Inilah Rahasia bagi Anda dalam Pemecahan Masalah secara Kreatif

pemecahan masalah kreatifPernahkah Anda menemukan Masalah Berulang dalam Pekerjaan atau Bisnis dan akhirnya bertemu Jalan Buntu serta Pikiran Kosong..??  Bukan hal aneh ketika Anda sibuk dan larut dalam rutinitas kerja sehingga seketika berhadapan dengan suatu masalah, yang terjadi adalah “Blank”.

Pastinya Anda tak ingin berlarut dalam permasalahan ini, sehingga mencari solusi inovatif dengan cara sederhana adalah hal yang kritis (Urgent).  Untuk itu kembali pada pokok permasalahan akan membantu Anda dalam Pemecahan Masalah secara Kreatif.  Lakukan pendekatan dalam pemecahan masalah ini melalui cara-cara yang berbeda.  Semakin banyak cara Anda menjelaskan Permasalahan yang ada untuk diselesaikan, maka semakin Anda paham dan yakin apa yang diperlukan dalam Pemecahan Masalah tersebut.

Tanyakan kepada diri sendiri mengenai dua hal berikut:

1. Jenis Masalah Apakah ini?
Sebagian besar waktu Anda terjebak pada masalah dikarenakan fokus yang terlalu sempit. Bila Anda berpikir khusus, Anda hanya membatasi memori Anda dan melumpuhkan kreativitas.
Sebaliknya, berpikirlah lebih Abstrak. Temukan Inti dari Masalah. Anda dapat memilah masalah lebih sederhana ketika melakukan pertanyaan berulang, Kenapa Masalah Ini Terjadi..? atau Sebenarnya Ini Masalah tentang Apa..?  Tanyakanlah kepada diri sendiri dalam beberapa kali sehingga Permasalahan Makin Jelas dan Mudah di cerna.

2. Siapa yang pernah Menghadapi Masalah Sejenis?
Bila Anda berpikir tentang masalah secara abstrak, Anda tentu menyadari bahwa orang lain telah memecahkan jenis masalah yang sama dengan cara yang sangat berbeda. Salah satu solusi mereka mungkin menjadi kunci bagi Permasalahan Anda. Tanyakan pada diri sendiri, Siapakah yang pernah mengalami Permasalahan yang sama sehingga menjadi Perspektif berbeda dalam Penyelesaian Masalah Anda.  Ini salah satu cara Anda membebaskan diri dari Berpikir Sempit dalam Pemecahan Masalah.  Solusi mereka tidak akan persis menjadi Solusi Anda, namun Kerangka Berpikir mereka dapat melepaskan Potensi Pikiran Anda dalam memaksimalkan cara-cara Pemecahan Masalah yang Kreatif
Dengan kembali Menggambarkan Masalah secara Rinci, Anda lebih mungkin untuk menemukan Inspirasi untuk Inovasi yang benar-benar Kreatif.

ikhtisar.com

Leave a Reply