Cara Melakukan Perencanaan dan Pengembangan Karir Profesional

Cara Melakukan Perencanaan dan Pengembangan Karir Profesional

Cara Melakukan Perencanaan dan Pengembangan Karir Profesional

Seorang Profesional tentu akan terus ingin Bertumbuh dan Berkembang dalam Karirnya, baik sebagai Individu atau Tim.  Memulai Karir dari bawah dan pada akhirnya menapaki Tahapan yang Progressive tentu merupakan sebuah Prestasi dan Aktualisasi yang membanggakan.  Perencanaan dan Pengembangan Karir Profesional adalah Langkah awal yang harus dilakukan.

Pengembangan Karir (career development) meliputi aktivitas-aktivitas untuk mempersiapkan diri Anda sebagai individu pada kemajuan jalur karir yang direncanakan.  Selanjutnya ada beberapa prinsip Pengembangan Karir yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

(1) Pekerjaan itu sendiri mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap Pengembangan Karir. Bila setiap hari pekerjaan menyajikan suatu tantangan yang berbeda, apa yang dipelajari di pekerjaan jauh lebih penting daripada aktivitas rencana pengembangan formal.  Anda perlu meyakinkan diri sendiri bahwa telah berada pada jenis Pekerjaan yang menantang Passion Anda sebagai Profesional atau Individu.

(2) Bentuk Pengembangan skill yang dibutuhkan ditentukan oleh permintaan pekerjaan yang spesifik. Skill yang dibutuhkan untuk menjadi supervisor akan berbeda dengan skill yang dibutuhkan untuk menjadi middle manager. Anda perlu memahami Kompetensi setiap Level Jabatan yang tengah diincar dalam Pengembangan Karir. 

(3) Pengembangan akan terjadi hanya jika seorang individu belum memperoleh skill yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Jika tujuan tersebut dikembangkan lebih lanjut oleh seorang individu maka individu yang telah memiliki skill yang dituntut pekerjaan akan menempati pekerjaan yang baru.  Makin banyak Anda menambah Ketrampilan dan Kemampuan Kerja, maka Peluang Pengembangan Karir makin besar.

(4) Waktu yang digunakan untuk pengembangan dapat direduksi atau dikurangi dengan mengidentifikasi rangkaian penempatan pekerjaan individu yang rasional.  Anda tidak perlu tergesa-gesa dalam Pengembangan Karir, karena Kematangan dan Kesiapan Anda menghadapi jenis pekerjaan baru lebih penting daripada Kecepatan Promosi yang Anda dapatkan.

Pengembangan karir (career development) meliputi perencanaan karir (career planning) dan manajemen karir (career management). Memahami pengembangan karir dalam sebuah organisasi membutuhkan suatu pemeriksaan atas dua proses, yaitu bagaimana masing-masing individu merencanakan dan menerapkan tujuan-tujuan karirnya (perencanaan karir) dan bagaimana organisasi merancang dan menerapkan program-program pengembangan karir atau manajemen karir.

Perencanaan karir (career planning) adalah suatu proses dimana individu dapat mengidentifikasi dan mengambil langkahlangkah untuk mencapai tujuan-tujuan karirnya. Perencanaan karir melibatkan pengidentifikasian tujuan-tujuan yang berkaitan dengan karir dan penyusunan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut.  Manajemen karir (career management) adalah proses dimana organisasi memilih, menilai, menugaskan, dan mengembangkan para pegawainya guna menyediakan suatu kumpulan orang-orang yang berbobot untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di masa yang akan datang.

Perencanaan Karir (Career Planning) merupakan proses untuk :

  • (1) Menyadari diri sendiri terhadap peluang-peluang, kesempatan-kesempatan, kendala-kendala, pilihan-pilihan, dan konsekuensi-konsekuensi.
  • (2) Mengidentifikasi tujuan-tujuan yang berkaitan dengan karir.
  • (3) Penyusunan program kerja, pendidikan, dan yang berhubungan dengan pengalaman-pengalaman yang bersifat pengembangan guna menyediakan arah, waktu, dan urutan langkah-langkah yang diambil untuk meraih tujuan karir.

Manajemen Karir (Career Management) merupakan proses berkelanjutan dalam Penyiapan, Penerapan, dan Pemantauan rencana-rencana karir yang dilakukan oleh individu seiring dengan sistem karir organisasi.  Anda dalam membangun Karir Profesional perlu memahami Perilaku Organisasi dalam Pengembangan Karir, sehingga proses Anda melalui tahapan untuk Jenjang Karir berikutnya akan berlangsung simultan.

Leave a Reply