Pentingnya Pengaruh sebagai Salah Satu Faktor dalam Hukum Kepemimpinan

Sebagai Pemimpin Sejati Anda pasti secara alami akan memiliki Pengikut, dan dalam Kepemimpinan dijelaskan bahwa hakikat seorang Pemimpin adalah Pengaruh, tidak lebih dan tidak kurang. Anda sebagai Pemimpin tidak dapat dikatakan berkompeten dalam Kepemimpinan jika tidak mempunyai Pengaruh. Sedemikian maka Hukum Pengaruh adalah salah satu Hukum Kepemimpinan Sejati yang perlu selalu Anda pelajari. Bagaimana Anda dapat mengukur tingkat pengaruh Anda dalam sebuah Organisasi, dan sejauh manakah Anda dapat mengembangkan Pengaruh tersebut agar Berdaya Guna bagi Kepemimpinan Anda?
Banyak sudah contoh Hukum Pengaruh di sekitar Anda, dimana banyak orang yang dengan kharisma, tutur kata, bahasa tubuh dan gerak geriknya mampu menggerakkan orang lain mengikuti apa yang diinginkannya. Keikutan seseorang terhadap orang lain, jika terjadi secara natural, maka hal itu menunjukkan Hukum Pengaruh seseorang terhadap orang lain. Berikut beberapa cara sederhana Anda meningkatkan Hukum Pengaruh diantaranya sebagai berikut:

1. Bina Hubungan dengan setiap Orang
Ketika Anda mendapati posisi dalam sebuah Organisasi sebagai Pimpinan Puncak, maka ini menjadi sebuah Kesempatan yang Besar untuk Anda mengembangkan Potensi Pengaruh dalam Kepemimpinan Anda. Kepemimpinan memang bukan Posisi atau Jabatan, namun jika Anda berada pada posisi tersebut, maka jadikan sebagai Kesempatan Emas untuk Membina Hubungan kepada setiap orang. Jalinlah Komunikasi dan tebarlah Hubungan dengan siapapun dalam Tim Anda. Anda tidak akan pernah tahu manakah dari mereka yang akan mengangkat Pengaruh Anda dalam Kepemimpinan.

pengaruh kepemimpinan2. Jadilah Pelayan kepada Orang Lain
Sudah merupakan Tabiat Manusia suka dan senang dilayani. Tidak terlepas seorang Bawahan pun tentu sangat mendambakan untuk dilayani dalam Profesinya, sekalipun dia banyak menghabiskan waktu kerja untuk melayani orang lain. Melayani orang lain tidak menjadikan Anda sebagai Pelayan Rendahan, namun justru membuka wawasan Anda dalam memandang orang lain dengan perspektif lainnya. Jadilah pelayan kepada siapapun dalam Tim Anda, dan dengan Memberikan Pelayanan yang baik, lambat laun Anda akan mengenal dan memahami masing-masing tabiat Tim Anda.

3. Buktikan dalam Tindakan Nyata
Sebagai Pemimpin, tidak lah Bijak jika Anda terlalu banyak Teori dan Konsep yang tidak jelas dalam Eksekusi atau Implementasinya. Sebagai Pemimpin Anda harus melakukan Tindakan Nyata untuk membuktikan Kapasitas dan Kapabilitas. Berdasarkan contoh nyata, Anda telah meyakinkan orang terkait dalam perusahaan Anda untuk makin giat dan semangat. Contoh langsung dari seorang Pemimpin adalah Bukti Nyata bahwa Pengaruh sangat krusial bagi Kepemimpinan Anda.

Pemimpin dan Kepemimpinan adalah Faktor Pengaruh yang sangat dominan. Pada saat Anda masih memimpin perusahaan, maka Hukum Pengaruh menjadi salah satu Prioritas yang perlu Anda tuntaskan. Jangan kehilangan Pengaruh dalam Kepemimpinan, karena tanpa Pengaruh tidak ada Pemimpin.  Kepemimpinan adalah pengaruh, tidak lebih dan tidak kurang.

ikhtisar.com

Leave a Reply