Cara Membentuk Motivasi Kerja Karyawan Baru

Membentuk motivasi kerja karyawan baru
Membentuk motivasi kerja karyawan baru

Cara membentuk motivasi kerja karyawan baru di Indonesia cukup terkait dengan adat dan budaya timur. Budaya yang penuh dengan nilai kekeluargaan dan semangat kedekatan secara personal.

Hal ini bagi banyak perusahaan menjadi cara  memberikan motivasi kerja karyawan baru.  Perkembangan EKONOMI dan TEKNOLOGI yang pesat, banyak memberi perubahan budaya, seperti INDIVIDUALISME, EGOSENTRIS atau AROGANISME. Namun demikian hubungan kekeluargaan masih jadi primadona bagi lulusan perguruan tinggi dalam mencari kerja.

Sebagai pemimpin perusahaan perlu TRIK dan TIPS khusus bagaimana motivasi kerja karyawan baru ini dapat terbangun dan terbentuk.

Cara memotivasi kerja kepada karyawan baru, akan sangat berbeda bagi tiap negara.  Semuanya bergantung pada faktor USIA, latar belakang PENDIDIKAN dan BUDAYA bangsa itu sendiri.  Dan dengan jumlah penduduk serta aneka ragam suku bangsa, Indonesia telah berhasil menunjukkan diri sebagai salah satu bangsa yang kompak dan solid dalam membangun negrinya.  Budaya bangsa Indonesia mengedepankan hubungan keseimbangan kerja dan keluarga, dan hal inipun masih berlaku bagi kalangan generasi Y dan Z, generasi yang terlahir setelah tahun 1990-an.

Ikutilah beberapa petunjuk ini agar Anda dapat membangun sebuah tim yang solid dimulai dari memberikan motivasi kerja karyawan baru didalam perusahaan.

1. Hubungi mereka segera setelah Penawaran Kerja

Setelah sesi wawancara yang cukup panjang, dimana Anda dan calon karyawan sudah sepakat dengan HAK dan KEWAJIBAN masing-masing, maka segera berikan penawaran kerja.  Hubungi setelah mereka menandatangani surat penawaran kerja, dimana ini akan menunjukkan HASRAT dan SEMANGAT perusahaan menerima mereka.

Tidak ada salahnya perusahaan punya INISIATIF menghubungi calon karyawan baru.  Ini adalah tanda bahwa perusahaan menghendaki membentuk motivasi kerja karyawan baru sesuai yang diharapkan.

2. Informasikan kompensasi dan benefit yang ada

Selanjutnya setelah Anda menghubungi mereka, kirimkanlah beberapa informasi penting mengenai kompensasi dan benefit yang didapatkannya.  Harapannya mereka akan datang pada hari pertama dengan pertanyaan yang cukup menarik.

Informasi mengenai BISNIS PROSES, SOP dan lainnya dapat Anda berikan sesaat bergabungnya mereka.  Ini sebagai bagian dari proses adaptasi mereka dalam bekerja.  Karyawan baru cenderung menunggu, maka supervisor sebagai wakil perusahaan perlu lebih PROAKTIF.

3. Berikan akses Intranet untuk mereka beradaptasi

Setelah mereka masuk pada hari pertama, alangkah baiknya akses kedalam sistem perusahaan sudah tersedia.  Mereka dapat segera mencari-cari tahu mengenai proses bisnis, struktur organisasi dan lainnya.  Akses sistem ini menjadi salah satu bukti KEPERCAYAAN perusahaan kepada mereka, meski berstatus karyawan baru.

Akses yang sudah ada sejak hari pertama secara tidak langsung menjadi motivasi kerja mereka.  Dan perlahan akan meningkat seiring itikad kepercayaan perusahaan.

4. Kirimkan Surat Selamat Datang dari Departemen HR

Surat selamat datang dari departemen HR pun dapat dilayangkan pada hari-hari pertama mereka bekerja.  Perhatian sederhana ini sangat berdampak kepada motivasi kerja, terlebih jika karyawan baru Anda adalah fresh graduate.

Surat pemberitahuan dari HR dapat berisikan tanggal bergabung, garis struktur organisasi, dan informasi lainnya yang diperlukan.  Selembar kertas yang ekonomis ternyata menjadi bibit unggul tumbuhnya motivasi kerja karyawan.

5. Berikan mereka Mentor

Setelah mereka mulai menikmati duduknya, dan mulai merasakan aura lingkungan kerja baru, selanjutnya Anda sediakan mereka seorang mentor.  Mentor yang akan membimbing dalam beberapa minggu kedepan.  Tentunya seorang mentor adalah yang mempunyai pengalaman kerja lebih dan punya KEMAUAN untuk membantu rekan baru mereka.

Mentor tidak harus atasan langsung yang menjadi supervisor mereka.  Anda cukup carikan seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mengajari dan menginformasikan kondisi dan situasi kerja yang akan dilakoninya.  Harapannya dengan ada PENDAMPING karyawan baru akan cepat berbaur dengan bisnis perusahaan.

Karyawan baru bisa menjadi langkah awal membangun TIM yang SOLID, namun bisa pula sebaliknya.  Karyawan baru dapat menjadi BEBAN kemajuan organisasi jika Anda salah menemukan cara memotivasi mereka bekerja.

Leave a Reply