAN yang telah menjalin kerja sama dalam MEA, sehingga Anda tidak perlu lagi memiliki visa untuk bekerja di sana.

Leave a Reply