Perilaku Orang Sukses Bekerja Lebih Sedikit dengan Hasil Lebih Banyak

strategi sukses akhir pekanBukan berarti Anda bekerja lebih banyak maka akan lebih banyak pula hasil yang Anda dapatkan.  CEO Zillow Spencer Rascoff dapat menunjukkan pada Anda bagaimana menghasilkan lebih banyak sementara masih dapat menikmati akhir pekan dengan keluarga.  Akhir pekan bukanlah waktu untuk bekerja, namun masih dapat dimanfaatkan untuk berpikir mengenai pengembangan perusahaan dan bisnis.  Akhir pekan menjadi waktu terbaik untuk refleksi dan introspeksi terhadap isu yang lebih besar.

Mengutip dari pengalaman Rascoff sebagaimana ditulis pada inc.com, berikut ini adalah perilaku orang sukses yang mampu bekerja lebih sedikit dengan hasil lebih banyak.

1.  Non Aktifkan Perangkat Elektronik Anda (Disconnecting)

Jika Anda tidak pernah berhasil lepas dari perangkat elektronik sejak jumat malam sampai dengan senin pagi, maka dapat disimpulkan bahwa Anda masih terikat dengan pekerjaan.  Jika Anda selalu memposisikan diri selalu siap sedia 24 jam dan 7 hari, maka Anda hanya akan menambah tingkat stress setiap saat, dan akan mengalami kesulitan mengisi ulang energi baru pada minggu berikutnya.

2.  Minimalkan Pekerjaan Rumah Tangga

Meski mungkin menyenangkan mengerjakan pekerjaan rumah tangga pada akhir pekan, namun hal ini dapat mengambil alih akhir pekan Anda dan membuat Anda bekerja selama seminggu penuh karenanya.  Cobalah membuat jadwal akhir pekan yang lebih menyenangkan, mambuat Anda lebih santai dan mampu berpikir lebih segar.  Pekerjaan rumah akhir pekan dapat Anda lakukan secara berangsur pada minggu-minggu berikutnya.

3.  Refleksi

Akhir pekan adalah saat yang paling tepat melakukan refleksi dan introspeksi terhadap pekerjaan Anda, dan dapat menjadi alat paling powerful untuk melakukan improvement.  Dengan waktu tanpa gangguan pekerjaan Anda dapat berpikir lebih tenang dan mendapatkan ide-ide baru yang lebih segar. Gunakan wawasan akhir pekan Anda untuk pendekatan pada minggu mendatang, meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.

4.  Olah Raga

Orang sukses akan selalu sempat menjaga kondisi tubuhnya sehat dan bugar.  Olah raga juga berfungsi menghasilkan ide baru nan segar.  Kegiatan luar rumah bagi kebanyakan orang sukses sudah jelas sebagai cara meningkatkan kreativitas.  Aktivitas seperti berlari, bersepeda atau berkebun akan mempengaruhi hormon endorpin yang berdampak pada peningkatan kewaspadaan.  Jadikanlah aktivitas luar rumah ini sebagai sebuah hal penting bagi Anda setiap minggunya.

5.  Mencari Passion

Anda mungkin akan terkejut apa yang terjadi jika Anda mengejar sesuatu yang disukai pada akhir pekan. Memanjakan gairah hidup Anda adalah cara yang bagus untuk melepas stres dan membuka pikiran Anda untuk cara berpikir yang baru. Bermain musik, membaca, menulis, melukis, atau bahkan bermain dengan anak-anak Anda dapat membantu merangsang Anda untuk mempunyai pemikiran yang dapat menuai hasil yang besar selama minggu mendatang.

6.  Waktu berkualitas buat Keluarga

Orang sukses adalah orang yang mampu menyeimbangkan antara kepenting pribadi dan profesional dengan kebutuhan keluarganya.  Waktu Anda bersama keluarga adalah cara yang paling tepat untuk mengisi kembali semangat hidup dan gairah kerja Anda.  Kunjungi keluarga pada akhir pekan Anda, dengan mengajak anak-anak dan pasangan berkunjung pada orang tua dan kerabat akan membuat kesenangan dan kebahagiaan.

7.  Rencanakan Petualangan Kecil

Mungkin Anda dapat mendatangi museum yang belum pernah sekalipun dikunjungi, atau merencanakan kegiatan outdoor lainnya.  Studi menunjukkan bahwa mengantisipasi sesuatu yang baik yang akan datang adalah bagian penting dari sebuah aktivitas yang menyenangkan. Hal tersebut memperbaiki mood Anda sepanjang minggu.

8.  Bangun pada waktu yang sama

Meski berada pada akhir pekan, namun Anda akan tetap bangun dan tidur dalam waktu yang sama.  Jika pada akhir pekan Anda habiskan hanya untuk istirahat, akan mengganggu ritme tubuh dan kurang baik bagi kesehatan.  Tubuh sudah mempunyai jam biologis yang teratur hanya tinggal menyesuaikan jenis kegiatan dan aktivitas Anda saja pada akhir pekan.

9.  Menjadikan Pagi hari sebagai Me Time

Waktu akhir pekan mungkin sulit bagi Anda melepaskan diri dari keluarga.  Cobalah terlibat lebih jauh dengan kegiatan yang sangat Anda senangi pada pagi hari, dimana dalam 2 sampai 4 jam setelah bangun pagi merupakan puncak performa seseorang dalam berpikir.  Mencari waktu sendiri (me time) di akhir pekan merupakan cara yang paling baik meningkatkan semangat Anda dalam bekerja pada minggu mendatang.

10.  Persiapan untuk Minggu Depan

Orang sukses bukan hanya cerdas dan pintar dalam bekerja, namun juga efektif dan efisien dalam mengatur waktunya.  Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan rencana minggu depan.  Cukup dengan 30 menit akan memberikan hasil signifikan terhadap produktivitas Anda dan meminimalisasi stress.

Leave a Reply