5 Manfaat Pentingnya Surat Keterangan Kerja

Manfaat Pentingnya Surat Keterangan Kerja
Manfaat Pentingnya Surat Keterangan Kerja

Tahukah Anda artinya PAKLARING? Atau mungkin Anda lebih tahu arti Surat Keterangan Kerja.  Ya, paklaring adalah serapan kata bahasa Belanda, dan sudah diterjemahkan menjadi surat keterangan/referensi kerja.  Tahukah Anda kegunaan surat keterangan ini? Berikut kita akan bahas mengenai 5 manfaat pentingnya Surat Keterangan Kerja.  Lebih tepatnya kita membahas surat referensi kerja atau surat pengalaman kerja (experience letter).

Surat Keterangan kerja digunakan karyawan atau orang yang pernah punya ikatan kerja dengan sebuah organisasi bisnis.  Manfaatnya jelas sebagai bukti tertulis kepada calon pemberi kerja, tentang calon karyawan mereka.

Perusahaan yang terdaftar di DISNAKER, selain mendaftarkan dan melaporkan karyawan mereka, juga harus melakukan aksi GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG).  Sikap transparansi ini menjadi syarat betapa pentingnya budaya perusahaan bagi karyawan atau calon karyawan.  Dan tentu sebaliknya, perusahaan akan mencari kandidat yang punya TRACK RECORD baik pada perusahaan lama.  Dan untuk mendapat kandidat terbaik, perusahaan mensyaratkan adanya surat keterangan atau surat referensi kerja.

Terkait dengan nilai dan budaya perusahaan, maka karyawan dan perusahaan akan saling memenuhi hak dan kewajibannya.  Satu diantaranya adalah perusahaan mengeluarkan surat keterangan/paklaring bagi karyawan yang mengundurkan diri atau purnatugas.  Pun karyawan untuk memperolehnya harus bekerja dengan GIAT, TEKUN, dan JUJUR.

## ISI SURAT KETERANGAN KERJA

Surat Keterangan akan memuat berbagi informasi pribadi karyawan.  Satu diantarnya adalah lama bekerja pada perusahaan tersebut.  Apa saja isi surat referensi kerja ini.

1. Nama Karyawan, Nomor Induk Karyawan

Jelas isinya mencantumkan Nama karyawan dan nomor induknya.  Sehingga perusahaan yang dituju mendapatkan kesamaan data selain kartu identitas diri atau ijazah sekolah.  Nomor induk karyawan adalah angka unik sesuai dengan tata cara perusahaan membuatnya.

2. Jabatan Karyawan dan Lokasi Kerja

Surat referensi kerja akan berisikan jabatan atau posisi terakhir dimana karyawan bekerja.  Selain itu juga mencantumkan lokasi kerja yang bersangkutan.  Perusahaan dengan jumlah kantor cabang yang tersebar maka lokasi kerja menjelaskan lokasi posisi terakhir dijabat oleh karyawan.

3. Masa Kerja

Waktu yang menjelaskan berapa karyawan bekerja, sejak awal masuk sebagai karyawan hingga mundur atau pensiun.  Masa kerja ini bisa menjadi penilaian calon pemberi kerja sejauh mana LOYALITAS karyawan mereka.  Perusahaan yang SUSTAIN diantaranya berisikan orang-orang yang penuh dedikasi dan prestasi.

4. Tanda-Tangan Pejabat

Pastinya surat keterangan yang resmi akan ditandatangani pejabat terkait.  Pada umumnya diketahui oleh pejabat HRD, yang disesuaikan dengan jabatan terakhir karyawan.  Jika jabatannya adalah staff atau supervisor, maka Manager HRD akan membubuhkan tanda-tangannya.  Selebihnya untuk level manager, bisa ditandatangani oleh Kepala Divisi atau GM terkait.

Selain itu surat referesi kerja dapat berisikan keterangan bagaimana karyawan melakukan pekerjaan, serta apa sebab/alasan pengakhiran hubungan kerjanya.

## MANFAAT SURAT KETERANGAN KERJA

Sebagaimana sudah dibahas tentang pentingnya surat referensi kerja,  maka berikut kita ulas lebih detil manfaatnya. Mengapa perlu Anda ketahui Manfaat pentingnya surat keterangan ini?

## 1. Menunjukkan Kinerja yang Baik

Karyawan yang mendapatkan surat referensi atau experience letter ini adalah karyawan dengan KINERJA BAIK.  Mereka menunjukkan dedikasi dan perilaku kerja yang positif.  Karyawan bekerja sesuai dengan JOBDESC nya dan memberikan hasil sesuai target KPI.

Jika Anda sudah mendapatkan surat ini, maka perusahaan telah menegaskan Anda adalah aset terbaik mereka. Hanya saja kerjasama harus berakhir karena adanya beberapa pilihan.  Pengakhiran kerja bisa karena pengunduran diri Anda sebagai karyawan, atau permintaan perusahaan (PHK).

Selama pemutusan kerja adalah kesepakatan bersama antara Anda dan Perusahaan, maka Surat Keterangan Kerja WAJIB diterbitkan.

## 2. Menjelaskan Sikap dan Perilaku Positif

Karyawan yang baik pasti akan bekerja dan berprestasi, sesuai bidangnya masing-masing.  Dan karena itulah Anda akan banyak mendapatkan apresiasi, baik selama menjadi karyawan pun setelahnya.  Surat keterangan setelah Anda bekerja merupakan petunjuk tentang Sikap dan Perilaku baik Anda dalam bekerja.

Perusahaan hanya menerbitkan Surat Keterangan Kerja kepada karyawan yang memenuhi syarat.  Syarat itu diantaranya adalah (1) Surat Pengunduran Diri, yang dibuat minimal 30 hari sebelumnya. (2) Kelengkapan dan penyelesaian administrasi lainnya terkait pekerjaan dan kewajiban kerja.

Paklaring yang diterbitkan perusahaan Anda menjelaskan bahwa Anda sebagai profesional yang handal.  Perilaku dan Sikap kerja Anda sangat MATURE (dewasa).  Perusahaan tidak akan beralasan tidak mengeluarkan keterangan kerja ini.

Istilah umumnya yang sering Anda dengar adalah “MASUK BAIK-BAIK, KELUAR BAIK-BAIK”.  Jadi jika Anda masuk dengan cara tampak muka, maka keluar pun harus pamit baik-baik dan tampak muka.  Rasanya tidak mungkin perusahaan mengeluarkan Surat Keterangan Kerja bagi karyawan yang FRAUD. Karyawan yang melanggar dan menyimpang dari aturan kerja, atau bahkan membolos, rasanya sudah mengundurkan diri tanpa pamit.

## 3. Bukti Otentik Pengalaman Kerja

Bagaimana Anda tahu bahwa karyawan yang akan direkrut pernah bekerja pada perusahaan “A”,  misalnya.  Bisa saja nama-nama orang yang jadi referensinya adalah skenario, atau CV (Curriculum Vitae) yang dibuat dilebih-lebihkan.

Jadi selain proses interview yang selektif dan proses cek reference yang detil, surat keterangan kerja akan menjadi BUKTI kuat yang OTENTIK mengenai pengalaman kerja.

Surat yang berisikan pengalaman kerja selama masa waktu tertentu ini, menjadi landasan pula sejauh mana kredibilitas perusahaan lama.  Perusahaan yang besar akan menerbitkan reference letter bagi karyawannya, tanpa melihat jabatan.

## 4. Kepentingan Tunjangan Sosial

Jika suatu waktu Anda mengambil keputusan tidak lagi bekerja, maka pentingnya Surat Keterangan Kerja dipergunakan sebagai bukti bagi lembaga ketenagakerjaan.  Anda dapat menggunakannya untuk kepentingan pribadi,  misalkan Jaminan Hari Tua (JHT).

Seumpama pasangan Anda yang juga bekerja, dan Anda tidak lagi bekerja, surat keterangan berguna untuk pendaftaran bagi tunjangan karyawan pasangan.  Biasanya ini berlaku bagi karyawan wanita, yang selalu diperlakukan sebagai SINGLE.  Perlakuan ini menjadikan mereka tidak mendapat tunjangan sosial bagi pasangan atau anggota keluarga.

Selain urusan tunjangan sosial, surat keterangan bekerja juga bisa dipakai dalam kepentingan pendidikan seperti beasiswa.

## 5. Syarat Administratif

Paklaring adalah power saat Anda melamar pekerjaan? Karena jadi bukti PENGALAMAN kerja sebelumnya. Surat ini adalah syarat administrasi bagi perusahaan yang akan Anda lamar berikutnya.  Banyak perusahaan yang mensyaratkannya.

Sedangkan bagi FRESH GRADUATE, surat ini tidak perlu dipenuhi, dan digantikan oleh ijazah atau Kartu Kuning dari disnaker (jik perlu). Sedangkan bagi tenaga berpengalaman, Paklaring adalah salah satu syarat wajib.

Surat paklaring menunjukkan setidaknya Anda sudah memiliki modal pengalaman kerja ditempat lama.  Ini menjadi NILAI POSITIF bagi Anda dan perusahaan dalam merekrut kandidat yang tepat.

## MANFAAT LAIN

Selain dipergunakan dalam urusan pekerjaan, surat keterangan atau referensi kerja bisa digunakan untuk hal lainnya. Misalkan Anda ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, maka surat ini adalah syarat yang perlu dipenuhi.  Banyak karyawan yang ingin melanjutkan studi, maka ini adalah dokumen pendukung yang diperlukan.

Juga bisa dipakai untuk persyaratan Aplikasi Beasiswa.  Beberapa perguruan tinggi atau perusahaan pemberi beasiswa mewajibkan calon siswanya telah bekerja minimal dua tahun.  Dan bukti itu akan tersaji melalui Surat Keterangan Kerja.

Pentingnya Surat Keterangan Kerja juga bisa digunakan untuk urusan kredit, karena masa kerja Anda yang baru masih baru.  Lembaga keuangan memiliki syarat tertentu masa kerja bagi calon debiturnya.  Dan jika Anda baru beberapa bulan, paklaring akan menjadi dokumen tambahannya.

Masih ada manfaat lainnya bagi Anda mengenai Surat Paklaring ini, diantaranya adalah sebagai KEBANGGAAN atau “IJAZAH” Anda telah lulus dari perusahaan.  Deretan paklaring bisa menjual diri Anda sebagai orang ber pengalaman dari berbagai perusahaan, tentu dengan PRESTASI yang BAIK.

## CONTOH SURAT KETERANGAN KERJA

## Contoh (1)

contoh 01 Surat Keterangan Kerja

## Contoh (2)

contoh 02 Surat Keterangan Kerja

 

Leave a Reply