Pelajaran Kunci dari Apprentice tentang Pengembangan Karir

Pelajaran Kunci dari Apprentice tentang Pengembangan Karir
Pelajaran Kunci dari Apprentice tentang Pengembangan Karir

Siapa yang tidak mengenal Reality Show The Apprentice, sebuah acara dimana setiap Kandidat akan dihadapkan dengan Tantangan dalam berbagai Business Tasks.  Satu per satu Kandidat akan berguguran dan satu pemenang menjadi The Apprentice yang memperoleh Hadiah ¼ Juta Dollar yang dapat menjadi Investasi Bisnis dan sebuah Kesempatan bermitra dengan Pengusaha Besar.  Acara ini mendidik banyak Ketrampilan dalam Bisnis seperti Kepemimpinan, Organisasi, Kecerdasan Finansial, Pemasaran, Negosiasi dan lainnya.  Walaupun sebuah Acara dengan Skenario Televisi namun Kesan Bertahan Hidup cukup memberi Anda Pelajaran tentang Do and Don’t bagi Pengembangan Karir Profesional Anda.

# Pertama, Don’t be Overconfident (Jangan Terlalu Percaya Diri)

Pelajaran pertama yakni Jangan Terlalu Percaya Diri, walau banyak Orang Sukses dalam Karir mereka namun tidak menunjukkan Sikap yang Percaya Diri, namun Terlalu Percaya Diri akan cukup merugikan Anda.  Apa yang dapat Anda pelajari dari Acara ini adalah Orang Sukses memiliki Sikap Percaya Diri dan Keyakinan tentang Diri Mereka, Tanpa menjadi Sombong dan Batas antara Percaya Diri dengan Sombong sangatlah Tipis.

# Kedua, Be a Team Player (Jadi Pemain Tim)

Sukses dalam Karir hampir selalu bergantung pada Kemampuan Anda menjadi Pemain yang Efektif.  Terkadang Anda menjadi Pemimpin dalam sebuah Program dan Terkadang menjadi Pemain Latar yang mengatur dari Belakang.  Ketegangan terjadi pada saat masing-masing Kandidat tidak menyadari Peran dan berusaha selalu tampil menjadi Terdepan dalam Program.  Pemain Tim Efektif selalu mengikuti posisi dan tanggung jawabnya dan mengedepankan Tujuan Tim diatas Keinginan Individu.

# Ketiga, Pull Your Weight (Ambil Tanggung Jawab)

Mengambil Beban Tanggung Jawab adalah salah satu Kunci Sukses dalam sebuah Karir.  The Apprentice mengajarkan bagaimana Anda memposisikan Diri dan Berkontribusi secara Efektif kepada Keberhasilan Tim.  Kunci Sukses adalah Berani Mengambil Risiko dan Tanggung Jawab untuk mendapatkan Perhatian terhadap Masukan Tim.

# Keempat, Be Likeable (Jadilah Orang yang Menyenangkan)

Menjadi Orang yang Menyenangkan dalam sebuah Tim menunjukkan Anda mendapat Tempat dihati Rekan Kerja atau Orang lain.  Orang yang mendapatkan Promosi Jabatan tentu umumnya disukai lainnya.  Sikap saling menjatuhkan sesama memberikan Aura Negatif dalam Organisasi sedangkan Saling Membantu, Bersikap Ramah dan Saling Tertarik satu dan lainnya Sangat Krusial bagi Perkembangan Organisasi.

# Kelima, Speak Up (Bicaralah)

Ketika Anda melihat sesuatu yang akan mengarah pada Kegagalan atau ada sesuatu yang dapat Dilakukan Lebih Baik, maka Katakanlah kepada Tim Anda.  Jangan Berdiam Diri dan Menonton Kegagalan serta Menyalahkan dikemudian hari.  Pastikan Anda memberikan Ide Terbaik dan menerima Kondisi apapun pada saat Tim memutuskan Cara lainnya.  Sangat Penting berperan ketika masih ada Kesempatan mempengaruhi Hasil yang Lebih Baik.  Namun jika Anda tidak bisa meyakinkan anggota Tim lainnya tentang Ide Bagus Anda, dan Anda merasa Kalah, maka Tetaplah menjadi Pemain Tim yang Efektif.

# Keenam, Don’t Forget The Task at Hand (Jangan Lupa Tugas di Tangan)

Kandidat yang sukses selalu ingat dengan Tanggung Jawab di tangannya.  Tujuan Tim selalu menjadi Garis Depan Kerja mereka. Kandidat yang gagal akan mencuri Perhatian dan Menonjolkan Diri sendiri dengan Sikap Kontra Produktif. Tim yang berpikiran Sama akan Tujuan selalu mencapai Hasil lebih baik daripada lainnya.

# Ketujuh, Don’t Lie (Jangan Berbohong)

Kreatif dalam Promosi Diri Sendiri sangat Tipis Perbedaannya dengan Bohong.  Kejujuran adalah Kebijakan Terbaik walau perlu sedikit usaha, karena satu atau dua pernyataan cukup mengungkap kebenaran.

ikhtisar.com

Leave a Reply