Belajar dari Sikap Murah Hati Sang Penguasa Daratan Hongkong

LI KA SHINGSuatu waktu perusahaan tempatnya bekerja mengumumkan bahwa Bonus Tahunan akan diberikan kepada Tenaga Pemasaran berdasarkan Penjualan masing-masing.  Pada akhir tahun Li Ka Shing berhasil meraih angka yang sangat spektakuler dimana angka tersebut adalah tujuh kali lipat dari Pemasar terdekat dibawahnya.  Jika Perusahaan harus membayar Bonus, maka penghasilan Li Ka Shing akan lebih besar daripada Bonus GM nya.  Salesman yang lain sudah pasti akan iri, sehingga Li Ka Shing meminta atasannya membayar Bonus sesuai dengan Bonus Salesman Terbaik Kedua dibawahnya.  Sungguh sebuah Perilaku dan Karakter yang Murah Hati.  Pada akhirnya semua orang merasa senang dan setahun kemudian Li Ka Shing dipromosikan sebagai Manajer.

Berasal dari Cina Daratan yang berpindah ke Hongkong karena pergolakan Politik, demi kebutuhan Hidup Keluarga, Li Ka Shing keluar sekolah untuk bekerja pada sebuah perusahaan penjualan barang-barang plastik.  Selama bertahun-tahun Li bekerja sebagai Salesman dan pada tahun 1950 dengan dana pinjaman Keluarga dan Temannya, mendirikan Pabrik Plastik sendiri.  Mempekerjakan orang terbaik dalam bidangnya dan mendatangkan alat baru serta persiapan berminggu-minggu, Li berhasil melejitkan bisnisnya dengan mampu memberikan kesan mendalam bagi pembeli dari Luar Negri.  Pesanan Partai besar pun akhirnya berdatangan.

Tahun 1958 Li, membeli Lahan Sewa Pabrik yang telah ditempatinya selama 8 tahun, dan sejak saat itulah mulai berpikir untuk merambah pada Bisnis Property dan Real Estate.  Sejak kerusuhan melanda Hongkong, banyak orang yang meninggalkan Pulau tersebut, berakibat harga Properti jatuh.  Li melihat ini sebagai sebuah Kesempatan dan Yakin bahwa pergolakan Politik akan segera berakhir.  Dan terbukti pada tahun 1980-an Li Ka Shing sudah menjadi Tuan Tanah Terbesar di Hongkong.

Li selalu berpikir jauh ke depan dengan ekspansi pada Perusahaan Inggris, sebuah perusahaan pengapalan, dan juga mengambil alih saham Hongkong Electric Holdings dan mulai melakukan ekspansi ke Luar Negri, seperti Investasi pada Bank Komersial Kanada.  Juga membangun Bisnis Telekomunikasi melalui perusahaannya Hutchison Telecommunications dan membantu pengembangan produk Apple, melalui aplikasi iPhone.

Sebagian besar orang Hongkong menganggap Li Ka Shing sebagai Superman yang sanggup melihat Peluang dan Tajam dalam Negosiasi. Besarnya Usaha Li, karena ekspansi terus menerus dan kepemilikan saham dari berbagai Bidang Usaha.  Namun tak lupa Li juga sering berbagi kepada masyarakat dengan mendirikan Shantou University di China Daratan, Donasi pada Penelitian Kanker di Inggris, Sponsor Perpustakaan di Singapore Management University, Hibah bagi Fakultas Kedokteran University of Hongkong dan masih banyak lagi.

Kemurahan Li Ka Shing tercermin sejak masih muda, walau Ambisi Bisnis, Pencapaian dan Kekayaannya sangat luar biasa.  Semakin bergelimang dengan Kekayaan, Li Ka Shing terus menerus banyak memberi.  Dia menandaskan bahwa, “Dengan Kekayaan yang telah saya miliki, maka saya tidak membutuhkannya lagi, namun dengan membantu banyak orang, masyarakat dan negara, saya akan lebih dari sekedar Senang jika bisa melakukannya.”

Pelajaran Motivasi yang dapat Anda dapatkan dari Karakter serta Perilaku Li Ka Shing, diantaranya adalah:

1.  Kemurahan Hati untuk selalu Berbagi, walau Aktivitas Bisnis sangat Banyak dan Besar.

2.  Kekayaan bukan segalanya yang Menyenangkan Hati, namun Kebahagiaan orang lain akan membawa Kekayaan.

3.  Peduli kepada Tim dengan Tidak mementingkan Performa Pribadi atau Individu

4.  Kebersamaan Tim jauh lebih penting daripada Pencapaian Pribadi.

Motivasi Diri dari Li Ka Shing yang Murah Hati ini, sangat memberikan Anda pandangan bahwa Bisnis tidak selalu mencari Keuntungan Pribadi, namun mampu membangun Kekeluargaan dan Kebersamaan yang Kuat dalam sebuah Kelompok

Leave a Reply