Haruskah Anda Memiliki Semuanya atau Tidak Sama Sekali? : Sebuah Mitos dalam Kepemimpinan

“Jika saya tidak mencapai puncak, maka saya tidak akan mencoba memimpin”.  Pernyataan tersebut seolah menunjukkan arogansi dan ego Anda sebagai seorang manusia.  Karena pada dasarnya seperti yang telah diungkapkan sebelumnya tentang Mitos Potensi dalam Kepemimpinan, bahwa tidak semua orang akan mencapai posisi puncak dalam hidup, namun hal itu tidak menutup kemungkinan perkembangan potensinya menjadi yang terbaik sebagai pemimpin tengah.  Melihat kondisi ini, maka perlu diperhatikan apa saja prospek Anda mencapai puncak organisasi. Dan akhirnya bagi sebagian besar orang, ketika menyadari bahwa mereka tidak akan mencapai posisi teratas, kemudian menyerah dan berhenti untuk memimpin. “Jika saya tidak menjadi kapten tim, maka saya akan pulang kembali membawa bola”.  Ini menandakan bahwa Anda memilih lebih baik tidak sama sekali, jika tidak menjadi yang teratas.  Anda dapat dipastikan mengalami frustasi, ketika posisi teratas sebagai tujuan akhir dan menjadi definisi dari kata sukses.

Kepemimpinan tidak dimaksudkan sebagai proposisi semua atau tidak sama sekali.  Anda dapat menjadi aktor perubahan meski tidak berada terdepan dan teratas.  Ketika Anda merasa bahwa tidak berada pada posisi puncak akan menjadikan frustasi, maka janganlah menyerah terlebih dahulu, karena banyak perubahan terjadi dalam suatu organisasi tidak dari posisi tertinggi, namun dari posisi mana saja.

Menjadi pemimpin yang mentok di tengah tentu membawa banyak tantangan, untuk menavigasi semuanya, seperti orang-orang di atas, di samping dan di bawah Anda.  Semua hal ini dapat dipelajari.

Mitos Semua atau Tidak Sama Sekali, diibaratkan ketika Anda mempunyai beberapa pilihan, kemudian memutuskan tidak mengambil satupun, karena orang lain pun berhak dengan beberapa pilihan tersebut, maka akhirnya Anda tidak akan pernah mendapatkan satu pun.  Kepemimpinan adalah proses belajar satu per satu, tahap demi tahap dan berkelanjutan.  Maka pelajarilah Kepemimpinan dengan menjadi pribadi yang efektif, tidak merasa sebagai yang paling benar dan paling mampu.

myth all of itMitos Semua sama dengan mematikan potensi yang Anda miliki, karena keinginan menjadi yang paling baik dalam semua hal, sedangkan fakta berkata bahwa banyak orang tidak pernah mencapai posisi pemimpin teratas dalam hidupnya.  Hal-hal yang akan membawa kerugian bagi Anda karena Mitos Semua diantaranya :

1.  Waktu yang berlalu dengan sia-sia.  Pada saat orang lain belajar tentang kepemimpinan, melalui tahapan yang berjenjang, Anda meninggalkan kesempatan tersebut.

2.  Kesempatan yang hilang.  Mungkin saja Anda menjadi seorang pemimpin teratas kelak, namun dengan Mitos Semua atau Tidak Sama Sekali, kesempatan telah dilalui begitu saja tanpa aktualisasi.

3.  Proses Kepemimpinan yang putus.  Artinya Kepemimpinan selalu bertumbuh dan berkembang, dan tidak dapat dipaksakan.  Menilik inilah Anda perlu sangat memahami dengan pengertian Pemimpin tidak lahir, namun dapat ditumbuhkan.

Mitos Semua memberikan kesempatan kepada orang lain, untuk belajar lebih dahulu sebagai Pemimpin yang Handal.  Mitos-mitos dalam kepemimpinan mengajarkan Anda untuk selalu Terbuka dan Percaya Diri dengan Kemampuan.

ikhtisar.com

Leave a Reply