Cara Menumbuhkan Karir Profesional dengan Progresif

menumbuhkan karir profesional dengan progresif
menumbuhkan karir profesional dengan progresif

Cara menumbuhkan karir profesional dengan progresif, apakah Anda sudah tahu caranya? Siapakah yang tidak ingin karir yang Cemerlang dan Progressive atau selalu menanjak setiap waktu tertentu.  Mencapai Level Jabatan dan Posisi tertentu dengan Arah yang Prediktif tentu menjadi sebuah Perjalanan yang sangat diimpikan banyak Profesional.

Menapaki Posisi Supervisor, Manajer, Senior Manajer atau General Manajer merupakan cita-cita banyak Karyawan termasuk Anda tentunya yang Berprofesi sebagai Employee.

Banyak sudah tentunya Anda memiliki Literatur Cara Membangun Karir sejak Level Bawah sampai Level Atas, atau bahkan pada Level Direksi.  Namun satu yang pasti bahwa Tidak ada satupun Tips yang Menjamin Keberhasilan Anda dalam Karir.

Hanya Perilaku (Attitude) dan Tindakan (Action) yang tepat pada saat Anda bekerja yang akan mampu menjadikan Anda Bintang dalam Pekerjaan.  Secara Umum beberapa Perilaku ini akan membantu Progres Karir Cemerlang Anda dalam Perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa perilaku dan tindakan penting yang dapat menumbuhkan karir profesional Anda dengan progresif.  Meskipun membutuhkan banyak waktu namun akan karir Anda akan konsisten tumbuh.

## 1.  Disiplin Diri (Self Discipline)

Tidak banyak Orang yang mampu berdiplin diri, karena diri sendiri adalah musuh yang paling sulit ditaklukkan.  Semakin Anda beralasan dengan diri sendiri maka makin kuat musuh Anda menghalangi Kesuksesan.  Satu-satunya cara untuk menjadi sukses dalam pekerjaan adalah Anda harus Berdisiplin Diri.

Disiplin dengan Tanggung Jawab Pekerjaan, Disiplin dengan Waktu Kerja dan lainnya.  Mungkin Anda banyak melihat Rekanan dan Kolega yang menyisakan Pekerjaan pada Jumat Sore untuk dikerjakan pada Senin Pagi.  Mereka dengan sengaja menunda pekerjaan demi sebuah rencana nonton bareng.  Akankah Anda mengikuti hal ini atau Anda lebih memilih mengurangi beban kerja Senin dengan menyelesaikannya Jumat sore?

## 2.  Keberhasilan (Success)

Definisi sukses sangat menentukan keberhasilan Anda dalam karir.  Tidak semua orang memiliki pandangan sukses yang sama.  Mungkin ada yang menganggap Pangkat, Jabatan atau Posisi Strategis adalah sukses.  Anda perlu merenungkan dalam benak pikiran tentang pengertian sukses yang akan dikejar.

Anda perlu tahu dan paham akan keinginan dan tujuan yang hendak dicapai dari sebuah pekerjaan.  Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan diri sendiri juga sangat membantu Anda.  Membantu menggambarkan prospek karir Anda kedepan dengan pengembangan ketrampilan yang diperlukan untuk itu.

Kompetensi adalah isi dari sebuah gelas minum dan potensi diri Anda adalah luas wadah gelas tersebut.  Kompetensi mudah untuk diketahui dan ditingkatkan namun potensi adalah suatu bentuk yang sulit dirasakan selain dengan terus belajar dan berlatih.

## 3.  Ketulusan (Sincerity)

Menjadi sukses dalam karir mengharuskan Anda untuk tulus dalam menjalani proses yang harus dilalui.  Sejak Anda bergabung dalam sebuah organisasi, Anda telah memantapkan diri sendiri untuk melakukan yang terbaik bagi diri sendiri.

Ketika Anda menghadapi banyak aral melintang maka pertanyakan diri sendiri dahulu sebelum menyalahkan orang lain.  Tantangan ini menjadikan Anda makin dewasa dan bijak menjalani pekerjaan.  Selain melakukan pekerjaan dengan tulus dan bertanggung jawab, Anda perlu pula untuk mulai berbagi pengetahuan dan ketrampilan kerja kepada rekan atau kolega.

Berbagi pengetahuan dan ketrampilan untuk penguatan dan pengembangan diri akan arti ketulusan.  Semakin sering Anda berbagi maka semakin kuat Anda menguasi sebuah ketrampilan kerja, dan hal ini tidak berlaku sebaliknya.

Yang paling penting dalam Menumbuhkan Karir Profesional Anda dimulai sejak sekarang dengan mengembangkan:

  • disiplin diri
  • belajar untuk berkorban
  • menentukan arti kesuksesan
  • berpikiran tunggal dalam mengejar tujuan

Dan Anda perlu menjelaskan nilai pekerjaan dengan cara :

  • mengetahui kekuatan dan keterampilan
  • melakukan pekerjaan secara tulus, serta
  • berbagi kepada orang lain

Leave a Reply