Cara Mengembangkan Organisasi Efektif bagi Perusahaan Anda

orgdevIstilah OD atau Organization Development seolah telah menjadi sebuah keharusan bagi organisasi yang ingin melakukan reorganisasi, seperti restrukturisasi, perubahan kebijakan dan lainnya.  Organization Development adalah perubahan dan melakukan perubahan akan banyak kendala yang dialami sehingga banyak pula kegagalan yang terjadi.  Beberapa alasan yang menjadikan perubahan tidak mudah terjadi adalah :

1.  Manajemen tidak siap mengelola Perubahan, dan pada akhirnya ketidaksiapan menjadi sebuah ketidakmampuan.

2.  Manajemen tidak mempunyai komitmen untuk melakukan perubahan dan mempertahankannya.  Tentu sebuah perubahan yang akan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, atau memperbaiki kualitas sumber daya dan produktivitas kerja.

3.  Kerancuan antara Teknik dan Proses Organization Development itu sendiri, dimana Anda mungkin telah menganggap bahwa sebuah Pelatihan seperti Team Building Training merupakan sebuah OD Proses, padahal Team Building adalah sebagian kecil dari Proses Organizatio Development.

4.  Tidak adanya dukungan dari Stakeholder akan perubahan ke arah kebaikan seperti Organization Development.

5.  Kesalahan dalam mengatasi masalah dimana mengacu pada gejala permasalahan bukan akar masalah.

6.  Keterlambatan manajemen dalam melakukan perubahan, sehingga memerlukan percepatan perubahan, dimana hal ini merupakan sebuah perjuangan berat bagi banyak individu dan tim.

Bagaimana Anda dapat menjalankan sebuah Organization Development yang efektif dan berhasil?

Intinya adalah OD merupakan sebuah proses besar dalam mengumpulkan data, mendiagnosa dan merancang intervensi untuk meningkatkan sinergi antara strategi, struktur organisasi, sistem dan manusia dan kultur.  Pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan kinerja organisasi.

Proses Organization Development dapat digambarkan sebagai berikut :

1.  Diagnosa efektivitas Organisasi.

Tahapan ini bertujuan agara Anda berhasil melihat kebutuhan organisasi akan perubahan, mulai dari tingkat corporate, grup dan individu.  Tingkat corporate seperti sistem organisasi, struktur, manusia, budaya dan srategi yang dijalankan.

2.  Desain Intervensi untuk peningkatan efektivitas.

Proses ini adalah analisa manajemen proses, yakni pemetaan proses, pengukuran proses dan perbaikan proses.  Desain intervensi berlaku untuk ketiga tingkatan sebelumnya, yakni corporate, grup dan individu.

3.  Implementasi desain intervensi.

Setelah Anda dapat memetakan kepentingan dimasing-masing tingkat, selanjutnya adalah proses implementasi dimana fungsi utamanya adalah pengukuran dan analisa cost dan benefit.

4.  Evaluasi efektivitas intervensi.

Tahapan terakhir adalah mengukur manfaat yang telah terjadi setelah proses implementasi dilakukan.  Apakah kondisi sesudah dan sebelum mengalami perubahan perbaikan atau justru terjadi penyimpangan.

Organization Development adalah sebuah perubahan besar yang merupakan proses berkelanjutan, bukan sekedar teknik perubahan.  Pengembangan Organisasi yang efektif adalah proses evaluasi yang bertahap dan konsisten.  Manajemen Organisasi perlu berkomitmen dalam menjalankan perubahan yang diinginkan.

Leave a Reply