Perbaiki Budaya Perusahaan Anda dalam hitungan Menit

Perbaiki Budaya Perusahaan Anda dalam hitungan Menit

Perbaiki Budaya Perusahaan Anda dalam hitungan Menit

Budaya Perusahaan adalah perilaku manusia, sistem dan karakter yang ada dalam sebuah perusahaan.  Orang tidak bekerja dalam sebuah perusahaan multinasional karena aset raksasanya, dan bukan pula karena benefit atau kompensasi yang besar.  Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa aset perusahaan dan benefit yang ditawarkan menjadi faktor penentu dari seseorang bekerja dalam sebuah perusahaan.  Namun tidak dapat dipungkiri pula, bahwa ketika seseorang bergabung dalam sebuah perusahaan, dan tidak merasakannya bagaikan rumah sendiri (feel like home), waktu akan membawa mereka keluar dan mencari yang lain. Sedemikian ternyata Anda sebagai pemimpin perusahaan dapat memperbaiki Budaya Perusahaan hanya dalam hitungan Menit.  Hal-hal kecil boleh jadi merupakan hal-hal krusial dalam pengembangan budaya perusahaan yang solid.

Budaya perusahaan dapat dibangun hanya dengan alokasi waktu dan biaya invenstasi minim, dan dengan perilaku atau karakter kebiasaan ini, akan membangun sebuah tabiat atau habit bagi pertumbuhan perusahaan.  Meski perlu disadari bahwa hal tersebut adalah perjuangan yang tidak ringan, karena Anda merasa tidak memiliki waktu cukup, dan menganggap hal-hal kecil tersebut sebuah keharusan yang sudah seharusnya ada tanpa perlu dilakukan atau diada-adakan.

1.  Hormat Berucap “Terima Kasih”

Saat anda merasa terbantu dengan anak buah atau staf atas pekerjaan mereka, maka ucapkanlah terima kasih dengan tulus dan penuh rasa hormat.  Bukan menjadikannya sebuah tontonan dan terdengar banyak orang.  Mungkin adakalanya sebuah apresiasi dikumandangkan, namun sebuah ungkapan terima kasih yang tulus lebih mengena jika Anda sampaikan secara pribadi dan personal kepada pelakunya.  80% karyawan akan bertahan dalam perusahaan dengan aura respek yang tinggi seperti ini.

2.  Mewujudkan Nilai Inti setiap Hari

Perusahaan tentu mempunyai nilai-nilai inti yang menjadi dasar visi misi organisasi.  Pilih salah satunya dan Anda terapkan dalam seharian Nilai Inti tersebut.  Gunakan waktu Anda untuk men-share-nya melalui email sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh karyawan, apa yang tengah Anda galakkan hari ini.

3.  Menit untuk Menang

Pengertiannya kurang lebih adalah Anda berbaur dalam kelompok anak buah dan mengajak mereka bermain, misalkan 10 menit, jenis permainan kekompakan atau apapun itu.  Misalkan mengajak bermain pingpong sampai dengan satu atau dua pukulan smash, atau mengajak tim Anda bermain puzzle cepat dalam hitungan menit.  Hal ini akan memperbaiki mood dan kemampuan tim, dan jika rutin Anda lakukan, maka akan menurunkan kecemasan bahkan kemalasan mereka dalam bekerja.

4.  Katakan Maaf

Beberapa hal menimbulkan perasaan cinta Anda kepada orang-orang dengan mengatakan maaf, Kerendahan Hati adalah sifat yang disenangi dari para pemimpin.  Selalu sadari tindakan Anda, dan dampaknya pada karyawan.  Jangan terpaku dengan kesalahan, namun fokus pada hubungan Anda dengan Tim.  Meminta maaf untuk sesuatu yang Anda lakukan atau hanya menunjukkan rasa empati, permintaan maaf secara sederhana dapat diartikan sebagai Kepedulian.  Jadi, dengan 2 menit Anda mengatakan maaf akan menghemat banyak waktu di masa depan saat berurusan dengan karyawan yang tidak puas dan rekan kerja marah.

5.  Membaca

Banyak diantara kita yang sulit meluangkan waktu untuk membaca, sementara setiap orang sangat paham akan manfaatnya.  Selain menambah pengetahuan dan wawasan, bacaan juga dapat memperbaiki budaya perusahaan.  Cukup sediakan folder khusus untuk berbagi, dimana setiap orang dapat mengaksesnya, dan ketika ada waktu luang mereka akan melihat bacaan tersebut meski hanya untuk beberapa menit saja.

6.  Percakapan Nyata

Kecuali perusahaan Anda adalah sangat kecil, mungkin ada beberapa orang yang Anda tidak kenal baik.  Ambil beberapa menit waktu Anda untuk mengenal mereka, dengan sekedar melihat atau turut nimbrung dalam obrolan mereka sudah cukup menunjukkan kepedulian Anda kepadanya.  Tidak perlu intens terlibat dalam percakapan mereka, karena hal tersebut justru akan menimbulkan barrier komunikasi, dan membuat mereka sungkan berbasa-basi dengan Anda.  Jadilah pendengar yang baik sekaligus mengamati perilaku tim Anda.

7.  Brainstorming

Sisihkan beberapa menit sesering dan seaktif mungkin untuk mencoba mendatangkan ide-ide yang akan meningkatkan budaya perusahaan Anda.  Catatan Anda tentang budaya perusahaan yang perlu di-Improve dapat menjadi dasar dilakukannya Brainstorming.  Tidak perlu sesi khusus melakukannya, cukup dengan duduk bersama pada sesi pagi hari atau saat sore menjelang pulang, dimana suasana santai perlu dikedepannkan.

Ketika Anda berupaya dalam meningkatkan Budaya Perusahaan, Anda akan terkejut dengan hasil yang diperoleh dengan upaya sederhana tersebut.  Tetap lakukan terus, tidak peduli seberapa sibuk jadwal kerja Anda, selalu ambill waktu Anda miliki 10 menit atau bahkan satu jam untuk fokus pada perbaikan budaya perusahaan.   Dengan memperbaiki Budaya Perusahaan Anda hanya dalam hitungan Menit, mungkin saja perusahaan Anda akan menjadi perusahaan idaman dalam beberapa tahun kedepan.

Cara Perbaiki Budaya Perusahaan

Cara Perbaiki Budaya Perusahaan

Referensi : http://www.inc.com

Leave a Reply