Inilah Cara Pendekatan Baru dan Menyenangkan dalam Pemecahan Masalah

mindmap sebagai solusi kreatifSalah satu keahlian utama yang penting dalam pekerjaan Anda adalah kemampuan mencari solusi cepat dan tepat serta akurat, penuh imajinatif dan kreativitas untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.  Kesulitan dan permasalahan terkadang muncul tiba-tiba, namun dapat pula dikarenakan akumulasi dari perilaku Anda selama bekerja.  Berikut cara kreatif mindmap karya Tony Buzan dalam mencari solusi kreatif dalam pekerjaan Anda. 

1.  Hindari Ketegangan Otak.

Otak Anda berisi milyaran sel, namun bukan berarti tidak terjadi ketegangan secara fisik.  Otak Anda pun perlu mendapatkan ketenangan dalam bekerja untuk menghasilkan ide kreatif dan inisiatif yang produktif.  Pergunakan cara mindmap dalam mencari solusi kreatif sehingga otak akan mendapatkan stimulus secara alamiah.

  1. Gambarkan Masalah Anda, dan bergerak maju mencari solusi yang ideal yang Anda inginkan.  Semisal adanya keluhan pelanggan, maka jadikanlah keluhan sebagai sentral masalah, dan Anda selanjutnya menggambarkan garis-garis yang terkait dengan keluhan tersebut.
  2. Gambarkan Solusi Anda, dan bergerak mundur mencari penyebab yang memunculkan masalah jika tidak dikerjakan.  Semisal Anda memilih pelanggan yang loyal sebagai solusi, selanjutnya gambarkan garis-garis yang berdampak dengan puasnya pelanggan pada produk Anda. 

2.  Jadikan Tantangan.

Masalah adalah proses yang akan Anda lalui dan pasti akan terjadi, cepat atau lambat.  Masalah selalu muncul dengan bentuk dan ukuran yang berbeda, bervariasi tingkat kesulitannya, mulai gangguan kecil yang terjadi disela proses atau gangguan besar yang mengancam eksistensi bisnis perusahaan Anda.  Sebagai seorang yang kreatif Anda akan menjadikan masalah sebagai tantangan yang harus dihadapi bukan dihindari.  Gunakan mindmap Anda dalam menemukan solusi masalah, meski munculnya setelah sekian tahun atau berkembang dalam jangka panjang.

  1. Proses yang terganggu dapat Anda diatasi dengan note kecil atau catatan kaki disetiap memo atau SOP yang disebarkan kepada seluruh lini karyawan.  Proses yang terganggu pun dapat diminimalisir dengan adanya self assesstment terhadap proses dan prosedur kerja secara berkala.
  2. Eksistensi yang terganggu, semisal munculnya kompetitor dengan modal kuat, dapat Anda atasi dengan berpikir kreatif mencari modifikasi dari produk layanan perusahaan Anda.  Sehingga banyak komponen yang akan membantu tumbuh kembang perusahaan Anda, tidak hanya bergantung pada satu atau dua produk dan jasa layanan. 

3.  Atasi Masalah Mendesak.

Masalah kecil atau besar, semua harus dihadapi.  Terlebih jika masalah muncul mendadak, dan mendesak untuk segera diselesaikan.  Langkah jitu Anda adalah sebagai berikut :

  1. Temukan segera beberapa solusi yang efektif, sehingga dapat menjadi perbendaharaan solusi yang diperlukan pada saat Anda turun langsung menyelesaikannya.
  2. Jaga reputasi organisasi Anda, karena dampak jangka panjang jauh lebih berharga daripada solusi jangka pendek.  Semisal adanya komplain pelanggan, sebaiknya berikan alternatif positif bagi reputasi perusahaan Anda, meski jelas kesalahan ada di pihak pelanggan.
  3. Empati dengan tim Anda, meski mereka mungkin telah melakukan kesalahan prosedur.
  4. Fokus pada masalah, agar tidak terjadi dikemudian hari
  5. Pertahankan Diri Anda.  Artinya kerja keras Anda selama ini jangan menjadi sia-sia karena Anda lari dari tanggung jawab atau menyerahkan solusi kepada tim Anda. 

Pemecahan masalah dengan menggunakan mindmap adalah cara kreatif yang menyenangkan untuk menstimulus otak.  Ketegangan otak justru memberatkan Anda untuk berpikir mencari solusi masalah yang datang.  Jadikan permainan bagi otak Anda dalam menyelesaikan masalah, maka solusi kreatif akan muncul di depan mata Anda.

Leave a Reply