Pihak Berpengaruh Dalam Pengembangan Karir Anda

Pihak Berpengaruh dalam Pengembangan Karir Anda
Pihak Berpengaruh dalam Pengembangan Karir Anda

Keputusan menjadi karyawan adalah Hak Anda.  Dan Anda wajib berkembang.  Terdapat 4 pihak berpengaruh dalam pengembangan karir Anda.  Mereka dapat menjadi MOTIVASI dan INSPIRASI Anda untuk selalu giat melakukan pengembangan karir.

Dalam bekerja Anda sangat dituntut untuk berlaku PROFESIONAL dan harus selalu BELAJAR. Bekerja sebagai karyawan tidak serta merta membuat Anda berhenti BERTUMBUH dan BERKEMBANG.  Anda dituntut selalu belajar hal baru. Being professional, keep learning, and growing menjadi stigma setiap karyawan.

Poin belajar ini, sangat penting bagi Anda yang ingin memiliki jenjang karir yang baik. Anda tentu tidak ingin hanya menjadi karyawan biasa bukan? Pasti Anda ingin berkembang menjadi Kepala Bagian, Supervisor, Manajer bahkan ke level Direktur.  Pengembangan Karir adalah salah satu bagian terpenting bagi Anda dalam bekerja.

Semua IMPIAN dan HARAPAN dapat Anda wujudkan dengan cara yang benar. Dapatkan promosi jabatan Anda dengan cara elegan dan benar. Anda perlu memiliki STRATEGI khusus. Namun tidak hanya itu, dibalik rencana Anda tentu ada beberapa pihak yang bisa berpengaruh terhadap jenjang karir Anda ke depan. Pahami siapa saja mereka, maka Anda akan semakin hati-hati dalam setiap PERILAKU, SIKAP dan TINDAKAN.  Berikut 7 Pihak Berpengaruh Dalam Pengembangan Karir Anda.

1.  DIRI Anda Sendiri

Pihak yang paling penting dalam pengembangan karir pastiya diri Anda sendiri. Jika Anda sebagai karyawan saja belum bisa mengatur diri jangan harap akan memiliki perjalanan karir yang baik. Kelola dan Kuasai diri Anda, sebelum Anda mengelola orang lain.  Pengembangan karir akan mengarah pada posisi dan jabatan tertentu, dan ini sangat terkait dengan orang lain.  Hubungan komunikasi, koordinasi, konsolidasi dan kerjasama Anda, harus disikapi dengan cara yang BAIK dan BENAR.

Jenjang karir yang baik hanya akan menjadi HAK mereka yang memang MATANG dan punya KONTROL diri. Hal lain yang harus Anda lakukan adalah:

  • Selalu punya INISIATIF tinggi dalam PEKERJAAN
  • Terus BELAJAR guna mengembangkan KUALITAS diri
  • Tak MENYERAH dengan berbagai TANTANGAN pekerjaan

Pengembangan karir dalam pekerjaan sudah menjadi tanggung jawab Anda.  Jika Anda tidak menginginkannya berkembang, hanya disitu-situ saja atau begitu-begitu saja, maka dipastikan perjalanan karir Anda STAGNAN. Saat Anda memutuskan profesi karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan sebagai pilihan, maka lakukan yang TERBAIK.  Jadilah karyawan TERBAIK, tempatkan diri Anda pada posisi TERBAIK, dan raih jenjang karir TERBAIK.

2.  ATASAN Anda

Pihak kedua yang memiliki pengaruh besar adalah manajer atau atasan Anda. Mau tidak mau, suka tidak suka, mereka adalah PINTU pertama Anda mendapatkan posisi jabatan lebih baik.  Dikarenakan mereka orang paling DEKAT dengan Anda. Orang yang paling tahu kinerja Anda adalah atasan.  Dan ini perlu Anda kelola dengan baik.

Atasan melihat kinerja Anda dari SUDUT PANDANG yang lebih LUAS dibandingkan rekan kerja. Sebenarnya banyak tanggung jawab yang diemban oleh seorang manajer. Selain dia bertanggung jawab dalam kemajuan unit kerjanya, seorang manajer juga harus mampu menjadi pelatih karyawan. Karyawan BERKUALITAS tidak luput dari peran serta manajer dalam memimpinnya.

Atasan Anda adalah orang yang sangat PEDULI dengan keberhasilan Anda.  Dengan Anda berhasil, mereka pun akan mendapatkan apresiasi, dan ini menjadi POIN KREDIT juga bagi mereka.  Keberhasilan dan SUKSES karir seorang manajer dinilai sejauh mana mereka MAMPU mengembangkan setiap anggota tim.  Sukses mereka tergantung Anda.  Dan sukses Anda pun bergantung mereka.  Sebuah konsep mutualisme yang tak terelakkan.

3.  Departemen HRD (Human Resource Development)

Pihak ketiga yang berpengaruh pada perjalanan karir Anda adalah departemen HRD. HRD merupakan bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam proses REKRUTMEN dan PENGEMBANGAN kompetensi karyawan.

Sedikit banyak, tim HRD punya DAMPAK pada kemampuan Anda dalam menjalankan tugas dan pengembangan karir. Tanggung jawab dari HRD antara lain menyediakan training serta program pengembangan, mengecek kemampuan dari karyawan, mengadakan konseling, dan memberikan informasi pelatihan.  Saat Anda ingin berkembang, maka HRD adalah salah satu pihak berpengaruh dalam pengembangan karir.

4.  PEMIMPIN Perusahaan

Mungkin posisi Anda berada di level staff junior, dengan masa kerja setahun.  Manajemen perusahaan, level GM atau Direksi, mungkin “tidak” melihat kompetensi Anda.  Mereka hanya melihat aktivitas harian, dan tidak langsung merasakan KONTRIBUSI Anda dalam perusahaan.

Akan tetapi pola kepemimpinan sangat SIGNIFIKAN dalam membentuk sistem. Meski Anda mempunyai hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan, dan HRD, namun jikalau program promosi adalah wacana bagi manajemen atas, maka pengembangan karir Anda akan terhambat.  Sikap Anda dengan kondisi ini adalah menambah pelatihan, pembelajaran, pengembangan mandiri.

Pengembangan karir tidak melulu VERTIKAL, namun juga berlaku HORISONTAL.  Saat Anda melihat peluang promosi belum terbuka, lebih bijak mengambil kesempatan beralih fungsi pada departemen lain.  Inipun menambah wawasan dan pengetahuan Anda.  Sehingga saat Anda siap menduduki posisi lebih tinggi, dipastikan Anda punya KOMPETENSI lebih baik.

Manajemen senior bertanggung jawab terhadap hampir seluruh fungsi kerja organisasi.  Mereka akan melihat dari berbagai sisi atau sudut pandang dan mencari mana yang menjadi PRIORITAS UTAMA. Mungkin saja saat ini relokasi jaringan usaha atau pengembangan infrastruktur adalah fokusnya, sehingga program pengembangan karir perlu dikemudiankan.

Pihak berpengaruh dalam pengembangan karir karyawan saling terikat dan terkait.  Karyawan yang kompeten, namun berada pada lingkungan organisasi yang masih mencari bentuk, tentu akan kesulitan berkembang.  Pun sebaliknya, perusahaan yang sudah settle, namun karyawannya nyaman dengan posisi mereka, akan sulit mencari kandidat internal.

Para pihak terkait program-program pengembangan karir harus saling DUKUNG.  Sehingga akan membentuk sistem yang solid dan memudahkan perkembangan organisasi.  Perkembangan secara HORISONTAL ataupun VERTIKAL.

Pihak berpengaruh dalam pengembangan karir tersebut akan membantu Anda, sejak merencanakan jenjang karir hingga proses promosi jabatan.

Leave a Reply