Perilaku Seorang Pemimpin yang Benar-benar akan Menjadikannya Hebat

Perilaku Seorang Pemimpin yang Benar-benar akan Menjadikannya Hebat
Perilaku Seorang Pemimpin yang Benar-benar akan Menjadikannya Hebat

Perilaku Anda akan menjadi patokan orang untuk bertindak.  Walk the Talk adalah stigma yag sudah sering terdengar, sering digembar-gemborkan, sering digadang-gadang sebagai fundamental sukses seorang pemimpin.  Tanpa tindakan nyata, namun hanya berupa ucapan, perintah atau kata-kata, maka Anda hanya menjadi pergunjingan dibelakang.  Pemimpin sejati adalah sosok yang selalu bertindak dengan apa yang dia katakan.  Banyak sudah pemimpin besar menunjukkan tindakannya sesuai dengan ucapan, dan perilaku inilah yang akan menjadikan seorang pemimpin benar-benar hebat, baik sebagai pribadi pun sebagai pemimpin.

Pemimpin adalah Orang dengan Ucapan dan Tindakan Selaras – Walk the Talk

Banyak orang yang dapat Anda lihat telah menunjukkan pribadi sebagai pemimpin hebat, namun dalam beberapa kasus, satu diantaranya menjadi lebih hebat dibandingkan lainnya.  Banyak cara berbeda untuk membuat seseorang pemimpin menjelma sebagai pemimpin hebat.  Dan berikut ini adalah perilaku, karakter penting  yang dimiliki sesosok pemimpin hebat sejati.

1.  Percaya Diri

Pemimpin sejati adalah sosok yang selalu percaya diri, karena mereka mampu melihat apa yang belum jelas bagi orang lain.  Kepercayaan diri seorang pemimpin akan menular kepada pengikutnya, dan mampu meningkatkan antusias dan kemampuan orang lain.  Pemimpin sejati yakin dengan apa yang dikerjakannya, dan meski demikian, mereka tetap selalu empati dan terbuka terhadap masukan orang sekitar.

2.  Optimis

Tak peduli sejauh mana proses akan dijalani dan sejauh mana hasil akan didapatkan.  Seorang pemimpin selalu berharap untuk masa depan yang lebih baik. Mereka tanpa henti selalu bertindak dan bersikap positif, dan mereka tahu bahwa mereka dapat memberikan dampak kepada orang-orang mereka, tim mereka, dan perusahaan mereka.  Optimis terjadi karena apa yang dilakukan memang dipersiapkan dengan matang dan penuh analisa.  Tidak ada istilah tergesa-gesa bagi seorang pemimpin hebat, dan tidak pula mereka lambat dalam pengambilan keputusan.

3.  Tegas

Pemimpin besar tidak takut untuk membuat keputusan sulit – mereka tahu bahwa itu merupakan bagian penting dari pekerjaan mereka. Mereka mengumpulkan informasi yang cukup untuk membuat keputusan, dan mereka melakukan segala sesuatu agar dapat menghindari kebanyakan data atau informasi.

4.  Empati

Pemimpin besar menempatkan diri dalam lingkup karyawan mereka – mendukung mereka untuk melalui masa-masa sulit. Daripada membuat sesuatu hal-hal menjadi penilaian pribadi ketika menghadapi masalah, atau menyalahkan individu, pemimpin besar akan mencari solusi yang konstruktif dan fokus pada bergerak maju.  Tumbuh kembang adalah tujuan akhir dalam sebuah organisasi kepemimpinan.

5.  Akuntabel

Pemimpin besar tidak ragu untuk mengambil tanggung jawab bila ada sesuatu yang benar atau salah. Ketika semuanya berjalan lancar, mereka memuji karyawan yang bertanggung jawab akan keberhasilan terebut. Ketika masalah muncul, mereka akan mengidentifikasi dengan cepat, mencari solusi, dan mendapatkan segalanya kembali pada jalur yang benar.

6.  Jujur

Para pemimpin terbaik tahu bahwa kejujuran benar-benar adalah kebijakan terbaik. Mereka memperlakukan karyawan mereka seperti orang dewasa – bukan anak-anak – dan mereka pengungkap kebenaran apa adanya, bukan mendustakan kebenaran.

7.  Inspirasi

Pemimpin besar akan melukiskan visi yang dapat menginspirasi masa depan dan melibatkan orang-orang mereka dengan menunjukkan posisi masing-masing di dalamnya. Tapi kata-kata tidaklah cukup. Pemimpin besar akan mengikuti kata-kata dengan tindakan nyata,  menugaskan karyawan mereka peran yang berarti dalam bekerja untuk mencapai visi yang telah diciptakan.

Leave a Reply