Pentingnya Insentif di Dunia Kerja Profesional

Pentingnya Insentif di Dunia Kerja Profesional

Pentingnya Insentif di Dunia Kerja Profesional

Dalam me-RETAIN karyawan banyak hal yang dilakukan oleh pemilik perusahaan.  Mulai dari Salary Range yang kompetitif, Bonus, Reward dan lainnya.  Semua bentuk Retain Employee Program merupakan sebutan terhadap Insentif.  Melihat semakin agresifnya pasar industri, menjadikan perusahaan-perusahaan sadar akan Pentingnya Insentif di Dunia Kerja Profesional.  Pekerja profesional selain berbicara mengenai penghasilan tetap, mereka juga menganggap pentingnya insentif sebagai bagian dalam pekerjaannya.  Dengan adanya insentif, akan memacu mereka makin produktif dan mempertahankan produktivitanya.

Insentif adalah komponen atau obyek berupa nilai atau tindakan yang mendorong para profesional berlaku lebih (do more) yang dikedepankan oleh pemberi kerja.  Secara garis besar komponen insentif dibagi menjadi 4 macam, meskipun ada beberapa perusahaan yang mendefinisikannya dengan cara berbeda.

#Definisi Insentif

Insentif dalam dunia kerja dapat berupa Kompensasi, Penghargaan, Hadiah, Apresiasi.  Berikut beberapa contoh bentuk insentif yang diterapkan dalam dunia kerja profesional.

  1. Kompensasi (Compensation) meliputi Kenaikan Gaji, Bonus, Profit Sharing, Kepemilikan Saham
  2. Pengakuan (Recognition) mencakup tindakan seperti Berterima Kasih kepada Karyawan, Memuji Karyawan, Sertifikat Prestasi, atau mengumumkan Prestasi pada Forum Terbuka Perusahaan.
  3. Hadiah (Rewards) seperti barang-barang (Gifts), Uang, Tiket Liburan atau Voucher Belanja.
  4. Apresiasi (Appreciation) bisa berbentuk perayaan ulang tahun, liburan untuk keluarga, acara olah raga bersama, makan siang kelompok.

#Kegunaan Insentif bagi Karyawan

Insentif menjadi trigger bagi karyawan untuk selalu berprestasi dan mencapai kinerja optimal.  Melebihi target yang dicanangkan merupakan sebuah keharusan yang menjadi tugas dan tanggungjawab setiap profesional.  Secara umum berikut ini adalah manfaat insentif bagi karyawan dan perusahaan secara tidak langsung.

  1. Meningkatkan Produktivitas
  2. Mempertahankan Karyawan (Retain)
  3. Proses Rekruitmen Kandidat Terbaik
  4. Penghargaan bagi High Performer
  5. Ucapan Terima Kasih bagi Pencapaian Kinerja
  6. Mendorong Kerjasama Tim

Leave a Reply