Rahasia Membentuk Budaya Perusahaan Yang Kaya Akan Masukan

Rahasia Membentuk Budaya Perusahaan Yang Kaya Akan Masukan

Rahasia Membentuk Budaya Perusahaan Yang Kaya Akan Masukan

Perusahaan yang besar adalah perusahaan yang menghargai para karyawannya. Setiap orang pasti punya pemikiran untuk menghadapi sesuatu. Untuk menjadi sukses, tentu perusahaan harus terus menginovasi pelayanan dan produk. Sedangkan tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut dapat lahir dari para pemikiran semua elemen perusahaan.  Budaya Perusahaan yang Kaya akan Pemikiran dan Masukan para Karyawannya akan menjadi Kuat dan Kokoh dalam pertempuran di pasar.

Bukan hanya para pemimpin atau yang memiliki jabatan tinggi yang harus memikirkannya. Anda bisa mengajak para karyawan untuk ikut bermusyawarah dan memecahkannya bersama. Tumbuhkanlah budaya untuk saling mengutarakan pendapat, tentu kuncinya ada pada para pimpinannya. Hal ini tergantung pada bagaimana Anda memperlakukan para karyawan.  

Memang tidak mudah untuk menumbuhkannya, berikut beberapa rahasia yang bisa Anda lakukan untuk membentuk budaya sehingga banyak masukan yang akan didapat.

1.  Beri Kesempatan

Membiasakan bicara atau mengutarakan pendapat memang tidak mudah. Namun Anda bisa mewujudkannya dengan memberikan para karyawan Anda kesempatan untuk berbicara. Misal dengan mempersilahkan mereka mengajukan pendapat saat rapat rutin. Dengan begitu mereka akan terbiasa menghadapi situasi yang demikian. 

2.  Berikanlah Umpan dalam Hal Kecil

Untuk merangsang para karyawan Anda berbicara cobalah dengan melempar umpan kecil. Umpan tersebut bisa berupa pertanyaan atau permintaan pendapat tentang kejadian hari ini. Dengan rutin melakukannya maka mereka akan terbiasa dan ini bisa menjadi kebiasaan. Setelah itu, berikanlah persoalan yang lebih besar dan komplek tentang perusahaan.

3.  Berhati-hati dalam Merespon

Setelah mereka berani untuk mengajukan pendapat segeralah beri respon yang sesuai. Jika memang pendapat tersebut baik maka berikanlah apresiasi. Bila sebaliknya maka janganlah menghardik atau mempermalukannya. Itu hanya akan memberikan trauma pada orang yang bersangkutan. Bahkan bisa membuat mereka untuk malas memberikan atau mengutarakan pendapat. Berikanlah pengertian dengan lembut bahwa pendapatnya kurang sesuai dan beri solusi lain. 

4.  Apresiasi

Untuk berbicara dengan bos, pasti akan sulit dari sudut pandang karyawan. Mereka memiliki rasa takut jika membuat kesalahan. Jangan biarkan ketakutan itu menggerogoti mereka. Anda bisa menolong mereka dengan memberikan apresiasi secara bertahap. Nantinya mereka akan mampu mengatasi ketakutan tersebut.

5.  Bergaulah

Agar keberanian mereka semakin berkembang maka bergaulah dengan karyawan. Jangan canggung dengan mereka, hal itu hanya akan menghambat budaya yang ingin Anda tumbuhkan. Sesekali berbicaralah dengan tidak mengangkat topik kantor dengan begitu kedekatan akan semakin terjalin. Mereka pun akan merasa dianggap dan loyalitas tumbuh begitu saja. Misal Anda bisa membicarakan tentang keluarga Anda atau mereka.

Bantu karyawan untuk percaya diri dalam mengutarakan pendapatnya. Berilah apresiasi terhadap mereka yang memberikan masukan terbaik dan memberikan efek besar dalam perusahaan. Perlakukan karyawan dengan baik maka mereka akan loyal pada perusahaan. Perusahaan pun bisa menjadi besar dan sukses dengan sesungguhnya berkat para karyawan Anda. Karyawan yang kaya dengan Pemikiran akan membangun Budaya Perusahaan semakin kokoh dan kuat.

Leave a Reply