Mengangkat Performa Kepemimpinan Anda dengan mengerti tentang Mitos Pengaruh

Kepemimpinan adalah Pengaruh, tidak lebih dan tidak kurang.  Namun demikian, Anda tidak akan mendapatkan Kepemimpinan Sejati ketika menunggu Posisi tersebut diberikan, dan ketika Anda telah mencapai Tujuan sebagai Pemimpin.  Demikian pula, ketika Anda merasa bahwa Posisi dan Jabatan akan membuat Anda berpengaruh, maka sejatinya Anda telah menggagalkan diri sendiri menjadi Pemimpin Sejati.  Hukum Kepemimpinan Sejati mengajarkan bahwa, Kepemimpinan adalah Pengaruh, tidak lebih dan tidak kurang.

myth influenceJika Anda merasa bahwa Posisi Puncak akan membuat Orang Lain mengikuti Anda, maka Anda telah termakan dengan Mitos Pengaruh dalam Kepemimpinan.  Orang yang tidak memiliki Pengalaman dalam Kepemimpinan mempunyai kecenderungan untuk meremehkan pentingnya Jabatan Kepemimpinan.  Kepemimpinan bukanlah Penghargaan yang dapat dihadiahkan oleh seseorang, karena Pengaruh tidak bekerja dengan Cara demikian.  Anda mungkin mendapatkan Posisi Pemimpin dalam sebuah Organisasi, namun itu bukanlah Kepemimpinan Sejati.  Pengaruh dalam Kepemimpinan adalah Hasil Usaha terus menerus dan Proses Belajar Berkesinambungan.

Sisi Positif Posisi sebagai Pemimpin diantaranya adalah:

1.  Memberikan Anda kesempatan dan peluang untuk menjadi Pemimpin, dimana Anda telah berada dalam sebuah Peluang untuk menjadi Pengaruh bagi Orang Lain.
2.  Sementara Waktu orang lain akan Berprasangka Baik, karena  posisi Anda sebagai Pemimpin Organisasi.
3.  Level Pengaruh Anda telah ditetapkan diawal, dan dapat menjadi sebuah loncatan besar dalam Kepemimpinan berikutnya.

Sisi Negatif Posisi sebagai Pemimpin adalah:

1.  Ketidaksiapan Anda dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Pengaruh secara alami, karena tuntutan Posisi sebagai Pemimpin dengan Beban Moral dan Tanggung Jawab yang lebih besar.
2.  Orang lain akan jauh lebih buruk menilai Anda ketika tidak mampu memberikan Harapan dan Impian mereka sebagai Pengikut Anda.
3.  Pengaruh Anda akan makin mengecil dan bahkan hilang, terkait dengan Performa Anda sebagai Pemimpin.

Pemimpin adalah Sosok yang Berpengaruh, dan Pengaruh adalah Hasil Kerja dan Belajar selama beberapa waktu.  Anda perlu investasikan Waktu untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Pengaruh.  Posisi tidak memberikan Anda Kepemimpinan Sejati, namun dengan Kepemimpinan maka Posisi dapat dibuat.  Sudah banyak contoh Posisi dan Jabatan Baru dalam sebuah Organisasi terkait dengan Pengaruh seseorang, dimana Kemampuan dan Ketrampilan dalam memimpin dan mempengaruhi orang lain.

Pemimpin adalah Pengaruh, tidak lebih dan tidak kurang.  Ketika Anda menginginkan Pengaruh maka jangan pernah meminta Posisi Pemimpin, karena Pengaruh akan datang pada saat Anda telah mempelajari dan menerapkannya, tanpa melihat Posisi dan Jabatan saat ini.

ikhtisar.com

Leave a Reply