Cara Efektif Menyegarkan Pikiran Anda hanya dalam 10 menit

Cara Menyegarkan Pikiran Anda dalam 10 Menit
Cara Menyegarkan Pikiran Anda dalam 10 Menit

Begitu banyaknya aktivitas dalam sehari-hari tentu sangat menguras Tenaga dan Pikiran.  Berpindah dari satu Kegiatan dan Kegiatan lainnya perlu sebuah Konsentrasi dan Konsistensi, khususnya Pikiran Anda.  Perlu kiranya Anda pelajari bagaimana mereset ulang pikiran untuk tetap segar menjalani banyak aktivitas dalam sehari.  Dikutip dari tulisan Andy Puddicombe seorang Buddhist dan pendiri lembaga Meditasi Headspace, dikembangkan beberapa cara mudah untuk kembali menyegarkan pikiran dan menjadikan Anda lebih Tenang dan Tentram.

Puddicombe menyebutnya sebagai Meditasi Dunia Modern dan menghapus pandangan tentang meditasi tradisional sambil menyilangkan kaki.  Ada 2 masalah yang melekat dalam kehidupan pekerja modern sehingga kenapa cara meditasi ini cukup membantu.

Masalah #1 : Ketidakmampuan untuk Fokus

Rata-rata pekerja kantoran akan mengubah tata letak komputer atau laptop mereka lebih dari 30 kali dalam 1 jam kerja.  Menurut penelitian bahwa jika pikiran Anda tengah berpindah gigi dengan cepat, sebagian otak masih berada dalam Kerangka Kerja sebelumnya, sehingga Anda belum memiliki Perhatian dan  Sumber Daya yang dapat memenuhi kebutuhan Kerja Berikutnya. Hal ini akan memperlambat Produktivitas Kerja dan menurunkan Kemampuan Anda untuk menyaring Informasi Relevan dari Informasi Lainnya.

Masalah #2 : Stress atau Tekanan

Tentu dalam bekerja ada kalanya Anda merasakan Tekanan atau Stress, dan dalam bagian otak ada yang menstimulan Anda untuk “Melawan” atau “Menghindar” sehingga tejadilah Keputusan Impulsif yang cepat.  Hormon yang tercipta ini memacu Jantung, Tekanan Darah dan Adrenalin.  Semisal Anda lupa melakukan “save” pada saat bekerja dengan dokumen kemudian seketika listrik padam, apa yang Anda rasakan..?.

Solusinya adalah :

Penyegaran (refreshing) Pikiran dan Otak Anda ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.  Apa yang harus dilakukan adalah “Diam”. Jangan lakukan apapun selama Anda ingin Refreshing Your Brain.

Puddicombe menyarankan cara sederhana selama 10 menit setiap hari untuk menenangkan Otak Anda.  Berlatih dengan mengamati Pikiran dan Kecemasan tanpa Melakukan Justifikasi.  Hal ini cukup untuk memberikan Pengalaman pada Otak Anda.

Anda tidak mungkin melakukan perubahan terhadap hal-hal kecil yang terjadi pada keseharian, namun Anda cukup mampu mengubah cara pandang dalam merasakan pengalaman tersebut.  Ketika Anda dihadapi dengan cercaan Atasan atas hasil kerja Anda, maka pergilah berdiam diri selama 1o menit dan rasakan apa yang Otak dan Pikiran Anda alami, sehingga akan muncul sebuah Pengalaman Baru dan ini akan meningkatkan Kemampuan Anda Menghadapi Stress berikutnya dan Konsistensi atau Konsentrasi Kerja selanjutnya.

2 thoughts on “Cara Efektif Menyegarkan Pikiran Anda hanya dalam 10 menit

  1. tri lamhot December 10, 2014 at 8:49 AM

    Agak sulit min…

  2. kristianita August 13, 2015 at 7:03 AM

    Gak mempan!

Leave a Reply