4 Cara Merekrut Kandidat Teknis Terbaik bagi Perusahaan

merekrut kandidat teknis terbaik bagi perusahaan
Merekrut Kandidat Teknis terbaik bagi Perusahaan

Merekrut kandidat teknis terbaik bagi perusahaan Anda dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan. Kandidat bidang teknis, seperti IT, perlu cara khusus yang cukup komprehensif. Pendekatan perekrutan Anda pun harus berbasis teknologi dan kreatif.

Pasar terus BOOMING, dan arus pendanaan usaha untuk gagasan baru (start up) nampaknya berada pada titik tertinggi. Banyak perusahaan mencari talenta teknis yang sangat terampil untuk mendukung TI, pemrograman, dan kebutuhan teknologi mereka.  Anda sebagai salah satu pelaku bisnis baru, perlu tahu Cara Merekrut Kandidat Teknis Terbaik bagi Perusahaan

Entah bisnis Anda bergantung pada platform ECOMMERCE, APPS, atau sistem kompleks lainnya, ahli teknis yang tepat dapat membuat atau menghancurkan proses. Seperti ungkapan Malcolm Forbes, “Never hire someone who knows less than you do about what he’s hired to do.” Artinya kurang lebih, “Jangan mempekerjakan orang yang kurang paham tentang yang Anda lakukan”. Pemimpin TI hari ini memprioritaskan perbaikan sistem untuk meningkatkan EFISIENSI bisnis di tahun mendatang.

Sayangnya, banyak eksekutif berkata bahwa menemukan profesional TI yang kompeten sangat menantang. Karena tantangan tersebut, akhirnya perusahaan beralih menggunakan solusi yang membantu menemukan dan mendapatkan kandaidat teknis potensial. Berikut adalah 4 cara Merekrut Kandidat Teknis Terbaik bagi Perusahaan dan trik yang digunakannya.

##1. Code Assessments (Penilaian Kode)

Saat menyewa DEVELOPER dan PROGRAMMER, Anda bisa sulit menilai kompetensi mereka. Banyak perusahaan hanya menilai pengetahuan kandidat tentang ilmu komputer umum, bahkan kebanyakan sulit untuk mengevaluasi kemampuan di tempat kerja. Penilaian Kode/Pemrograman, bagaimanapun juga, adalah solusi yang tepat untuk masalah ini.

Nathan Doctor, pendiri dan CEO perusahaan pengkodean qualified.io menjelaskan, “Banyak proses rekrut hanya bergantung pada RESUME, HIRARKI, Ketrampilan Wawancara, sementara Penilaian Program yang berkualitas bertujuan agar FOKUS pada yang sebenarnya penting didunia nyata.”

Dengan melakukan ANALISA kandidat pada situasi pengkodean nyata, perusahaan lebih siap untuk memilih karyawan baru. Doctor melanjutkan, “Penilaian Kode mengevaluasi kandidat berdasarkan keterampilan pengembangan SOFTWARE dalam lingkungan CODING modern, yang menghasilkan perekrutan dengan kinerja tinggi. Perekrutan berbasis keterampilan PRAKTIS dan STANDAR OBYEKTIF yang konsisten dapat membantu perusahaan membuat keputusan data-driven”

##2. Lakukan Wawancara Virtual

Semakin banyaknya kandidat teknis, maka akan semakin banyak waktu dan proses rekrut yang terjadi.  Selain itu akan banyak pula kandidat dari luar kota atau wilayah yang jauh.

Seiring perusahaan memperluas basis kandidat potensial mereka, pencarian akan memungkinkan mereka terhubung dengan kandidat dari seluruh dunia. Hal ini bisa jadi tantangan dalam masalah anggaran.

Menurut veteran industri teknologi Sheeroy Desai, “Di tahun mendatang, kita harus melihat banyak pengusaha fokus melakukan akuisisi kandidat berbakat mereka yang berjarak jauh.”

Akibatnya, perusahaan akan mencari solusi virtual seperti platform wawancara video untuk meningkatkan kualitas usaha rekrutmen mereka. Sementara beberapa perusahaan menggunakan cara gratis seperti Skype dan Google Hangouts, banyak juga yang beralih ke solusi berbayar untuk menciptakan pengalaman berkualitas bagi pemohon.

Banyak software berbayar yang dapat Anda gunakan untuk proses wawancara kandidat teknis. Situs Capterra.com memiliki daftar lengkap solusi wawancara video teratas yang saat ini ada di pasaran.

##3. Gunakan SOFTWARE Seleksi Kandidat

Jika Anda pernah mengelola proses perekrutan, Anda mungkin masih menggunakan cara manual atau bahkan tidak punya sistem (software).  Sistem rekrut berguna untuk melihat sedari awal calon kandidat teknis Anda.

Atau mungkin software Anda sudah usang  dan tidak lagi UPDATE.  Dalam banyak kasus, sistem ini akhirnya tidak efektif dalam mengevaluasi kandidat; mereka gagal memberi REKOMENDASI kandidat yang memenuhi syarat.

Sekarang, semakin banyak penyedia jasa yang menggabungkan Artificial Inteligence (AI) yang canggih dan mengadopsi pendekatan yang lebih prospektif. Seorang pakar, Louis Song berbagi dalam laporan CNBC “Ini bukan kasus dua sampai tiga tahun yang lalu, namun pembelajaran AI dan mesin telah meningkatkan kemampuan rekrutmen software secara signifikan.”

Penyedia jasa ini menyebut produk mereka adalah Candidate Relationship Management Software. Perusahaan dapat mengandalkan sistem ini untuk mencari kandidat berkualitas tanpa rasa takut adanya kesalahan sistem.

##4. Ubah MINDSET Perekrutan

Sebagai ahli perekrutan, Jeff Mills mengatakannya, “Break the mold of how you think recruiting should operate.” Jangan pernah berpikir biasa dalam proses rekrut, kurang lebih demikian maknanya.

Dengan membuka pikiran Anda terhadap solusi baru untuk merekrut, Anda mungkin menemukan lebih banyak Kandidat Teknis yang berkualitas. Mereka yang punya nilai kompensasi cukup bersaing, namun didapatkan dengan usaha lebih sedikit.

Ubah mindset ini tidak hanya untuk USER, yang ingin menumbuhkan tim, atau manajer rekrutmen yang ditugaskan, agar waktu dan efisiensi terjadi dalam prosesnya.

Ketika LOWONGAN dibiarkan terbuka, kinerja akan menurun, maka meningkatkan proses rekrutmen sangat membantu perbaikan keseluruhan operasional bisnis. Selain itu, memperbaiki usaha rekrutmen bisa menghilangkan kandidat yang bagus di atas kertas, tapi berkinerja buruk. Cara ini juga akan menemukan developer hebat yang tidak memiliki hirarki dekat dalam perusahaan atau sekedar keterampilan wawancara yang kuat.”

Leave a Reply