Pribadi Cerdas akan menghindari kata-kata ini

Pribadi Cerdas akan menghindari kata-kata ini
Pribadi Cerdas akan menghindari kata-kata ini

Banyak kata-kata yang membawa pengaruh besar, dimana Anda akan tampak bagus atau bahkan tampak buruk, meski kata-kata yang diucapkan adalah benar.  Pribadi cerdas akan menghindari kata-kata ini demi pengembangan diri lebih baik.  Ada ucapan yang harus dihindari dalam lingkungan kerja, dan jika terjadi tidak mungkin untuk ditarik kembali.  Bukan berbicara mengenai lelucon atau guyonan sesama rekan kerja, namun memang ada kata-kata yang patut dihindari agar Anda tidak terlihat buruk.

Pribadi cerdas akan menghindari kata-kata ini, karena mereka akan mempertaruhkan impresi orang lain kepadanya.  Tidak peduli seberapa hebat talenta Anda, namun frase-frase ini akan membuang kompetensi dan potensi Anda sesungguhnya.

  1. Ini Tidak Adil

Setiap orang tahu bahwa tidak ada yang adil dalam sebuah kehidupan, namun dengan berkata eksplisit kepada orang lain, akan menunjukkan bahwa Anda menginginkan kehidupan seharusnya adil (sama rata sama rasa).  Pernyataan Anda akan menggambarkan betapa belum dewasa dan matangnya pola pikiran Anda dalam bekerja.  Tetaplah menjadi pribadi yang konstruktif dan jauh dari interpretasi negatif.

  1. Ini caranya, dan begitulah cara menyelesaikannya

Teknologi sudah sangat maju dan berkembang pesat.  Pemanfaatan teknologi adalah lagu wajib dalam dunia kerja saat ini.   Jika Anda masih bekerja dengan cara yang sama, tidak hanya menggambarkan betapa Anda malas dan resisten dengan adanya perubahan.  Selalu ada cara terbaik untuk memperbaiki proses dan kinerja kita, dan seseorang yang cerdas akan selalu belajar cara-cara baru untuk Improve.

  1. Bukan Masalah

Mungkin Anda tidak ada maksud dengan ucapan tersebut, namun sesungguhnya akan menjadi persepsi negatif terhadap lawan bicara.  Ketika mereka meminta bantuan, dan Anda menjawabnya dengan “No Problem” secara implisit Anda menegaskan bahwa kedatangan mereka adalah sebuah masalah.  Lebih bijaksana jika Anda berujar, “saya senang membantu”.  Perbedaan kata-kata sangat berdampak pada persepsi orang terhadap Anda.

  1. Cuma satu menit

Anda sering berhubungan dengan rekan kerja, atasan atau bawahan.  Sekiranya memang sangat penting, biasanya orang akan meminta ijin melakukan interupsi dan menambahkan kata-kata “cuma satu menit”.  Pernyataan itu menyiratkan bahwa Anda tergesa-gesa dan melecehkan ketrampilan diri sendiri.  Ucapkanlah dengan kata-kata, “saya perlu waktu Anda tidak lama”.

  1. Bukan salah saya

Tidak ada orang yang sempurna dalam pekerjaannya.  Namun setiap kesalahan yang terjadi perlu diakui dan diperbaiki.  Keterbukaan menjadi nilai integritas paling dicari saat ini, dan jika Anda mengaku tidak bersalah dengan menyalahkan orang lain, suatu waktu orang akan menghindari bekerjsama dengan Anda, dan suatu waktu orang akan langsung memojokkan Anda saat terjadi kesalahan.

  1. Saya Tidak Sanggup

Ketika atasan memberikan pekerjaan dan berujar saya tidak sanggup dapat menginterpretasikan bahwa Anda sebenarnya tidak mau dengan tugas tersebut.  Jika memang kemampuan Anda tidak mencapai apa yang diinginkan, maka cobalah berkata dengan cara lain, yang menegaskan bahwa Anda tidak menolak langsung.

  1. Saya Benci Pekerjaan ini

Hal paling terakhir yang ingin didengar orang dalam dunia kerja adalah pernyataan “saya benci pekerjaan ini”.  Perkataan tersebut sangat merusak moral tim dan lingkungan, dan sebagai pimpinan organisasi Anda perlu bertindak cepat menyelesaikan masalah ini agar tidak memburuk terhadap moral kerja tim lainnya.

Leave a Reply