Perilaku seorang Project Manager yang manakah Anda?

Perilaku seorang Project Manager yang manakah Anda
Perilaku seorang Project Manager yang manakah Anda

Dunia kerja profesional saat ini banyak mempunyai fungsi-fungsi strategis, seperti fungsi operasional, fungsi perencanaan dan fungsi pemasaran dan lainnya.  Dalam rangka menggapai berbagai macam target dan tujuan perusahaan, maka dibuatlah beberapa program kerja berupa proyek-proyek strategis.  Proyek-proyek kerja ini dapat diterapkan dalam berbagai fungsi organisasi, mulai dari pemasaran, penjualan, pengelolaan produk, pengembangan sumber daya manusia dan lainnya.  Proyek-proyek kerja akan dipimpin oleh seorang Project Manager, dan keberhasilan Project Management akan ditentukan oleh Perilaku seorang Project Manager dalam mengelolanya.  Perilaku seorang Project Manager manakah Anda ketika diassign?  Berikut ulasan berbagai tipe perilaku seorang Project Manager (PM).

1.  Guidance (Pembimbing)

Tipe seorang Project Manager yang memiliki kualitas seorang pemimpin dimana mereka mampu membangun kolaborasi tim menjadi lebih baik, tim memberikan kinerja lebih cepat dan tim mampu bertindak dengan biaya efektif. THE GENERAL menjadi istilah yang paling tepat bagi Anda dengan karakter Pembimbing.

2.  Adaptable (Menyesuaikan Diri)

Perilaku seorang Project Manager yang selalu menyesuaikan diri dengan anggota tim mereka.  Masukan, Saran dan Pendapat anggota tim selalu diterima dengan baik, meski mereka sesungguhnya tidak setuju dengan hal tersebut.  Mereka selalu berusaha mengakomodir suara tim tanpa melakukan konfrontasi dan tekanan. THE MENTOR adalah sebutan yang tepat bagi seorang PM yang Adaptable.

3.  Detail Oriented (Berorientasi Detil)

Seorang PM yang selalu memperhatikan setiap sisi pekerjaan dalam sebuah proyek.  Mereka akan sangat konsen dengan setiap detil proses dan mencegah terjadi masalah timbul ke permukaan. PM dengan gaya seperti ini akan menjelma sebagai seorang MICRO MANAGER.

4.  Delegator (Pendelegasi)

Ketika sebuah proyek mempunyai banyak bagian kerja yang harus diselesaikan, seorang PM lebih memilih menggunakan anggota tim mereka.  Masing-masing anggota tim akan diberdayakan dalam porsi dan fungsi kerja mereka, dan seorang PM akan mengambil hanya bagiannya.  Meski PM seorang Perfectionist, akan tetapi perlu dipahami bahwa tidak mungkin mengerjakan semuanya sendiri.  PM dengan sikap sebagai Delegator akan menjadi seorang MACRO MANAGER.

5.  Vision (Berpandangan Jauh)

Perencanaan adalah bagian terpenting menjadi seorang Project Manager.  Perencanaan yang matang dengan Time Management yang baik, serta Pengelolaan Dana yang Efisien akan mendapatkan hasil  optimal, yakni hasil kinerja seimbang antara ukuran Waktu dan Biaya.  PM dengan karakter Vision akan menjadi seorang STRATEGIST

6.  Creative (Kreatif)

Seorang PM dengan talenta alami yang penuh kreativitas, dan mudah berpikir Out of The BoxProject Manager mempunyai intuisi yang tajam dalam pengelolaan proyek.  PM Kreatif akan menjadi seorang OVERACHIEVER yang ingin menyelesaikan pekerjaan tidak hanya selesai namun memberikan hasil lebih.  Good is not Enough dan Inovasi adalah kebiasaan yang mereka lakukan.

7.  Resourceful (Banyak Akal)

Dikenal sebagai SUPER HERO, seorang PM dengan berbagai akalnya mampu membawa tim mereka selalu berhasil dan sukses.  Implikasi yang jelas dari perilaku resourceful adalah kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dalam pemecahan masalah.  PM ini tidak akan mudah menyerah terhadap kesulitan proyek yang ditangani, meski dengan keterbatasan sumber daya yang ada.

Project Manager adalah seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir lebih luas, bertindak lebih cerdas dan berlaku lebih bijak.  Mereka akan mendapatkan jabatan sebagai Pemimpin Tim dalam sebuah proyek kerja perusahaan.  Untuk itu diperlukan adanya pemahaman beberapa Perilaku seorang Project Manager yang tepat, untuk membawa hasil terbaik bagi Tim dan Perusahaan.

Leave a Reply