Praktek 10000 Jam Malcolm Gladwell untuk Sukses

Praktek 10000 jam Malcolm Gladwell
Praktek 10000 jam Malcolm Gladwell

Malcolm Gladwell dalam bukunya “Outliers”, menegaskan bahwa kesuksesan adalah rangkaian dari latihan dan praktek berkepanjangan, tiada henti dan tiada jenuh. Sukses praktek 10000 jam akan menjadikan Anda seorang ahli dalam bidangnya, Mastery in a Field.

Terlepas dari kesimpulan tersebut, yang terpenting bagi Anda adalah menjadikan latihan dan praktek sebagai jalan sukses. Tiada jalan pintas mencapai impian dan cita-cita dengan tanpa kerja keras, Anda hanya bermimpi dan larut dalam angan-angan.

Praktek 10000 jam adalah penelitian dari Malcolm Gladwell terhadap orang-orang yang sukses dan sangat sukses dalam kehidupan mereka. Dari pemikiran ini, akan banyak pelajaran yang dapat Anda telaah demi karir dan prestasi dalam kehidupan yang lebih cemerlang dan sukses.

Pemain Biola Berlin

Bermula tahun 1990-an dimana para psikolog Jerman meneliti mahasiswa biola, dan bertanya pada mereka, sejak kapan mereka mulai bermain biola?. Banyak yang menjawab sejak usia lima tahun mereka sudah memulai latihan.  Dan latihan semakin meningkat pada usia delapan tahun. Dan menginjak usia 20-an mereka sudah berlatih sampai dengan 10000 jam, terkecuali yang kurang mampu hanya sampai 4000 jam.

Penelitian ini menegaskan teori praktek 10000 jam Malcolm Gladwell, dimana seorang akan menjadi ahli ketika mereka telah menghabiskan 10000 jam dalam praktek dan berlatih.

Bakat Alami, Tidaklah Penting

Teori 10000 jam Malcolm Gladwell bisa dilakukan siapapun.  Saat ini Anda dapat melihat bagaimana para pesepakbola profesional menjadi tenar dan menjadi bintang. Bukan semata bakat alami, melainkan latihan keras dan disiplin setiap hari. Berlatih berlari, menendang, menggiring dan lainnya dilakukan sejak pagi hingga sore, berjam-jam waktu dihabiskan untuk melatih kemampuan.

Dan hasilnya ketika mereka berusia menjelang 20-an tahun, mereka telah siap sebagai seorang pesepakbola profesional. Bakat Alami tidak akan menjadikan Anda sukses, namun hanya menjadi pemacu dalam pencapaian prestasi lebih tinggi. Tidak ada Jalan Pintas dan tidak ada yang alami. Semua kesuksesan akan diperoleh dengan Kerja Keras.  Praktek 10000 jam semakin menegaskan bahwa kerja keras adalah mutlak, No Pain No Gain.

Menyelinap Keluar Rumah untuk Menulis Pemrograman

Anda sudah tahu bagaimana Microsoft didirikan. Bill Gates dan Paul Allen putus kuliah untuk membentuk perusahaan pada tahun 1975. Apakah Sesederhana itu: Drop out dari kuliah, kemudian memulai sebuah perusahaan, dan menjadi miliarder, kan?. Persepsi Anda keliru jika mereka sukses mereka hanya dengan Drop Out Kuliah dan Membangun Perusahaan.

Lebih lanjut terungkap bahwa Gates dan Allen telah memiliki ribuan jam praktek pemrograman sebelum mendirikan Microsoft. Pertama, dua pendiri ini bertemu di sebuah sekolah swasta elit di wilayah Seattle. Sekolah membeli komputer untuk klub komputer sekolah pada tahun 1968. Dan jenis komputer terminal jarang ada bahkan untuk kalangan universitas saat itu. Sedangkan Gates memiliki akses ke komputer saat kelas delapan (SMP). Gates dan Allen dengan cepat menjadi kecanduan dalam pemrograman.

Keluarga Gates tinggal di dekat Universitas Washington. Sebagai seorang remaja, Gates mulai kecanduan pemrograman dan sering menyelinap keluar rumah setelah jam tidur untuk menggunakan komputer Universitas. Gates dan Allen mengakuisisi 10.000 jam mereka melalui cara ini dan cara-cara pintar lainnya. Ketika tiba saatnya untuk memulai Microsoft pada tahun 1975, mereka berdua sudah siap.

Praktek Membuat Perbaikan

Pada tahun 1960, saat mereka masih sebuah band rock sekolah tinggi yang tidak dikenal, The Beatles pergi ke Hamburg Jerman, untuk bermain di sebuah klub lokal. Kelompok ini dibayar rendah. Akustik yang mereka miliki cukup mengerikan. Para penonton tidak menghargainya. Jadi pengalaman apakah yang didapat The Beatles di Hamburg? Jam waktu bermain. Jam waktu bermain yang memaksa mereka untuk menjadi lebih baik.

Sebagaimana Beatles tumbuh dalam keterampilan mereka, penonton menuntut lebih banyak pertunjukan – waktu bermain lebih banyak. Pada tahun 1962 mereka bermain delapan jam per malam, tujuh malam per minggu. Pada tahun 1964, tahun dimana mereka meledak dalam kancah internasional, The Beatles telah bermain lebih dari 1.200 konser bersama-sama. Sebagai perbandingan, kebanyakan band saat ini tidak bermain 1.200 kali dalam karier mereka.

Tindak Lanjut

Anda telah melihat cukup banyak bukti yang mengatakan bahwa 10000 jam bukanlah hal baru dalam menggapai kesuksesan. Selanjutnya Anda putuskan, bidang apa yang akan ditekuni dan lampaui 10000 jam untuk berlatih. Jika Anda sebagai profesional dan ingin sukses, maka dengan 40 jam seminggu, Anda akan menjejakkan kaki 10000 jam pada tahun kelima.

Sebaliknya jika Anda tidak ingin memulai dari awal, maka pastikan bidang keahlian Anda, yang sudah dilakukan sebelumnya dan pernah mendapatkan apresiasi bahwa Anda ahli dalam bidang tersebut. Identifikasikan keahlian dan kesenangan Anda, dan ciptakan lingkungan yang mendukung Anda untuk berlatih.

2 thoughts on “Praktek 10000 Jam Malcolm Gladwell untuk Sukses

  1. erfan May 13, 2016 at 9:13 AM

    Artikelnya sangat bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply