Nasihat Jack Welch bagi Lulusan Perguruan Tinggi dalam mencari Pekerjaan

nasihat bagi lulusan baruDengan semangat yang menggebu-gebu berbekal ijazah perguruan tinggi favorit, tentu banyak para muda yang bersedia menerima banyak tantangan dalam pekerjaannya.  Rasa percaya diri tinggi dan semangat muda membawa perasaan pantang menyerah dalam bekerja.  Namun demikian Jack Welch memberikan masukan kepada para muda yang ingin bertahan lama dalam pekerjaannya, sehingga tidak mengambil langkah emosional dan gegabah dalam keputusannya.

1. Selalu Memberikan Hasil Lebih daripada yang Diminta.

Sebagai karyawan baru dan dengan semangat yang bergelora tidak ada salahnya Anda memberikan hasil kerja jauh lebih dari ekspektasi atasan.  Misalkan Anda diminta membuat laporan bulanan, maka Anda berikan hasil berupa laporan bulanan dan analisa.  Sekedar memenuhi permintaan atasan tidak cukup untuk Anda menunjukkan performa dan kinerja gemilang.  Pemenuhan hasil kerja sesuai permintaan adalah bentuk lain dari konfirmasi, dimana atasan Anda telah mengetahuinya.  Berikan hasil sudut pandang Anda tentang pekerjaan sehingga menambah wawasan atasan dan membuat Anda dinilai lebih dari sekedar memenuhi tugas dan kewajiban.  Sebagai orang baru Anda perlu promosikan sesuatu tentang kemampuan Anda, dan promosi adalah sesuatu yang diberikan tanpa diminta.

2. Selalu Mengembangkan Sikap Positif.

Bersikap positif adalah keharusan bagi Anda sebagai pendatang baru dalam sebuah organisasi perusahaan.  Tampilkan sikap ceria dan murah senyum, ringan tangan dan bergaul dengan orang lain.  Tidak ada orang yang mau berinteraksi dengan Anda jika bermuka muram sepanjang hari. Jack Welch mengingatkan bahwa masalah personal seharusnya tidak dibawa ke tempat kerja. Hal itu hanya akan menjadi pembunuh karir Anda. Bekerja dengan pikiran dan perilaku yang positif akan membantu perusahaan dan diri Anda sendiri.

3. Selalu bersikap Personal jika terkait dengan Ambisi.

Tidak salah Anda berambisi, namun jangan terlalu diperlihatkan kepada semua orang, sampai tampak jelas dari tutur kata, sikap dan perilaku kerja Anda sehari-hari.  Bersikaplah sederhana, dengan tujuan utama target tercapai.  Silakan Anda berambisi, namun lakukan dengan strategi secara personal, tidak perlu diumbar berlebihan dan diketahui banyak orang lain. Jangan sampai karena ambisi Anda, target yang hampir tercapai lepas karena terlalu terbukanya Anda dengan semua orang.

Leave a Reply