Rahasia Leadership Yang Berpengaruh Dalam Bisnis

Rahasia Leadership Yang Berpengaruh Dalam Bisnis
Rahasia Leadership Yang Berpengaruh Dalam Bisnis

Ikhtisar.comLeadership merupakan seseorang yang dianggap sebagai panutan oleh orang lain didalam suatu lingkup tertentu. Bila pada perusahaan, orang tersebut dikenal dengan nama Direktur. Pengaruhnya pada perkembangan bisnis sangat besar, salah memilih pimpinan atau pemimpin bisa menjadi sumber kebangkrutan suatu usaha. Sebaliknya, ketua tim yang cerdas pasti dapat mengemban tugas secara maksimal. Hasilnya, bisnis kian maju dan tumbuh sesuai visi misi yang telah disepakati. Pastikan Anda memiliki Rahasia karakteristik Leadership berikut jika ingin menjadi pimpinan yang baik dan berpengaruh dalam Bisnis.

1.  Memiliki Sifat dan Bersikap Positif

Sifat ialah pembawaan dalam diri individu yang bisa menimbulkan pengaruh terhadap lingkungan. Beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan perusahaan yakni Jujur, Tegas, Berwibawa, Ramah dan semua hal yang positif. Sedangkan yang dimaksud dengan sikap adalah perilaku atau respon untuk menanggapi permasalahan.

Direktur wajib bersikap Adil dan Objektif ketika menyetujui suatu keputusan yang telah dimusyawarahkan. Kesimpulan terbaik tentu tercipta dari diskusi semua pihak yang bersangkutan. Tugas pimpinan yakni memberikan tanda tangan yang menandakan bahwa ia sependapat dengan karyawannya.

2.  Mampu Mengobarkan semangat Tim

Pasang surut semangat kerja biasa terajadi dan pimpinan berperan sebagai motivator yang dapat membuatnya stabil. Lesu atau Patah Arang terjadi bila bisnis sedang mengalami hambatan. Jika tidak segera terselesaikan, maka omset perusahaan akan turun. Gulung tikar menjadi akhir dari semangat yang terus merosot.

Semangat berkobar saat target pemasukan melebihi prediksi, ini merupakan hal wajar. Pertahankan strategi dan kinerja yang optimal agar omset terus merangkak naik. Anda sebagai pemimpin memegang peranan penting untuk memantau kinerja karyawan agar senantiasa loyal dan respect.

3.  Memegang Kepercayaan semua Pihak

Prioritas utama seorang direktur ialah mendapat kepercayaan pihak lain, diantaranya rekan kerja dan bawahan. Bangun rasa saling percaya di dalam dunia kerja, intinya yakni selesaikan tugas sesuai dengan jabatan yang diemban. Bila terjadi hambatan, segera laporkan ke kepala tim dan mintalah pendapat.

Berhati-hatilah disetiap ucapan dan tindakan, jika Anda dianggap lalai maka kepercayaan itu sulit didapatkan kembali. Meminta maaflah bila memang Anda merasa berperilaku tidak semestinya dan jangan ulangi lagi. Kesalahan yang dilakukan lebih dari satu kali walaupun tidak senagaja akan dilihat besar.

4.  Lapang ketika ada Saran dan Kritikan

Bentuk pastisipasi yang ditujukan kepada pemimpin ada dua hal, yakni saran dan kritikan. Saran ialah masukan atas segala sesuatu yang direkstur perbuat dalam perkataan sopan. Sedangkan kritik memiliki tujuan sama tetapi cara penyampaiannya cenderung lebih vulgar.

Terimalah semua bentuk masukan sebab maksud mereka baik. Sharing yang menurut Anda benar berdasarkan suara terbanyak. Misalnya, mayoritas opini menyatakan bahwa Anda kurang aktif saat diskusi. Mulailah berubah agar ada perbaikan dari kualitas pribadi Anda.

Keempat poin yang telah dipaparkan di atas menjadi renungan para pemimpin. Jelas semua itu sangat berpengaruh terhadap bisnis. Perkembangan usaha tergantung kecepatan pimpinan mengambil langkah dan ketetapan menyetujui ajuan dari pekerjanya. Kerjasama tim merupakan tonggak terkuat yang bisa mempertahankan kejayaan perusahaan dari gerusan waktu dan ketatnya persaingan kompetitor.  Kepemimpinan adalah Rahasia yang sangat Berpengaruh dalam sebuah Bisnis.

Leave a Reply