Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Efisien

Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Efisien

Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Efisien

Ikhtisar.com – Kebanyakan orang berpendapat bahwa orang sibuk merupakan orang yang bekerja efisien dan melakukan banyak hal yang produktif. Faktanya, pendapat tersebut tidaklah benar sepenuhnya. Orang sibuk belum tentu efisien dalam melakukan pekerjaan. Sedangkan orang efisien belum tentu bekerja sepanjang hari tanpa henti. Itu artinya, orang sibuk sangat berbeda dengan orang efisien.

Dilansir dari laman Brightside, terdapat 13 perbedaan antara orang sibuk dengan orang efisien. Simak ulasan analisis komparatifnya secara lengkap berikut ini.

  1. Pintu Tak Selalu Terbuka

Orang sibuk senantiasa membiarkan pintunya terbuka, sedangkan orang efisien pintunya tidak selalu terbuka sebab orang efisien sangat selektif dalam menjawab orang yang mengetuk pintunya.

  1. Mudah Menjawab ‘Ya’

Saat menerima ajakan dari orang lain, orang sibuk sangat mudah menjawab ‘ya’. Sebaliknya, orang efisien tidak mudah menjawab ‘ya’ sebab ia khawatir waktunya akan terbuang dengan percuma.

  1. Mengatur Prioritas

Berbeda dengan orang sibuk yang mempunyai banyak prioritas dan menganggap semua prioritas tersebut sama pentingnya, orang efisien hanya memiliki prioritas yang sedikit.

  1. Memiliki Misi

Meskipun kenyataannya orang sibuk tidak memiliki misi yang besar dalam hidupnya, namun ia bertingkah seolah-olah memilikinya. Sementara itu, orang efisien benar-benar memiliki misi yang besar.

  1. Tidak Mementingkan Aksi

Dalam beraksi, orang sibuk melakukannya tanpa berpikir panjang, sedangkan orang efisien memikirkannya terlebih dahulu agar tepat sasaran.

  1. Multitasking Belum Tentu Perlu

Orang sibuk cenderung multitasking, sementara orang efisien fokus pada satu hal yang sangat penting.

  1. Mempengaruhi Sekeliling

Orang sibuk mempengaruhi sekelilingnya untuk ikut sibuk. Orang efisien juga mempengaruhi sekelilingnya untuk ikut memanfaatkan waktu dengan efisien.

  1. Mengumumkan Kesibukan

Orang sibuk mengumumkan kesibukannya kepada orang lain. Sementara orang efisien akan menunjukkan hasil pekerjaannya tanpa perlu memberi tahu sebelumnya.

  1. Menyenangkan Semua Orang

Orang sibuk berusaha menyenangkan semua orang. Di sisi lain, orang efisien hanya menyenangkan pihak-pihak yang penting, seperti misalnya kliennya di kantor.

  1. Tidak Punya Waktu

Orang sibuk tidak pernah mempunyai waktu yang cukup dalam hidupnya, sedangkan orang efisien menghabiskan waktu untuk hal yang penting saja.

  1. Membutuhkan Nasihat

Saat menyelesaikan pekerjaan, orang sibuk butuh nasihat orang lain, sementara orang efisien bisa menyelesaikannya sendiri dengan efektif.

  1. Aktif Menjawab Pesan di Ponsel

Orang sibuk menjawab pesan di ponsel dengan cepat. Orang efisien berhati-hati dalam menjawab supaya jawabannya efektif.

  1. Bicara Perubahan

Orang sibuk berbicara tentang rencana hidupnya, sedangkan orang efisien terus berkembang dalam hidupnya.

Itulah 13 perbedaan antara orang sibuk dengan orang efisien. Dari ulasan tersebut dapat diketahui dengan jelas bahwa orang sibuk dan orang efisien sangatlah berbeda.  Orang sibuk akan selalu dipenuhi dengan rutinitas yang dapat menjadi beban dalam kesehariannya.  Dengan menjadi pribadi yang efisien, tentunya Anda akan mampu menjadi keterbatasan waktu, keterbatasan pikiran dan tenaga berhasil menggapai impian.

Leave a Reply