Nama Besar sebuah Perusahaan dalam Visi dan Misi

Bekerja merupakan suatu keasyikan tersendiri ketika Anda telah menemukan Chemistry-nya, baik berupa rekan dan teman kerja, suasana kerja, ruangan kerja, prosedur dan aturan kerja dan pastinya Kesejahteraan dan Kepastian Kerja.  Yang terakhir adalah puncak dari harapan setiap individu bersedia menghabiskan waktunya 24/7 dalam bekerja.

Menemukan Chemistry dalam sebuah perusahaan bukanlah perkara mudah namun juga bukan merupakan sebuah pekerjaan mencari jarum dalam jerami.  Anda dapat menilai setidaknya dari luar tentang sebuah perusahaan akankah memiliki keinginan untuk Tumbuh Berkesinambungan (Sustainable Growth) atau hanya sekedar pelengkap pasar yang ada.

Mencermati hal ini Anda perlu tahu setidaknya Visi dan Misi sebuah perusahaan sebelum memutuskan untuk bergabung dan ber-karir disana.  Visi dan Misi ini dapat menjadi salah satu cerminan Budaya Perusahaan yang telah menjadi Tatanan Kerja mereka dalam membangun Organisasinya.

Misi – Mision

Pengertian Misi (Mision) dapat dideskripsikan sebagai pertanyaan berikut:

Why We are Exist – Kenapa Sebuah Perusahaan (harus) Ada..?

Reason for Being – Alasan Keberadaan sebuah Perusahaan..?

What Business We are IN – Bisnis yang tengah Dijalankan sebuah Perusahaan..? 

Misi merupakan sebuah Pernyataan Keinginan mendalam pendiri perusahaan tentang Organisasi (Bisnis) nya bagi Masyarakat sekitar, baik pasar atau sosial ekonomi lainnya.

Berikut beberapa Pernyataan Misi dari Perusahaan-perusahaan Besar Dunia dan Perusahaan Besar Indonesia yang Anda kenal, diantaranya:

3M: “To solve unsolved problems innovatively”

Mary Kay Cosmetics: “ To  give unlimited opportunity to   women”

McKinsey & Company: “To help leading corporations  and governments to be more successful”

Merck: To preserve and improve human life”

Wall-mart: “To give ordinary folk the chance to buy the same things as rich people

Walt Disney: ”To make people happy”

Adira Finance: “Brings Tomorrow Today to The Nation”

Telkom Indonesia: ” Menjadi Model pengelolaan Korporasi terbaik di Indonesia”

Visi – Vision

Selanjutnya setelah menetapkan Misi, sebuah Perusahaan akan membuat Perencanaan Masa Depan mereka dalam bentuk Visi (Vision).  Secara Harfiah Visi adalah Penglihatan atau Pandangan yang mencerminkan Harapan dan Cita-cita Masa Depan. Visi dalam bentuk pernyataan dapat digambarkan sebagai berikut:

Future Wanted State – Masa Depan yang Diinginkan

The State We Believe – Apa yang Dipercaya akan datang

Berikut beberapa Contoh Visi Perusahaan Besar Dunia:

Boeing: “Become the dominant player in commercial aircraft and bring the world into jet age” (1950)

Sony: “Become the company most known for changing the worldwide poor-quality image of Japanese products (1950)

Citibank: “Become the most powerful, the most serviceable, the most far-reaching world financial institution that has ever been” (1915)

PepsiCo: “We will be an outstanding company by exceeding customer expectations through empowered people, guided by shared values”

Karakteristik Visi Yang Efektif

Visi sebuah Perusahaan akan efektif bila dapat dicerna dengan bahasa yang mudah dan gamblang.  Visi bukan merupakan Rangkaian Perencanaan Strategis (Strategic Planning) yang Komprehensif dan Detail. Karakteristik Visi yang Efektif adalah:

1.       Dapat Terbayangkan –> Bagaimana Keadaan Masa Depan

Tidak sulit bagi Anda untuk menerawang mengenai Kondisi sebuah Perusahaan dalam Jangka Panjang 5 atau 10 tahun mendatang berdasarkan kinerja pada saat ini.

2.       Diinginkan –> Visi menarik Kepentingan Jangka Panjang; Pihak Berkepentingan

Visi adalah sesuatu yang cukup menarik untuk diperjuangkan baik bagi pemilik organisasi maupun pihak-pihak yang terkait.

3.       Layak –> Tujuan yang Realistik

Sesuatu yang layak karena bersifat Realistis dan Terjangkau adalah Visi yang efektif serta merta bukan sekedar Mimpi Siang Bolong, namun merupakan Keyakinan dan Kesungguhan Hati dalam mencapainya.

4.       Fleksibel ® Visi cukup Jelas untuk memberikan Panduan – Pengambil Keputusan

Visi mudah untuk dijelaskan bagi berbagai pihak, karena fleksibelitasnya dalam Pengertian, Maksud dan Tujuan.

5.       Dapat di-Komunikasi-kan –> Visi mudah dikomunikasikan – Kurang dari 5 menit

Tingkat Fleksibilitas ini akan memberikan ruang komunikasi yang cukup bagi berbagai pihak dalam memperjuangkan Visi yang layak tersebut.

Fungsi Visi

Dibuatnya Visi sebuah Perusahaan bukan semata Rangkaian Kata-kata Penyemangat,Slogan atau Propaganda, melainkan sebuah Alat yang dapat berdaya guna bagi bermacam level individu organisasi mewujudkan Tumbuh Kembang Individu dan Kelompok.  Visi dalam sebuah Perusahaan bertujuan untuk:

  1. Memperjelas Arah Perubahan yang Dituju
  2. Memotivasi orang Mengambil Tindakan ke Arah yang Benar
  3. Membantu Mengkoordinasikan Tindakan berbagai Orang yang Berbeda

Pelajari dan Pahami Visi Misi sebuah Perusahaan, maka Anda akan melihat apakah ini termasuk Perusahaan Besar atau sekedar Pelengkap Kebutuhan Pasar Belaka.  Apakah Perusahaan ini layak menjadi Ladang Karir Anda Bekerja dan menjadikannya Rumah Kedua yang Nyaman dan Prospektif.  Anda akan merasakan sebuah Chemistry ketika membaca dan memahami Visi Misi sebuah Perusahaan dan dapat menilai Nama Besarnya.

Leave a Reply