Pemasaran Pelanggan Lancar (Current Customer)

Sales and Marketing adalah Tonggak sebuah Perusahaan, dan Pelanggan adalah Sales dan Marketing.  Tanpa ada keduanya yaitu Pelanggan (Customers) dan Pemasaran (Marketing) maka tidak akan ada sebuah Organisasi Bisnis dibangun.  Penjualan yang berkualitas dalam sebuah Pemasaran lebih mudah ditemui melalui Pelanggan Setia atau Pelanggan Lama dibandingkan Pelanggan Baru walau membayar lebih banyak.  Pelanggan Lancar (Current Customer) merupakan sumber bisnis terbaik bagi Organisasi Anda.

Anda perlu berpikir bagaimana cara agar pelanggan dapat melakukan pembelian kembali terhadap produk Anda, sehingga kelangsungan jangka panjang perusahaan lebih terjamin dibandingkan selalu mencari pelanggan atau klien baru.

Beberapa cara yang mungkin dapat ditempuh dalam menarik kembali pelanggan lancar terhadap produk Anda diantaranya:

  1. Tempatkan Diri Anda sebagai Sumber Daya Tak Ternilai.  Berikanlah informasi kepada Pelanggan Anda mengenai Majalah, Seminar, Artikel yang relevan dengan kebutuhannya.  Setiap Anda berpikir cara pelanggan menghemat uang atau meningkatkan produktivitas, maka biarkan mereka tahu bahwa “Mereka tidak dapat melakukannya tanpa Anda”.
  2. Berikan secara GRATIS.  Setiap hubungan bisnis lanjutan yang terjadi Anda memberikan Pelanggan berupa Pelayanan Gratis atau Diskon lebih terhadap produk yang mereka beli.  Ini cukup membuat Kepuasaan yang berbeda bagi Pelanggan Anda.
  3. Berikan Pelanggan Arahan.  Pelanggan atau Rekanan Bisnis Anda sangat apresiatif dengan adanya arahan baru atau orang baru yang jadi rujukan.  Arahan yang Anda berikan mempertegas Nilai Anda kepada Pelanggan secara Nyata (Tangible)
  4. Jadikan Pelanggan Anda sebagai Bintang.  Dengan ijin mereka buatlah Testimoni sebagai ungkapan Terima Kasih Anda kepada mereka, dan tempatkan gambar mereka pada Ruang Usaha Bisnis Perusahaan atau Majalah Internal.
  5. Menjaga Visibilitas dengan Tulisan.  Kirimkan pelanggan Anda tentang berita atau artikel perusahaan atau lakukan penulisan tentang produk Anda pada industri lainnya yang kemungkinan pelanggan baca.
  6. Melihat dan Dilihat.  Pertahankan reputasi bisnis Anda agar semua lini organisasi berjalan baik.  Orang hanya akan melakukan bisnis dengan orang yang menurut mereka dapat dipercaya, mampu dan memiliki reputasi dan dedikasi sangat baik pada bidangnya.  Brand Image harus dipertahankan terlebih bagi Pelanggan Setia.
  7. Jangan Paksa Menjual.  Terkadang Anda berpendapat bahwa Pelanggan Setia akan selalu membeli produk yang dimiliki, namun ternyata banyak kekeliruan yang terjadi akhirnya.  Pelanggan Setia terkadang hanya memerlukan sebuah Pendapat atau Ide dan bahkan hanya ingin memberikan Kritik dan Saran.
  8. Tawarkan Keahlian Anda.  Ketika Pelanggan mendapatkan kesulitan terhadap sebuah produk atau ketidaktahuan mereka terhadap sebuah Layanan, maka sepantasnya Anda mengirimkan salah satu tenaga Lepas sebagai penasehat informal atau pendengar yang baik.  Pelayanan ini akan menambah rasa yakin dan percaya mereka kepada Anda dan Organisasi.
  9. Promosi pada Saat Khusus.  Berikan sentuhan Pribadi pada Pelanggan Anda seperti Hari Ulang Tahun atau Hari Buruh dan lainnya.  Sentuhan pribadi ini cukup mengena dalam mempertahankan Pelanggan Setia untuk kembali.
  10. Perluas Produk dan Layanan.  Ketika Pelanggan mulai menunjukkan kesetiaan maka lengkapi kebutuhan mereka dengan bentuk Layanan atau Produk lainnya.  Pelanggan tidak akan berpindah ke lain hati ketika Anda selalu berada bersama mereka.

Kompetisi yang makin Agresif tidak mungkin terus dilakukan dengan mengakuisisi Klien dan Pelanggan Baru.  Customer Relationship sudah menjadi Hukum Wajib dalam Pengembangan dan Pertumbuhan Organisasi.  Pemasaran melalui Pelanggan yang ada dapat menambah kuat perkembangan Brand Image dan pertumbuhan Bisnis.

Leave a Reply