Motivasi Diri Untuk Anda Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Motivasi Diri Untuk Anda Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Motivasi Diri Untuk Anda Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Ikhtisar.com – Pekerjaan menumpuk, deadline semakin mendekat, dan berbagai tugas-tugas lain dalam pekerjaan seringkali membuat kita menjadi malas untuk mengerjakannya. Beberapa diantara kita bahkan sering menunda pekerjaan tersebut dikarenakan tak memiliki gairah atau motivasi untuk mengerjakan. Inilah mengapa Anda sesungguhnya memerlukan Motivasi Diri untuk tidak menunda pekerjaan agar performa tetap terjaga dengan baik.

Pekerjaan mungkin dapat ditunda, namun tak selamanya pekerjaan tersebut bisa Anda tunda karena ada beberapa efek yang ditimbulkan dari menunda pekerjaan, seperti waktu mengerjakan tugas yang semakin mepet akan membuat Anda kurang maksimal dalam menyelesaikan tugas. Oleh karenanya Anda perlu motivasi diri untuk segera mengerjakan pekerjaan Anda tersebut. Berikut ini adalah beberapa motivasi sederhana yang bisa Anda terapkan :

1.  Alasan Mengapa menunda Pekerjaan

Cari alasan mengapa pekerjaan tersebut Anda tunda. Kenapa pekerjaan tersebut tidak langsung Anda kerjakan? Jika malas adalah jawabannya tentu Anda harus memikirkan apa konsekuensi yang didapatkan ketika menunda pekerjaan. Selain akan membuat masalah tersendiri kedepannya, Anda juga akan kewalahan ketika ada pekerjaan baru lagi. Jika demikian adanya, cobalah Anda beralih kepada pekerjaan ringan lainnya, sehingga mudah terselesaikan. Penyelesaiaan pekerjaan ringan akan membantu membangkitkan minat kerja dan motivasi diri.

2.  Cobalah Memulainya

Ketika malas mulai melanda, Anda harus berusaha untuk memulainya meskipun hanya 5 menit. Cobalah untuk mulai menggerakkan tubuh Anda untuk mulai mengerjakan tugas tersebut. Jika sudah ada ritmenya, Anda pun tidak akan memiliki alasan untuk menunda-nunda pekerjaan.

3.  Hasil yang akan diperoleh dari Pekerjaan tersebut

Coba bayangkan hasil pekerjaan seperti apa yang ingin Anda dapatkan. Apabila Anda menginginkan hasil yang baik, maka segeralah untuk memulai dan mengerjakan pekerjaan tersebut. Jangan mencoba untuk menunda pekerjaan apalagi malas untuk mengerjakannya karena semakin cepat Anda mengerjakan hasilnya bisa jadi sesuai dengan keinginan Anda. Bayangkan bahwa pekerjaan Anda akan menjadi sebuah pencapaian yang diinginkan atasan atau manajemen, dan akan mengangkat citra diri Anda setelahnya.

4.  Cari sesuatu untuk Membuat Pekerjaan Anda Menyenangkan

Jika Anda mulai merasa malas untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, cobalah cari sesuatu hal yang menyenangkan didalamnya. Cobalah buat dirimu tertantang untuk melakukannya. Misalnya ketika Anda mendapatkan pekerjaan yang sulit dan berat, Anda bisa membagi pekerjaan tersebut dengan mengerjakannya sedikit demi sedikit. Atau Anda juga bisa mengganti suasananya. Jika selama ini Anda bekerja di ruangan tertutup, sesekali cobalah untuk bekerja ditempat lain seperti kafe atau taman untuk bekerja. Dengan suasana yang baru otomatis pikiran Anda menjadi lebih segar dan bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

5.  Pikirkan Orang yang akan Anda Bahagiakan

Coba pikirkan atau bayangkan seseorang yang akan Anda bahagiakan karena pekerjaan Anda. Bayangkan ketika seseorang tersebut tersenyum dan bangga atas hasil pekerjaan Anda. Tentu Anda pun akan merasa puas dan bahagia. Oleh karenanya mulai dari sekarang jangan pernah menunda pekerjaan Anda karena bisa jadi kebahagiaan orang lain akan tertunda pula hanya karena Anda menunda.

Nah itu adalah beberapa motivasi agar Anda dapat merasa semangat dan bergairah untuk menyelesaikan pekerjaan. Yang terpenting adalah Anda mau memulainya terlebih dahulu. Jangan memanjakan diri dengan kemalasan yang Anda rasakan dan keinginan untuk menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan hanya akan membebani Anda pada pekerjaan berikutnya, dan sangat berpengaruh pada performa atau kinerja. Anda perlu menumbuhkan Motivasi Diri sehingga tidak akan berlarut dalam penundaan pekerjaan.

Leave a Reply