Pemimpin dan Pengikut adalah Pasangan Abadi

Tidak ada satupun Pemimpin yang tidak memiliki Pengikut, dan sebaliknya tidak mungkin pula seorang Pengikut tidak memiliki Pemimpin.  Yang terjadi saat ini justru makin banyak Pengikut yang berganti-ganti Pemimpin atau pula Para Pemimpin yang mencari-cari Pengikut.  Hakikat Kepemimpinan sudah tidak lagi sebuah Anugerah yang Alami, bahkan sekarang cenderung menjadi sebuah Komoditi yang dapat dipelajari dan diperjual-belikan.  Sungguh ironi ketika Anda sebagai pemimpin perusahaan namun tidak mendapatkan Apresiasi dan Atensi dari para Bawahan dan Kolega Anda.  Sungguh tragis kiranya pada saat Anda memimpin Ribuan Buruh Pabrik dalam memperjuangkan hak-hak kemanusiaannya, namun mereka hanyalah orang-orang bayaran.

Pemimpin dan Pengikut adalah Pasangan yang tidak terpisahkan, dalam sebuah Struktur Organisasi Khususnya, baik Perusahaan Bisnis atau Organisasi Nirlaba.  Pemimpin wajib memiliki Pengaruh untuk meyakinkan Pengikutnya dan sebaliknya seorang Pengikut memerlukan figure yang dapat dijadikan Panutan dan Teladan dalam tindakannya.  Keberhasilan sebuah Organisasi tergantung Pengikut yang menjalankan seluruh Rencana Aksi (Action Plan).  Kepemimpinan yang baik adalah Pemimpin yang memiliki Pengikut yang Baik pula.  Sedemikian maka dapat disimpulkan bahwa Organisasi Efektif adalah Leadership + Followership.  Efektivitas Kepemimpinan akan dilihat sejauh mana Para Pengikut menjadikan Anda sebagai Pemimpin.

Ada 5 jenis Pengikut (Follower) menurut Rober E Kelley yang dapat dilihat dari dua sisi yakni “Berpikir Kritis” dan “Kontributif”.  Dimensi Pertama : Independent, Critical Thinking versus Dependent, Uncritical Thinking.  Individu yang berpikir secara sadar dampak dari perilaku setiap orang menapai tujuan Organisasi.  Sedangkan orang yang penuh Ketergantungan selalu menerima Ide Pemimpin tanpa berpikir dan Tidak mempertimbangkan Kontribusi terhadap Perusahaan.  Dimensi Kedua : active versus passive behavior.  Individu Aktif selalu berkontribusi bagi Organisasi sedangkan Individu Pasif akan membutuhkan Supervisi dan Pengawasan serta Dorongan yang konstan.

5 jenis Pengikut yang perlu Anda pahami dalam membangun Tim Kuat adalah sebagai berikut:

1.  Alienated, adalah Pengikut yang terasingkan karena masih memerlukan perhatian dan bimbingan.  Jenis Pengikut seperti ini terdapat pada Tim Baru Anda yang mungkin masih baru dalam Dunia Kerja Profesional.

2.  Conformist, adalah Pengikut yang Aktif namun tidak Berpikir Kritis, dan jenis Pengikut yang dapat menjadi Oportunis dalam Organisasi.

3.  Pragmatic Survivor, pengikut yang cenderung mencari selamat dalam setiap keadaan, dan mampu menyesuaikan pada kondisi apapun, yang utama bagi mereka adalah kepentingan Individu tidak dirugikan.

4.  Passive Follower, cenderung tidak memiliki inisiatif dan tanggung jawab sehingga melepaskan seluruhnya kepada Pemimpin mereka.  Pola Pikir mereka betul-betul menunjukkan semangat Pengikut Sejati dan “Siap Perintah”.

5.  Effective Follower, adalah contoh Pengikut yang sangat diharapkan karena Kontribusi Aktif dalam Tindakan dan Pemikiran terhadap Organisasi.  Jenis Pengikut ini dapat menjadi kader dalam pengembangan Organisasi Jangka Panjang.

Pengikut adalah Pasangan seorang Pemimpin, demikian pula sebaliknya. Pemimpin dan Pengikut adalah Pasangan Abadi yang tidak terpisahkan.  Kepemimpinan adalah Pengaruh dalam Pengikut dan setiap Aspek Pengikut akan berpengaruh pada Proses Kepemimpinan dalam Jangka Panjang.

ikhtisar.com

Leave a Reply