Perilaku Penting seorang Pemimpin Lakukan untuk Menghindari Budaya Kerja Negatif

perilaku penting pemimpin menghindari budaya perusahaan negatif
perilaku penting pemimpin menghindari budaya perusahaan negatif

Pemimpin tidak diragukan akan selalu menjadi contoh, role model atau panutan.  Baik buruknya perilaku pemimpin membawa dampak langsung kepada organisasi mereka.  Inilah syarat seorang pemimpin dikatakan sebagai sosok panutan yang hebat manakala dia mampu membawa suasana atau budaya positif dalam organisasinya.  Pemimpin harus mampu dan mau menunjukkan Modified Behavior dalam kesehariannya, sehingga tidak memaksakan ego atau arogansi memimpin.  Pemimpin perlu menunjukkan perilaku penting yang berpengaruh pada budaya kerja positif dalam lingkup perusahaan.

Penelitian Gallup International menunjukkan bahwa orang bekerja pada manajer mereka, artinya bahwa seseorang akan meninggalkan pekerjaan jikalau supervisor mereka tidak mampu dan tidak mau “berkolaborasi” secara humanis.  Penelitian ini menjelaskan bahwa banyaknya turnover bukan karena performa perusahaan melainkan buruknya kepemimpinan.

Saat ini karyawan mudah terprovokasi dengan perilaku atau tindak tanduk yang negatif, dan mereka akan mudah meninggalkan sebuah perusahaan saat wewenang dan kebebasan dalam pengambilan keputusan dikebiri.  Hirarki sekarang ini sudah menjadi fosil, dan menjelma menjadi Kebebasan, Kolaborasi, Transparansi sebagai sesuatu yang NORMAL.

Berikut adalah perilaku penting seorang pemimpin sehingga dapat menghindari terjadinya budaya kerja negatif dalam perusahaan.

1.  Membangun Hubungan Personal yang Kuat

Berbicara tentang kepemimpinan saat ini adalah berbicara mengenai alokasi waktu dengan orang-orang Anda.  Ini adalah waktu yang diperlukan untuk Anda lebih tahu nilai lebih mereka dan potensi mereka.  Investasi waktu ini tidak melulu untuk keuntungan pribadi Anda, namun juga untuk membangun sebuah soliditas tim kerja perusahaan.

Membangun hubungan yang kuat ini bukan dengan menghabiskan waktu untuk kongkow atau nongkrong di cafee, makan siang bersama selalu, atau pulang bareng.  Namun lebih kepada bagaimana Anda dapat melihat kontribusi mereka terhadap pekerjaan atau kinerja organisasi.  Berbagi informasi dan nilai perusahaan, menunjukkan kepedulian (empati) dan diskusi terbuka setiap saat.

Hubungan personal yang kuat adalah pengembangan hubungan personal melalui profesi masing-masing, dengan saling mengisi, saling berdiskusi dan memberikan delegasi tugas atau tanggung jawab.  Cari tahu Strength tim Anda, pastikan Passion mereka dan temukan Hadiah terbaik baginya.

2.  Bekerjasama dengan yang Lain

Istilah umum yang kita sering dengar adalah teamwork.  Saling bekerjasama membentuk kekompakan dan memberi hasil lebih dari seharusnya.  Pemimpin yang baik akan bekerja dengan orang lain dan menerapkannya kepada lingkungan sekitar untuk berlaku sama.  Replikasi adalah salah satu ciri dalam kepemimpinan yang baik.  Dan kerjasama antar individu adalah pondasi dalam pengembangan budaya perusahaan yang kokoh.

Cara efektif membangun kerjasama yang baik dengan tim lain adalah membuat lokasi kerja yang Open Office.  Hal ini akan memudahkan komunikasi antar individu atau antar departemen.  Status, Pangkat dan Posisi akan dikesampingkan dibanding masalah Inovasi, Kreativitas dan Budaya Terbuka.

3.  Operasional yang Beragam dan Mendengar banyak Masukan

Pemimpin besar akan sangat mencintai keragaman, dan selalu menghindari eklusivitas.  Keragaman budaya perusahaan tercermin dari beragam latar belakang karyawan, pendidikan, kepribadian, jenis kelamin, agama dan lainnya.

Tujuan dalam pengembangan operasional yang beragam tidak lain agar tercipta komunitas kerja yang sehat dan produktif dengan banyaknya aliran ide atau perspektif segar. Keragaman ini akan memberikan bentuk demografi perusahaan yang lebih luas, menemukan bakat-bakat yang unik, dan perlakuan yang adil kepada semua orang.

Pemimpin yang hebat akan membangun budaya perusahaan secara positif, dengan menjadi sosok yang teladan, role model, dan mediator dalam pengembangan hubungan personal yang kuat satu dan lainnya.

Leave a Reply