Pastikan Budaya Perusahaan Pilihan Anda

Sebelum Anda menetapkan berpindah Jalur dan Karir Kerja tentunya banyak harapan yang menjadi tumpuan dipundak Anda.  Banyak harapan tidak hanya dari diri pribadi Anda namun juga dari orang-orang disekitar Anda, seperti Pasangan, Orang Tua, Saudara dan Rekanan atau Kolega.  Anda sangat berkeinginan untuk lebih maju dari semua sisi, seperti Posisi, Jabatan, Karir, Benefit and Compensation, Retired and Pension Plan, dan lainnya.

Anda perlu mengerti bahwa Budaya Perusahaan merupakan Tatanan Kuat dan Kokohnya berdiri sebuah Organisasi dalam Jangka Panjang.  Sehingga tidak salah sebelum memutuskan berpindah jalur dalam pekerjaan, ada baiknya Selidiki dan Pelajari Budaya Perusahaan tujuan Anda.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebelum bergabung dalam Industri atau Organisasi baru yakni dengan mencoba mendapatkan informasi berikut dari orang-orang yang telah bergabung sebelumnya, seperti:

  • Apakah yang membuat Anda Excited dalam Bekerja?
  • Apakah yang membuat Anda bangga dalam Bekerja?
  • Siapakah Teman dekat Anda?
  • Bagaimana Fungsi Kerja Anda saat ini?

Melalui beberapa pertanyaan tersebut Anda dapat memproyeksikan sejauh mana Budaya Perusahaan ini cocok dengan Pribadi dan Perilaku Anda bekerja nantinya.  Sebelum memutuskan pekerjaan baru, ada 3 pertimbangan yang bisa dipakai untuk membimbing Anda:

1.  Apakah yang Anda harus Pelajari? (What Should I Learn)

Memahami tujuan organisasi, bukan hanya tentang apa yang dilakukan perusahaan, tetapi juga Bagaimana Perusahaan mengambil Keputusan dan bisa membuat Bangga karyawannya. Pelajari bagaimana organisasi melakukan operasionalnya. Hal ini sangat berpengaruh kepada kinerja Anda nantinya, seperti mengetahui Kekuatan Tim Perusahaan, Kualitas SDM nya, Bagaimana cara mereka Berkomunikasi dan Masalah Etika. Untuk masalah etika, tidak ada standard mutlak apa yang terbaik dalam budaya organisasi. Tujuan yang berbeda dan struktur organisasi menentukan sisi menarik dari perusahaan tidak sama. Yang terpenting, dengan mengetahui  budaya organisasi, kita menjadi tahu apa yang dibutuhkan perusahaan dari kemampuan kita.

2. Bagaimana Anda harus Belajar? (How Should I Learn)

Baca semua hal yang bisa Anda temukan tentang Organisasi tersebut, sebaiknya Anda menyertakan sisi kritis ketika membacanya. Lembaga memiliki visi formal, yang sering disebut sebagai topik budaya perusahaan. Saat fase wawancara, sebenarnya Anda mempunyai peluang untuk mengetahui budaya orang-orang dalam berorganisasi. Namun hal itu belum bisa menjadi tolak ukur, karena pengalaman bekerja tiap-tiap orang berbeda, dan mempengaruhi tindak tanduknya.  Setidaknya dengan melalui beberapa tahapan Wawancara Anda dapat memiliki Gambaran Singkat tentang Budaya Perusahaan.

3. Dimanakah Anda harus Belajar? (When Should I Learn)

Tentunya sulit untuk belajar tentang Budaya Perusahaan pada tahap awal pencarian Anda. Tapi kesan pada saat Anda wawancara bisa menjadi awal pengenalan organisasi baru tersebut. Budaya kerja merupakan masa depan perusahaan itu sendiri, sehingga Anda mempunyai tugas belajar lebih cepat untuk mengetahui tentang organisasi, apa saja perspektif atau acuan atasan Anda dan cari tahu cara agar dapat berhasil di sana. Seharusnya budaya ini dapat menjadi pencerahan  yang positif bagi sinergi perusahaan. Keputusan Anda dalam memilih Tempat Kerja Baru bukan semata karena Keuntungan Materi semata namun berorientasi Jangka Panjang yaitu Karir dan Passion Hidup Anda.

Leave a Reply