Berbagi Rahasia Kepemimpinan Jack Welch : Mengelola Sedikit

jack welch #2Sebelumnya Anda telah mendapatkan pencerahan tentang Rahasia Memimpin Jack Welch, dimana salah satunya adalah keterlibatan setiap orang dan menyambut ide-ide besar darimana saja.  GE pada tahun 1960-an telah menciptakan banyak prosedur yang sangat membebani birokrasi dalam organisasi, dan menjadikan GE terlalu besar sebagai sebuah organisasi efektif.  Pada akhirnya Jack Welch membuang banyak buku peraturan yang sangat birokratis dan membuat sekumpulan prinsip baru tentang tata cara mengelola.  Prinsip tersebut dikenal dengan sebutan pedoman, “Bagaimana agar tidak mengelola”, yang sangat terdengar ane bagi kebanyakan manajer di GE saat itu.

Jack Welch menetapkan aturan baru bagaimana agar tidak mengelola, yakni:

1.  Mengelola Sedikit.

 Anda perlu mengajarkan para manajer untuk belajar mengelola lebih sedikit, meski dalam pelatihan mereka mungkin sudah diajarkan untuk mengelola banyak.  Akan banyak timbul pertanyaan, bagaimana dengan kualitas produk dan pelayanan?, bagaimana dengan jumlah inventori produk?, apakah mereka akan tetap giat bekerja?.  Namun Jack Welch meyakinkan bahwa hal tersebut hanya akan menghabiskan waktu Anda untuk tumbuh kembang perusahaan.

2.  Membangkitkan Kepercayaan.

Anda perlakukan karyawan dengan rasa hormat sehingga akan terbangun rasa percaya mereka dalam tugas dan tanggung jawab kerja yang diberikan.  Kepercayaan adalah nilai utama dalam pengembangan kerjasama dan tim sinergi.

3.  Cari Jalan Keluar.

Karyawan tidak memerlukan banyak pengawasan secara konstan, biarkan mereka mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga Anda akan terheran-heran dengan hasil dicapai.  Hal ini merupakan bukti pemberdayaan yang efektif.

4.  Berlandaskan Visi bukan Pengawasan.

Mengelola sedikit berarti mengajarkan para manajer untuk berpikir kreatif  agar menghasilkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi bisnis perusahan.

Beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari Rahasia Mengelola Sedikit Jack Welch adalah :

1.  Jangan Menjalankan Bisnis dengan Pengelolaan Berlebihan.

Anda diajarkan untuk lebih fokus pada isu strategik dan menciptakan visi demi perkembangan perusahaan ke depannya daripada meningkatkan pengawasan, pengendalian dan birokrasi.  Menjalankan perusahaan dengan pengelolaan berlebihan akan membingungkan orang-orang dalam perusahaan, dan membuat Anda tertinggal dari pesaing yang telah mengantisipasi perubahan yang cepat terjadi.

2.  Jangan Menyimpan Informasi untuk Diri Sendiri.

Tularkan semua informasi dan praktek yang Anda lakukan kepada semua orang, sehingga membuka otensi perubahan ke arah lebih baik jika semua orang mengetahui dan memahami akan hal tersebut.

3.  Menginspirasi, Memberdayakan dan Mencari Jalan Keluar.

Anda tidak akan pernah berhasil dengan seorang diri, diperlukan orang lain atau tepatnya pemimpin lain untuk membuat roda organisasi dapat berjalan maju dan tumbuh berkesinambungan.

Anda tidak akan pernah tahu sejauh mana orang lain akan berhasil jika tidak diberikan kesempatan untuk mencoba.  Sekali Anda sebagai manajer memberdayakan para karyawan dengan tugas-tugas nya maka Anda cukup membantu mereka dengan menciptakan visi, dan biarkanlah mereka yang akan bertindak melalui visi tersebut.  Pemimpin yang baik menurut Jack Welch adalah orang yang mampu membuat orang lain merasa senang telah berkontribusi sebagai anggota tim, senang telah berbagi sasaran dan tujuan dari organisasi.  Rahasia Mengelola Sedikit Jack Welch adalah menjadikan orang lain paham dan mengerti akan visi organisasi serta bergerak untuk bertindak mewujudkan visi tersebut.

Leave a Reply