Sukses Menerapkan Blue Ocean Strategy secara Efektif bagi Perusahaan Anda

blue ocean strategyDunia Bisnis Modern saat ini telah berkembang pesat, dan yang terakhir adalah terciptanya Strategi Samudera Biru (Blue Ocean Strategy).  Strategi Samudera Biru merupakan penciptaan ruang pasar yang belum diketahui dan belum tersentuh, dengan cara membuat permintaan baru untuk pertama kalinya.  Menurut Kim dan Mauborgne, sebagai pelopor Strategi Samudera Biru, menyatakan bahwa Strategi Samudera Biru merupakan sebuah terbososan strategi perusahaan untuk keluar dari samudera merah (Red Ocean). Samudera Merah sendiri adalah istilah untuk menyebut “strategi konvensional” dimana sebagian besar perusahaan saat ini berkutat dalam kompetisi dengan strategi yang hampir sama.

Strategi sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah cara untuk mencapai tujuan organisasi. Walaupun demikian perlu dipahami bahwa pasar tidak akan pernah konstan dan selalu memiliki kelebihan-kelebihan khusus yang banyak dilupakan oleh para perusahaan yang berkompetisi di Samudera Merah.  Oleh karena itu, Strategi Samudera Biru membantu perusahaan Anda untuk menciptakan ruang pasar baru yang belum terdapat pesaing, membuat kompetisi menjadi tidak relevan, dan berfokus dalam rangka menumbuhkan permintaan dari pasar baru ini.  Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan inovasi nilai dalam perspektif Strategi Samudera Biru.

Kim dan Mauborgne melihat bahwa inovasi yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan tidak selalu inovasi teknologi tetapi berupa inovasi dengan tujuan peningkatan keuntungan konsumen yang disesuaikan dengan harga jual dan biaya.  Konsep dasar dari Strategi Samudera Biru adalah penciptaan inovasi nilai dimana inovasi yang dilakukan oleh perusahaan secara positif mempengaruhi struktur biaya dan tawaran nilai bagi pembeli. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghilangkan dan mengurangi faktor-faktor yang menjadi titik persaingan dalam industri.

Proses inovasi nilai dalam konsep Strategi Samudera Biru dapat dilakukan yaitu melalui peningkatan nilai bagi konsumen dengan cara menambah atau menciptakan elemen-elemen yang belum ditawarkan dalam industri yang ada. Hal ini akan berdampak kepada biaya yang dikeluarkan perusahaan, dimana biaya yang ditanggung oleh perusahaan akan mengalami penurunan seiring dengan peningkatan volume penjualan.

Secara global, sebelum Anda mendapatkan Blue Ocean Strategy bagi perusahaan, maka perlu dilakukan visualisasi terhadap Blue Ocean Strategy itu sendiri, dengan tahapan dan langkah sebagai berikut:

1.  Visual Awakening.  Dalam tahapan ini organisasi perlu melakukan komparasi bisnis dengan kompetitor dengan menggambarkan strategi kanvas. Melalui gambar tersebut perusahaan dapat melihat pada hal apa perlu dilakukan perubahaan atas strateginya

2.  Visual Exploration. Dalam tahap ini perusahaan akan melakukan eksplorasi terhadap Six Path dalam rangka menciptakan strategi samudera biru.   Perusahaan pada tahap ini juga akan melakukan observasi terhadap alternative-alternatif dari produk dan jasa yang memberikan keunggulan pembeda.  Setelah itu perusahaan akan melakukan analisis terhadap faktor-faktor apa saja yang perlu dieliminasi, diciptakan, atau dirubah.

3.  Visual Strategy Fair. Pada tahap ini perusahaan akan menggambarkan kanvas strategi yang baru berdasarkan hasil tahap sebelumnya.   Setelah itu perusahaan akan menilai apakah strategi baru yang diciptakan telah sesuai dengan kriteria strategi samudera biru.

Penerapan Strategi Samudera Biru dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi organisasi Anda saat ini, dan mengacu pada kondisi aktual di pasar.  Analisa dan Pemikiran mendalam akan mempermudah Anda melakukan percobaan untuk mendapatkan Strategi Samudera Biru bagi perusahaan.

Leave a Reply