Penentuan Kunci Sukses dalam Implementasi Strategi di Perusahaan Anda

Setiap Organisasi Bisnis tentu sangat ingin strategi mereka dapat dieksekusi dan dijalankan dengan baik, oleh semua level karyawannya.  Implementasi dan eksekusi adalah tahapan penting setelah Anda membuat rencana strategi yang matang, dan dalam membuat strategi hal utama yang perlu diingat adalah sederhana atau simple.  Sedikit perusahaan yang mampu menjalankan eksekusi strategi dengan baik dan berhasil.  Pada akhirnya improvisasi menjadi topik utama di level eksekutif perusahaan dalam menjalankan dan mengeksekusi strategi ini, sebelum berpikir membuat strategi yang canggih.

strategy executionImplementasi Strategi menjadi kunci utama dalam peningkatan performa bisnis (Improvement Business Performance) dan menjadi pertaruhan pula bagi para presiden direktur (CEO).  Karena itu tidak heran banyak perusahaan yang mencontoh keberhasilan perusahaan lain dalam perencanaan dan pelaksanaan sebuah strategi.  Kunci sukses strategi tidak hanya dalam pembuatan (planning) namun juga tergantung pada pelaksanaan (execution).

Berdasarkan hasil penelitian dari berbagai aspek terhadap pejabat perusahaan mulai level Owner, CEO, VP dan Manajer, didapatkan pembagian kategori dalam metode penilitian untuk penentuan kunci sukses implementasi strategi, yakni

1.  Formulasi Perencanaan, apakah ada proses yang telah dilakukan dan sejauh mana terlaksana?

Dalam formulasi perencanaan dipertanyakan tentang Strategi perusahaan saat ini apakah realistis atau terlalu mengawang, sehingga sulit dilaksanakan.  Kemudian berapa banyak eksekutif level yang mengerti prioritas strategi secara baik dan menyeluruh. Apakah organisasi telah menyusun proses perencanaan operasional dan lainnya.

2.  Efektivitas, apakah Strategi tersebut dapat terukur dan sejauh mana bekerja dengan baik?

Apakah perencanaan proses telah efektif dalam memenuhi keinginan dari dampak-dampak yang timbul.  Apakah seluruh karyawan mengerti dan memahami strategi perusahaan secara menyeluruh.  Apakah perencanaan strategi membutuhkan banyak perbaikan dan peningkatan atau justru telah mencakup seluruh aspek yang diperlukan.

3.  Rencana yang Realistik, apakah Strategi tersebut realistis dan dapat tercapai (achievable)?

Rencana Realistik mengartikan bahwa seluruh jajaran ekesekutif mengerti dan menyetujui akan prioritas strategi yang dicanangkan.  Selanjutnya strategi tersebut harus mampu menjawab tantangan kompetisi pasar yang ada.

Kunci sukses perencanaan dan implementasi strategi bergantung pada langkah awal pembuatannya, yang melibatkan dan memberdayakan seluruh jajaran eksekutif khususnya dan memberikan pengertian kepada seluruh karyawan.  Implementasi atau eksekusi adalah keberhasilan sebuah perusahaan dalam menjawabn kompetisi pasar.  Selanjutnya Anda akan diajak untuk membahas langkah-langkah kunci dalam mencapai keberhasilan eksekusi strategi (strategy execution).

ikhtisar.com

Leave a Reply