Pentingnya Sikap Responsif bagi Seorang Pemimpin

Pentingnya Sikap Responsif bagi Seorang Pemimpin
Pentingnya Sikap Responsif bagi Seorang Pemimpin

Seorang pemimpin sejatinya merupakan sosok yang disegani oleh bawahannya. Pemimpin juga harus mampu memberikan suatu teladan dan motivator yang baik untuk bawahannya. Oleh karenanya pemimpin membutuhkan suatu kriteria guna mewujudkan hal tersebut. Salah satunya yakni dengan menjadi Pemimpin yang Responsif.

Pemimpin Responsif diperlukan agar mampu menghadapi suatu persoalan dengan tanggap dan aktif dalam mencari solusi. Pemimpin responsif juga penting karena akan mempengaruhi masa depan suatu organisasi ketika dihadapkan oleh suatu permasalahan. Sayangnya tak setiap pemimpin mampu menjadi pemimpin yang responsif.

Para pemimpin seakan dinilai lemah dan tidak mampu mengambil keputusan yang menyangkut masa depan organisasinya. Hal tersebut dikarenakan pemimpin takut untuk mengambil suatu resiko yang akan membahayakan keselamatan organisasi dan karyawannya. Padahal suatu kunci sukses pemimpin adalah dia yang mampu bersikap antisipatif pada suatu persoalan yang dihadapi oleh organisasinya. Pemimpin juga mampu memiliki pemikiran ke depan untuk menyelamatkan organisasinya bukan malah takut ataupun menghindar.

Untuk menjadi pemimpin yang responsif tentu bukan suatu hal yang mudah. Oleh karenanya diperlukan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin responsif seperti : Keingintahuan dan Kemampuan Analitis

  • Keterampilan Berkomunikasi
  • Keterampilan Mendidik
  • Keteguhan dalam Pendirian dan Keberanian
  • Rasionalitas dan Objektivitas
  • Naluri untuk Prioritas dan Urgensi
  • Tetap menjadi sosok yang Sederhana dalam segala situasi

Contoh dari kasus pemimpin responsif adalah kepemimpinan dari seorang pemilik Farm yang berperan menentukan kinerja karyawannya. Manajer Farm memiliki kemampuan untuk membangun kepercayaan diri karyawan kandang dan tim kerja yang solid. Contohnya yakni mau memberikan peringatan pada kelalaian atau kesalahan dengan cara-cara yang baik. Operator Farm juga mampu bekerja baik di bawah kepemimpinan Manajer Farm.

Dalam hal ini perlu adanya penumbuhan motivasi serta pengurangan tingkat stres bagi para karyawan Farm. Pemberian reward (imbalan/hadiah) atau bonus juga menjadi aspek terpenting atas kinerja pada ternak yang menjadi tanggung jawabnya. Performa kerja operator kandang juga ditentukan dari kualitas produk hasil ternak yang dapat dipanen. Contohnya ketika laba hasil panen ayam meningkat maka sebaiknya berikanlah bonus atas kerja keras karyawan kandang.

Menjadi pemimpin responsif memanglah penting bagi masa depan sebuah organisasi. Oleh karenanya pemimpin perlu meningkatkan berbagai kemampuan untuk menjadi pemimpin yang dapat menjadi pedoman serta teladan bagi karyawan yang bekerja pada organisasi tersebut. Gaya Kepemimpinan Responsif merupakan gaya konsultatif, dimana pemimpin mampu merespon serta membantu permasalahan yang ada pada suatu organisasi.

Gaya kepemimpinan tersebut juga mampu menangani karyawan yang mengalami permasalahan atau hambatan dalam bekerja. Namun pemimpin responsif tetap memberikan keputusan akhir berdasarkan hasil evaluasi dan penentuan baik buruknya jalan keluar untuk diterapkan. Pemimpin dengan gaya konsultatif ini membutuhkan fakta pada permasalahan yang terjadi dengan melibatkan berbagai pendapat dari karyawannya.

Leave a Reply