Pentingnya Mentoring sebagai sebuah Kemitraan yang saling Menguntungkan

mentoring sebagai kemitraan saling menguntungkanApakah Anda ingin melanjutkan karir pada level lebih tinggi? Apakah Anda ingin membangun kepemimpinan sekaligus membantu orang lain belajar, berkembang dan tumbuh dalam ketrampilan mereka? Anda dapat melakukannya dengan mencari orang yang dapat diberdayakan dan saling menguntungkan (Beneficial Partnership). Konsep mutual inilah yang akan membuat Anda lihai dalam Mentoring kepada tim.

Saat ini banyak sudah profesional yang mencari mentor untuk peningkatan karir mereka, dan terlepas Anda yang mencari atau dicari, maka konsep mutual ini sangat berguna bagi karir Anda. Selain membantu pengembangan karir, mentoring juga meningkatkan kemampuan memimpin Anda.

Mentoring saling memberi apresiasi dan manfaat kepada masing-masing pihak, seperti pengembangan ketrampilan komunikasi, memperluas pola pikir dan paradigma, memberikan pertimbangan analisa dalam pengambilan keputusan, dan saling mempercepat proses karir masing-masing.

#Mengapa Mentoring diperlukan

Mentoring adalah hubungan personal dua orang yang saling terkait pada tujuan profesional ataupun personal. Mentor biasanya adalah orang dengan pengalaman lebih, yang berbagi pengetahuan, pengalaman, atau nasihat kepada orang yang lebih sedikit pengalamannya. Mentor adalah orang yang sudah menjalani proses dan berhasil melakukannya, berfungsi sebagai “yang dipercaya” dan Role Model. Sebagai Mentor akan memberikan dukungan, masukan dan pengetahuan mereka, baik secara spesifik maupun umum.

Mentoring Partnership dapat terjadi antara dua orang dalam satu perusahaan, satu industri atau satu organisasi profesional. Hubungan dalam mentoring adalah berbasiskan kepercayaan dan respek, saling memberikan keuntungan dua belah pihak.

#Keuntungan menjadi Mentor

Menjadi seorang mentor dapat memperkaya pengalaman dan wawasan Anda berhubungan dengan orang lain. Menjadi mentor akan meningkatkan kualitas hidup Anda secara personal dan profesional.

1.  Membangun Kepemimpinan

Dengan membantu orang lain, secara langsung Anda telah memperbaiki ketrampilan dalam memimpin. Anda akan membangun motivasi dan keberdayaan orang lain, dan dengan demikian akan memperbaiki posisi Anda sebagai manajer atau anggota tim dalam sebuah organisasi. Berhubungan dengan orang yang memerlukan bantuan Anda akan menjadikan Anda semakin banyak belajar akan kepemimpinan yang baik

2.  Memperbaiki Komunikasi

Sehubungan Anda berhubungan dengan orang dari banyak latar belakang, maka salah satu dari Anda tidak akan berbicara dalam gaya dan cara yang sama, dan akhirnya Anda perlu memperbaiki cara berkomunikasi efektif dengan mentee. Tanpa komunikasi yang baik, Anda tidak akan berhasil menunjukkan cara sukses kepada orang-orang yang Anda pimpin.

3.  Belajar Perspektif Baru

Dengan bekerja bersama orang yang kurang pengalaman, akan banyak prespektif baru yang didapat. Seperti halnya cara pandang orang awam kebanyakan. Dengan mampu melihat cara pandang baru tersebut Anda akan berpikir bagaimana menjalani kehidupan lebih baik dengan kondisi dan situasi yang tidak semestinya.

4.  Meningkatkan Karir

Mentoring akan menyempurnakan kepemimpinan Anda dan dapat memperkuat kinerja atau performa, sehingga membantu Anda mendapatkan promosi ke level manajemen lebih tinggi. Menunjukkan bahwa Anda telah membantu orang lain belajar dan tumbuh, menjadi lebih penting bagi kemajuan dunia bisnis saat ini. Organisasi yang Ramping (Lean Organization) sangat membutuhkan orang-orang yang selalu siap menjadi Mentor bagi orang lain.

5.  Kepuasaan Pribadi

Akan menjadi sebuah kebahagiaan ketika Anda berhasil berkontribusi kepada kesuksesan seseorang. Sukses mentee Anda dalam karir mereka adalah sebuah apresiasi dan hadiah yang tak terlupakan. Terlebih jika Anda memang melakukannya sebagai sebuah passion bukan sekedar fungsi jabatan sebagai atasan belaka.

Leave a Reply