Bagaimana cara Meraih dan Mengejar Impian Anda

Bagaimana cara Meraih dan Mengejar Impian Anda merupakan Sikap Mental dan Perilaku masing-masing yang lebih Dominan dan Jauh Lebih Penting.  Sikap Mental dan Perilaku ini berguna dalam Pengembangan Diri dan Pengembangan Karir Profesional kedepannya.  Cukup banyak sudah contoh yang mampu menjelaskan kepada Anda bahwa Sukses tidak murni terkait dengan Pendidikan secara Langsung.

Jika Anda masih berkutat dengan Rat Race selama ini, mungkin ini menjadi jalan yang “wajib” dan “harus” dilalui karena belum terwujudnya Impian dan Harapan akan bentuk kehidupan yang lebih baik.  Impian dan Harapan adalah Hak setiap Individu, terlepas Anda adalah lulusan Universitas Ternama atau hanya sekedar Pribadi Lepas Sekolah Rakyat. 

Impian hanya selangkah dihadapan Anda, jika mampu melihat dan merasakan keganjalan yang sesungguhnya terjadi.  Anda perlu mempelajari dan menganalisa faktor-faktor tersurat dan tersirat di sekitar Anda untuk mendapatkan Cita-cita dan Harapan.  Berikut beberapa tips mudah yang memperjelas kenapa Anda belum dapat meraih cita-cita, tidak melulu Impian Besar, Jabatan Top Management, namun sekedar Performa Bulanan yang melebihi Target pun sudah menjadi sebuah Impian yang harus diperjuangkan.

1.  Pick a Target (Tetapkan Target Anda)

Perjelas Tujuan dan Goals Anda dalam beberapa hari kedepan atau beberapa bulan berikutnya atau bahkan beberapa tahun selanjutnya.  Anda harus menggambarkan dengan Jelas dan Tegas apa yang ingin diraih, lebih baik jika diatas kertas dan terpampang di meja kerja atau di dinding kamar.  Figure Out Your Goals akan memperkuat Alam Bawah Sadar Anda yang secara pasti mengangkat Moral dan Mental meraih Impian tersebut.  Anda harus temukan Passion atau Gairah dalam Kerja dan Karya untuk meyakinkan Diri Sendiri bahwa Pengembangan Karir atau Pengembangan Diri adalah Hak dan memerlukan Sikap Mental dan Gairah serta Semangat yang bergejolak terus menerus.

meraih dan mengejar impian
Meraih dan Mengejar Impian sedari dini

2.  Make a Commitment (Buatlah Komitmen)

Dimana Anda sangat paham bahwa Konsistensi dalam sebuah Proses akan menjamin Keberhasilan.  Maka Komitmen dengan Tahapan dan Langkah yang akan diambil adalah Kunci Utama Sukses dalam Pengembangan Diri dan Karir.  Komitmen adalah Keberanian Membuat Keputusan (Decision Making) dari sekian banyak pertimbangan dan keraguan.  Langkah Pasti hanya akan terjadi pada saat Langkah Pertama telah diambil dan dilanjutkan dengan Langkah demi Langkah.  Ikuti Hati Nurani Anda dalam mencapai Impian dan Harapan.

3.  Get a Map (Buat Perencanaan)

Peta adalah petunjuk Langkah Kerja Anda untuk Sukses.  Tanpa Arah dan Tujuan maka Anda akan menempuh perjalanan Panjang tanpa Kepastian.  Buatlah Langkah Perencanaan untuk mencapai Cita-cita, mulai tahap Persiapan, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Hasil yang diraih.  Buatlah Planning yang mudah diEksekusi dan diImplementasi.  Kesederhanaan jauh lebih penting daripada Kerumitan, inilah manajemen strategi paling handal yang perlu Anda lakukan dalam membangun Sukses Diri baik sebagai Pribadi atau Profesional.

4.  Start Your Engine (Segeralah Bertindak)

Jangan Anda selalu menunggu dengan dalih kondisi belum memungkinkan atau keadaan tidak mendukung.  Jangan pernah menunggu kondisi sempurna, jika Anda tidak ingin tertinggal dari orang lain.  Kesuksesan bukan menjadi milik orang lain jika Anda meraihnya. Maka tidak peduli bagaimana pun kondisi saat ini, jika Anda telah menetapkan Hati untuk berubah dan berkembang dalam Diri dan Profesi, maka segera Ambil Tindakan.

Jangan sekali-kali menuggu kondisi Sempurna.  Keberhasilan hanya ada pada Tindakan dan teruslah Bergerak, tidak berhenti sebelum waktunya.  Confucius berkata, ” Tidak peduli berapa pelan Anda berjalan, yang penting Anda tidak Berhenti”.  Meraih dan Mengejar Impian Anda harus dilakukan konsisten, percaya diri dan tekun.

5.  Watch Your Road (Perhatikan Langkah Anda)

Tidak selalu Planning yang sempurna menghasilkan Performa Maksimal, karena begitu banyak Kendala dan Halangan yang mungkin dialami dan tidak terhindarkan.  Namun demikian Permasalahan yang mungkin timbul bukan harus dhindari, melainkan Anda harus hadapi dengan Komitmen akan Cita-cita dan Konsisten akan Proses Kerja.  Perhatian setiap Langkah Kerja Anda, terlebih jika akan terkait dengan banyak orang dan pihak.  Sikap dan Perilaku Adaptif dan Fleksibel sangat diperlukan dalam Usaha Anda mencapai Impian.  Jadilah Pribadi yang Proaktif dengan banyak Alternatif dalam Bertindak demi sebuah Cita-cita Besar Anda.

6.  Continue to Improve (Perbaikan Berkelanjutan)

Dunia sangat Dinamis, dan orang-orang sangat Kreatif; Pasar sangat Inovatif; Konsumen sangat Sensitif.  Inilah Tantangan Utama Anda mencapai Keberhasilan dan Kesuksesan dalam Pengembangan Diri dan Karir.  Perhatikan setiap Langkah Kerja dan Perhatikan Lingkungan Anda, yang selalu berubah setiap saat.  Disinilah diperlukan kemampuan analisa pasar yang handal untuk menjaga Kecepatan Anda memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggan.  Ketika Anda lengah tidak berlaku Lebih Baik, maka orang lain akan melakukannya, dan pada saat tersebut Anda mulai tertinggal dan kehilangan momen.

Impian dan Cita-cita adalah Hak setiap Individu, dimana hal tersebut menjadi faktor utama mengapa setiap Pribadi akan berjuang dan berusaha melakukan Pengembangan Diri demi hasil yang akan diraihnya nanti.  Bagaimana cara Meraih dan Mengejar Impian Anda tidak akan dipengaruhi faktor usia dan lingkungan, semua bergantung pada diri sendiri dan niatan untuk meraihnya.

Tiada kata Terlambat untuk Meraih Impian
Tiada kata Terlambat untuk Meraih Impian

5 thoughts on “Bagaimana cara Meraih dan Mengejar Impian Anda

  1. dhedy August 23, 2015 at 11:53 PM

    Assalamu alaikum

    Langsung saja, bagaimana caranya supaya teori dan tindakan berjalan berdampingan?
    Dan bagaimana crnya rasa malu dihilangkan. Karna terkadang kemauan dihentikan rasa malu?

    itu saja, terimah kasih

    Wassalam

    • Ikhtisar August 24, 2015 at 8:05 PM

      Waalaikum salam
      Mas Dhedy

      Terima Kasih atas atensi Anda. Masukan kami adalah sbb :

      1. Teori (Impian) yang dibuat harus REALISTIK dan BISA DICAPAI, misalkan dalam pekerjaan : sebagai Marketing Staff 2 tahun, promosi menjadi Marketing Supervisor, sebagai Mkt Spv 3 tahun dan promosi sebagai Mkt Manajer, dst-dst nya. inilah yang disebut TEORI sejalan dengan TINDAKAN. Sulit rasanya (walau bukan MUSTAHIL), sbg Staff 1 thn, Spv 1 thn, dan tahun ketiga menjadi Mkt Manajer. Untuk urusan lainnya pun sama, urusan keluarga, pasangan, anak dan lainnya. KEINGINAN harus disesuaikan dengan KEMAMPUAN, sehingga TEORI akan sejalan dengan TINDAKAN.

      2. Rasa Malu adalah anugerah bagi setiap individu, hal ini akan menjadi KONTROL DIRI kita. Rasa Malu tidak dapat dihilangkan, namun dapat di KELOLA. Caranya Anda berlatih BICARA SENDIRI di depan Cermin, Berbicara kepada Teman Dekat sebagai Latihan Keberanian Bicara, Berbicara melalui email, dan lainnya. Yang terpenting apa yang Anda ucapkan atau ungkapkan adalah BENAR dan FAKTUAL. Sering berlatihlah dalam FORUM DISKUSI terbatas antar TEMAN, lama-kelamaan Anda akan semakin PERCAYA DIRI mengungkapkan KEMAUAN tanpa malu-malu.

      Demikian sekedar inputan, semoga bermanfaat
      Wassalam

      Ikhtisar.com

Leave a Reply