3 Perilaku untuk Menjadi Terbaik pada Bidang Anda

Perilaku untuk menjadi terbaik pada bidang Anda
Perilaku untuk menjadi terbaik pada bidang Anda

Malcolm Gladwell mengutip peraturan 10.000 jam untuk menjadi yang terbaik dalam hal apapun. Tapi apa yang harus Anda lakukan dalam 10.000 jam itu? Ini bukan hanya latihan.  Ini butuh komitmen dan konsistensi, dan perilaku untuk menjadi terbaik adalah tindakan nyata.

Penelitian Gladwell yang disebutkan dalam bukunya “Outliers” telah dibuktikan di Jerman. Anders Ericsson, Ralf Krampe, dan Clemens Tesch-Romer berfokus pada latihan pemain biola. Mereka mengklaim bahwa pemain biola terbaik telah menghabiskan 10.000 jam berlatih saat ulang tahun ke 20-nya. Sejak itu, temuan tersebut (dan teori Gladwell) terus mendapatkan tantangan berkali-kali.

Fokus kita di sini tidak harus menantang peraturan, tapi untuk menunjukkan bagaimana Anda harus meluangkan waktu. Berkomitmen menjadi yang terbaik di bidang Anda – apakah Anda mengikuti konsep 10.000 jam atau tidak.

Pertama-tama, kenali bahwa berbagai disiplin ilmu membutuhkan berbagai jenis praktik. Praktik yang dibutuhkan untuk menjadi profesor berbeda dari praktik yang dibutuhkan untuk menjadi pemain ski terbaik. Demikian pula praktik yang berbeda yang harus dilakukan sebagai CEO terbaik.

Tidak ada keraguan bahwa semakin banyak Anda menghabiskan waktu di satu area, semakin baik Anda di sana. Kurva pengalaman atau belajar adalah salah satu contohnya. Semakin Anda sering melakukan hal yang sama, semakin cepat Anda melakukannya, dan semakin sedikit biaya yang dikeluarkan.

Tapi, bisa jadi sulit untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk menghabiskan waktu. Menurut pengalaman saya, ada tiga area di mana Anda harus meluangkan waktu Anda jika Anda ingin menjadi yang terbaik dalam sesuatu. Mereka sangat terkait, dan ketiganya dibutuhkan.

1# Belajar (Study)

Anda harus tahu hampir semua hal yang perlu diketahui di bidang Anda. Anda adalah seorang chef sebuah resto terkenal. Maka saat Anda bertemu dengan chef lainnya, mungkin Anda tahu betapa banyak hal yang Anda tidak tahu. Itu adalah bagian terpenting: luangkan waktu untuk mempelajari apa yang tidak Anda ketahui. Jangan biarkan satu pun terlewat. Perluas perspektif Anda sebanyak mungkin.

Belajarlah dengan membaca, menonton video, dan belajar dari orang-orang yang hebat di lapangan. Luangkan waktu dengan bijak. Evaluasi kualitas materi yang akan Anda pelajari sebelumnya. Fokus belajar pada para ahli pemikir di bidang Anda, bukan hanya dari siapapun yang memutuskan untuk mengajarkan sesuatu atau menulis buku.

Waktu Anda terlalu berharga untuk pembelajaran yang kurang memadai.  Carilah mentor yang berpengalaman, dan ikuti setiap tahapan yang harus Anda lakukan.  Belajar adalah langkah pertama mengembangkan perilaku untuk menjadi yang terbaik. Semakin banyak yang Anda pelajari akan semakin luas pengetahuan dan wawasan Anda.

2# Berlatih (Practice)

Sekedar tahu tidaklah cukup. Anda harus mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Ini juga termasuk saat Anda telah berhasil pada bidang keahlian Anda. Jika Anda pemain biola, Anda juga harus bermain biola – sangat banyak. Tidak cukup untuk mengetahui teori musik. Jika Anda seorang penembak, Anda harus menembak sejumlah putaran setiap minggu untuk menjadi yang terbaik.

Demikian juga, tidak cukup hanya tahu tentang teori manajemen, tanpa mempraktikkannya. Melalui latihan, Anda membangun memori otot, kapasitas dan keterampilan otak.  Otak akan semakin kuat membangun jaringan memori jika Anda sering berlatih.

Berlatih adalah perilaku untuk menjadi terbaik yang sangat dominan. Jika Anda hanya ahli dalam teori tanpa adanya latihan, maka kemampuan Anda tidak akan terasah.  Berlatih secara konsisten, berkala dan semakin meningkatkan porsinya.

3# Ajarkan (Teach)

Begitu Anda mencapai tingkat keterampilan tertentu di bidang Anda (mungkin jauh sebelum Anda menjadi yang terbaik), mulailah mengajar orang lain. Maksud pengajaran ini adalah bagian dari berlatih. Mengajar akan memaksa Anda untuk belajar lebih banyak lagi, dan membangun lebih banyak pengalaman.

Selain itu pula, Anda harus siap untuk menjawab pertanyaan yang menantang. Saat Anda mengajarkan sesuatu, tentu ditantang oleh siswa Anda dan didorong untuk mempertahankan argumennya. Ini adalah bagian penting cara Anda melihat sesuatu, atau bahkan mengubah pemikiran Anda.

Pengajaran tidak hanya terjadi di kelas – hal itu bisa terjadi melalui penulisan buku dan artikel, atau bahkan posting blog. Akhirnya, mengajar juga membantu orang lain menjadi lebih baik, tidak hanya Anda.

Menjadi yang Terbaik pada Bidang Anda, dimulai sekarang juga, jangan ditunda.  Mulailah dengan Belajar, apapun yang terkait bidang Anda.  Selanjutnya mulai berlatih dan terus berlatih, bahkan jika perlu hingga 10.000 jam.  Kemudian untuk membuat Anda makin handal, maka coba ajarkan kepada orang lain.  Tidak harus tatap muka langsung, atau berada di panggung seminar, namun bisa dengan sharing, chatting atau blogging.  Perilaku untuk menjadi Terbaik pada bidang Anda adalah komitmen dan konsistensi.

Leave a Reply