Path-Goal Theory, Menemukan Gaya Kepemimpinan terbaik Anda

path goal theory untuk menemukan gaya kepemimpinanTanpa dasar kepemimpinan, tentu sulit bagi siapapun untuk membangun sukses secara kelompok atau tim. Semakin besar sebuah organisasi, maka akan semakin besar pula kepemimpinan diperlukan. Itulah mengapa setiap bangsa yang besar adalah bangsa yang mempunyai pemimpin yang kuat dan tangguh. Anda tentu sangat paham bahwa sebuah organisasi akan baik manakala pemimpinnya pun baik, demikian pula sebaliknya, jika kepemimpinan dalam struktur organisasi tidak berjalan baik, maka arah dan tujuan organisasi akan menjurus pada kerusakan dan kehancuran.

Pemimpin tidak hanya harus baik, namun juga harus benar, dan mempunyai kompetensi dalam mengelola orang. Semakin handal dia mengelola orang-orang, dari berbagai latar belakang dan kemampuan, maka akan semakin tangguh pula kepemimpinannya. Tidak perlu disebutkan berapa banyak tokoh-tokoh dunia yang dapat dijadikan teladan pemimpin yang handal, tangguh dan kuat, sekaligus baik dan benar.

Mengutip dari mindtools.com, dimana ada sebuah teori yang disebut Path-Goal Theory mengajarkan Anda untuk menemukan bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan benar serta memenuhi berbagai kriteria yang selaras dengan pribadi Anda dan orang-orang yang dipimpin.

Bayangkan bahwa Anda mendapatkan sebuah proyek besar untuk tim baru Anda dan ada beberapa orang yang sangat berbakat dalam tim, namun Anda pernah bekerja dengan mereka di masa lalu, dan itu bukan pengalaman yang menyenangkan. Anda merasa bahwa cara terbaik mengelola tim ahli adalah dengan menetapkan tujuan, dan kemudian membiarkan anggota tim mengetahui bagaimana cara mereka berhasil. Anda tidak ingin mengganggu apa dilakukan, sehingga jarang terjadi komunikasi individu atau kelompok.

Ketika berpikir tentang cara terbaik untuk memimpin sebuah tim, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor yang berbeda, dan tentunya akan sangat mudah memilih pendekatan yang salah. Ketika hal ini terjadi, maka Moral, Efektivitas, dan Produktivitas akan memburuk.

Teori Path-Goal membantu Anda mengidentifikasi pendekatan yang efektif dalam kepemimpinan, berdasarkan apa yang orang-orang Anda inginkan dan situasi Anda saat ini.

Path-Goal Theory

Seorang Psikolog, Robert House, mengutarakan mengenai Teori Path-Goal pada tahun 1971. Dimana kemudian diperbaharui pada artikel tahun 1996 di Leadership Quarterly. Teori ini berbicara mengenai kepuasan, motivasi dan performa subordinat tim. Menurut Path-Goal Theory, bahwa setiap kepemimpinan mempunyai tanggung jawab, yakni membantu anggotanya mencapai tujuan (goal), mendukung dan memotivasi mereka. Sebagai seorang pemimpin Anda dapat melakukannya dengan cara berikut :

  1. Membantu Tim mengidentifikasikan dan menggapai tujuan
  2. Membersihkan hambatan dan halangan sehingga kinerja tim akan meningkat
  3. Menawarkan apresiasi dan imbalan yang sesuai dengan pencapaian

Dengan tanggungjawab tersebut maka Anda dapat memilih dan menyesuaikan kriteria kepemimpinan yang dipergunakan dalam mengelola tim.

1.  Supportive Leadership

Kepemimpinan Supportif – Anda berfokus pada hubungan personal dengan tim. Anda menunjukkan kepekaan terhadap kebutuhan anggota tim individu, dan Anda mempertimbangkan ketertarikan terbesar anggota tim Anda. Gaya kepemimpinan seperti ini adalah yang terbaik manakala diperuntukkan bagi tugas-tugas yang berulang atau penuh tekanan.

2.  Directive Leadership

Kepemimpinan Direktif – Anda berkomunikasi pada subordinat langsung berbicara mengenai tujuan dan harapan, dan Anda memberikan tugas yang jelas. Gaya ini bekerja paling baik bila tugas atau proyek yang tidak terstruktur, atau ketika tugas yang kompleks dan anggota tim yang kurang berpengalaman.

3.  Participative Leadership

Kepemimpinan Partisipatif – Kepemimpinan dimana Anda fokus pada partisipasi bersama setiap anggota. Anda berkonsultasi dengan kelompok Anda, dan Anda mempertimbangkan ide-ide dan keahlian mereka sebelum membuat keputusan. Pendekatan ini bekerja paling baik bila anggota tim Anda berpengalaman, ketika tugas yang kompleks dan menantang, dan ketika anggota tim Anda ingin memberikan masukan mereka.

4.  Achievement-Oriented Leadership

Kepemimpinan Berorientasi Prestasi – Di sini, Anda menetapkan tujuan yang menantang untuk tim Anda. Anda memiliki keyakinan pada kemampuan tim, sehingga Anda mengharapkan tim Anda untuk melakukan dengan baik, dan Anda mempertahankan standar yang tinggi untuk semua orang. Gaya ini bekerja paling baik bila anggota tim kurang termotivasi atau kurang tertantang dalam pekerjaan mereka.

2 thoughts on “Path-Goal Theory, Menemukan Gaya Kepemimpinan terbaik Anda

  1. kasiono June 4, 2015 at 8:39 PM

    Baik gan

  2. kasiono June 4, 2015 at 9:38 PM

    Makasih gan

Leave a Reply