Manfaat Pentingnya Keberagaman Gender dalam Organisasi Anda

ragam genderBeraneka ragam mungkin cukup menyulitkan dalam sebuah proses dan prosedur, namun ternyata sangat berguna dalam pengembangan karir dan diri Anda.  Keanekaragaman dalam organisasi juga penting bagi tumbuh kembang bisnis perusahaan Anda, sehingga saling isi dalam kekurangan dan saling dukung dalam kelebihan mempercepat pencapaian tujuan organisasi.  Karyawan yang beragam pun ternyata dapat lebih produktif dalam penyelesaian sebuah proyek dibandingkan kompetensi yang sama.  Keragaman juga berlaku untuk gender individu, antara laki-laki dan perempuan mempunyai kelebihan masing-masing.  Sebagai pemimpin bisnis dalam sebuah organisasi Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

1.  Identifikasi Unit bisnis yang terlalu homogen atau lebih dari 80% diisi dengan gender tertentu dan kompetensi yang mirip.  Divisi dengan gender tertentui yang cenderung dominan perlu diberagamkan dengan gender lainnya, meski tidak harus 50:50 namun tidak terlalu timpang sehingga lebih dari 80% diisi jenis tertentu.

2.  Kembangkan Strategi rekrutmen karyawan yang berimbang, baik dari sisi Kompetensi, Gender ataupun Usia.  Masing-masing Divisi atau Departemen perlu memperhatikan komposisi masing-masing lini organisasinya untuk mencari keseimbangan terbaik.

3.  Ciptakan budaya saling percaya antar gender yang berbeda atau berlawanan jenis. Komunikasi dan Saling Percaya harus diterapkan kepada masing-masing individu dalam pekerjaannya.  Kerjasama dan Sinergi akan terbentuk secara alami ketika saling percaya telah terbentuk.

4.  tetapkan tujuan inklusif dari masing-masing tim, sehingga semua akan mengacu pada keberhasilan kelompok bukan individu.  Pimpinan departemen atau divisi perlu mempertanggungjawabkan keberhasilan dari sebuah diversity ini. 

Manfaat Keragaman dalam Organisasi Anda

Penelitian juga menunjukkan bahwa tim yang berisikan gender diversity yang lebih banyak melakukan kinerja lebih tinggi daripada gender yang homogen, hal itu disebabkan:

1. Pria dan wanita memiliki sudut pandang yang berbeda, ide-ide dan wawasan market, yang memungkinkan menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik, dan pada akhirnya kinerja yang unggul di unit bisnisnya.

2. Keberagaman gender menyediakan kemudahan akses ke beberapa sumber daya, seperti sumber informasi dan pengetahuan.

3. Keberagaman tenaga kerja memudahkan perusahaan melayani basis pelanggan yang semakin beragam.  Pelanggan adalah aset dalam tumbuh kembang perusahaan Anda.

4. Perusahaan yang memiliki keberagaman gender lebih menarik wanita-wanta berbakat. Tak bisa dipungkiri, bahwa jumlah tenaga kerja perempuan lebih banyak di tempat kerja di seluruh dunia. Ada sekitar 50% tenaga kerja wanita potensial yang kompetitif di ekonomi global saat ini.

4 thoughts on “Manfaat Pentingnya Keberagaman Gender dalam Organisasi Anda

  1. impudique sexe touffu May 13, 2014 at 1:03 AM

    Je ?oste ce commentaire afin de congratuler l’auteur

  2. DéFonçAge De Borgne Suceuse May 16, 2014 at 9:51 PM

    Je pense que j’en parlerai sur un blog perso

  3. http://gutturalaxle7427.soup.io May 17, 2014 at 5:43 PM

    Vous écrivez constamment des articles attractifs

  4. befittingquibbl12.blog.com June 4, 2014 at 10:06 PM

    Je vais te dire que ce n’est pas absurde ..

Leave a Reply