Motivasi Diri seorang Carlos Slim

carlos-slim-heluCarlos Slim, seorang pengusaha turunan Lebanon yang menjadi tycoon di Meksiko, telah mengajarkan pada Anda bagaimana menjadi seorang yang lebih baik dengan cara peduli kepada orang lain.  Kepedulian pada orang lain merupakan langkah dasar Anda menjadi seorang yang sukses, baik dalam karir atau dalam kehidupan pribadi.  Kebahagiaan akan terjadi ketika Anda membantu orang lain tanpa memiliki hasrat pribadi atau pamrih.

Carlos Slim tidak menunjukkan jati diri seorang kaya raya yang sering tampil dimuka publik, memberikan ceramah dan seminar, atau menjadi pembicara dalam kegiatan kampus.  Dia lebih senang dengan aktivitas nyata dengan turun langsung ke lapangan.  Menunjukkan eksistensi dengan tindakan dan perilaku, bukan hanya melayangkan wacana dan teori.  Pada akhirnya Carlos Slim dinyatakan sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan pribadi mencapai lebih dari 70 Milyar Dollar di tahun 2014.

Carlos Slim menjalani kehidupan masa kecil yang cukup sulit dengan kondisi resesi ekonomi saat itu.  Terlahir pada tahun 1940, Carlos kecil sudah diajarkan tata cara pengaturan keuangan oleh sang ayah dengan membawa catatan kecil untuk menulis pengeluaran dan pemasukan.  Bakat inilah yang menjadikan Carlos berani membeli sejumlah saham di Bank of Mexico pada usiaa 12 tahun.  Pada umur 17 tahun, Slim memperoleh 200 peso per minggu dari bekerja di perusahaan ayahnya. Dia kemudian bersekolah di National Autonomous University of Mexico.

Pelajaran yang dapat Anda kutip dari pengalaman sang taipan telekomunikasi ini diantaranya adalah :

  • Bisnis adalah Investasi dan investasi tidak selalu berbicara mengenai materi
  • Fokus pada kompetensi yang Anda miliki
  • Carilah peluang disaat kondisi tidak normal
  • Alokasikan keberhasilan Anda pada kegiatan sosial

Leave a Reply