Tahukah Anda Motivasi Kerja Terdalam Karyawan

Mungkin Anda berpikir bahwa PENGHASILAN besar, dan bahkan ancaman PHK sebagai cara ampuh dan efektif mengembangkan potensi SDM dalam pekerjaan.  Reward dan Punishment seolah menjadi pembenaran membuat orang produktif bekerja.  Namun apakah Anda pernah sadar bahwa manusia mempunyai sisi emosional.  Sisi psikologis ini terkadang menjadi eksploitasi berlebih.  Tahukah Anda motivasi kerja terdalam karyawan Anda saat ini?  Cobalah melakukan studi singkat mengenai keinginan terdalam mereka dalam berkarya.

Ibarat seekor Kuda yang dikendarai dengan umpan di muka mereka dan cambuk di belakang nya.  Jika Anda sebagai pemimpin perusahaan dengan banyak orang, maka segeralah berpikir ulang menggunakan cara kuno tersebut. 

Semakin banyaknya generasi Y dan Z saat ini, maka tingkat KREATIVITAS mereka sangat tinggi dan pola kerja sangat dinamis.  Pola Pengembangan Karir seseorang perlu pendekatan baru yang cerdas.  Pada periode manajemen sebelumnya selalu IDENTIK dengan namanya seleksi alam, yang kuat yang bertahan. Cara ini menjadi salah satu pemicu setiap individu akan berusaha menyelamatkan dirinya tanpa harus membuang waktu membantu rekan kerja.

Dan pada saat itu, dapat Anda tengarai bahwa manajemen mengabaikan FAKTA akan keinginan orang membantu orang lain adalah MOTIVASI dalam peningkatan performa kerja.

Motivasi kerja terdalam karyawan
Motivasi kerja terdalam karyawan

Geoffrey James, seorang Ahli Sales Management, sebagaimana dipaparkan inc.com, menjelaskan dalam setiap wawancara calon karyawan dia memulai pertanyaan, “Apa yang paling kamu sukai dari pekerjaanmu?”.

Pertanyaannya sederhana namun dapat mengungkap hampir keseluruhan POTENSI dan SUMBER DAYA calon karyawan Anda.  Pertanyaan ini akan menggiring sejauh mana Anda melihat motivasi mereka pada pekerjaan.

Pengembangan karir seseorang harus menjadi hal mendalam dianalisa, khususnya bagi seorang pemimpin perusahaan.  Seseorang bekerja tidak melulu karena uang, meski diawalnya memang IYA.  Setelah beberapa waktu mereka akan berpikir naik posisi, bisa menempati jabatan, pangkat atau golongan tertentu.

Menurutnya, kandidat-kandidat yang sukses dalam pekerjaan secara umum akan menjawab bahwa yang mereka sukai adalah KESEMPATAN untuk membantu orang lain atau menjadi pribadi yang berguna.

Tidak hanya KONSUMEN, tetapi juga REKAN KERJA di perusahaan dan organisasi. Pengembangan karir secara mumpuni bagi mereka adalah AKTUALISASI bersama Tim dan Organisasi, terlepas dari misi pribadi.

Karyawan sukses mencari KESEMPATAN untuk membantu orang lain atau menjadi PRIBADI yang berguna

Kesimpulannya, dengan Anda berfokus untuk membantu orang lain daripada mementingkan diri sendiri, Anda akan mendapatkan motivasi yang sangat kuat. Motivasi kerja terdalam tersebut membebaskan KREATIVITAS dan ENERGI dalam menghadapi MASALAH.  Permasalahan bisa diatasi dengan lebih sabar dan empati.

Jika Anda dapat mengaplikasikan hal tersebut, maka dunia kerja yang Anda bangun bukanlah dunia omong kosong karena akan terbangun semangat saling membantu maju bersama.

Leave a Reply