Motivasi Karyawan Anda dengan Ucapan dan Tindakan

Motivasi Karyawan Anda dengan Ucapan dan Tindakan
Motivasi Karyawan Anda dengan Ucapan dan Tindakan

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi karyawan? Pada kenyataannya apakah Anda benar-benar dapat  membuat karyawan termotivasi?  Tantangan manajer adalah mencari tahu bagaimana memanfaatkan motivasi untuk mencapai tujuan kerja. Untungnya, seorang manajer berperan mengontrol faktor lingkungan yang diperlukan untuk memotivasi karyawan.  Prinsipnya Anda dapat memberikan Motivasi Karyawan Anda dengan Ucapan dan Tindakan.

Faktor yang paling signifikan, bahwa kontrol manajer, hubungannya dengan masing-masing karyawan. Kedua faktor paling penting dalam kemampuan seorang manajer untuk memotivasi karyawan adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya organisasi yang menumbuhkan motivasi dan keterlibatan karyawan. Berikut adalah cara manajer dapat memotivasi karyawan.

  1. Ciptakan Lingkungan (Environment) dan Budaya (Culture) Organisasi yang sehat

Tidak melihat bagaimana perusahaan dan organisasi membentuk lingkungan atau budayanya, secara langsung Anda sebagai pimpinan tim (manajer) akan menempati posisi teratas sebagai orang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan.  Anda yang harus menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang motivatif bukanlah aturan dan SOP perusahaan yang membangunnya.  Meskipun berada dalam sebuah taman kecil, namun dengan kebersihan dan kerapihannya akan lebih menyenangkan dibandingkan taman besar yang tidak tertata apik dan berantakan.

  1. Pentingnya peranan seorang Manajer bagi Tim

Anda perlu sadari peranan sebagai pemimpin sangat krusial, dan selalu menjadi sorotan semua pihak.  Jadilah Role Model bagi tim Anda khususnya dan menjadi panutan pula bagi tim lain.  Dengan memperhatikan posisi dan konsidi emosional harian Anda, maka setiap karyawan akan lebih mudah pula menyesuaikan emosi mereka terhadap Anda.  Dampaknya sangat jelas, suasana kerja lebih kondusif dan CAIR.  Lakukanlah komunikasi terbuka, berbagi visi misi kerja, dan pada akhirnya setiap karyawan Anda akan terinspirasi.

  1. Jadikanlah hari mereka sebagai motivator

Kerja harian baik di kantor atau di lapangan, sangat membutuhkan kekuatan stamina fisik dan mental.  Sebagai manajer Anda dapat merusak hari kerja (break their day) atau justru menjadikannya hari kerja yang menyenangkan (make their day).  Pilihan ini berada dalam genggaman Anda sebagai pimpinan tim.

motivasi karyawan dengan ucapan dan tindakan
Motivasi Karyawan dengan Ucapan dan Tindakan

Leave a Reply