Mentoring, Manfaat Pengetahuan dan Pengalaman Anda untuk Membantu Orang Lain

Terlepas dari sekedar nasihat kepada teman untuk membantu mereka mencari pekerjaan baru, atau memberikan bimbingan kepada anak yang baru mulai sekolah, banyak diantara Anda yang sering menggunakan pengalaman dan pengetahuan untuk membantu orang lain. Namun dalam hal ini, mentoring bukan hanya membantu urusan teman dan keluarga, melainkan membantu orang lain meningkatkan efektivitas kerja, meningkatkan karir profesional atau membangun organisasi yang lebih produktif.

#Manfaat Mentoring

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, Mentoring adalah Hubungan Personal yang saling menguntungkan, antara Mentor (orang yang lebih berpengalaman) dan Mentee (orang yang memerlukan pengetahuan dan pengalaman).

Mentoring dapat membantu mentee lebih percaya diri dan mandiri. Mentee juga dapat mengembangkan perasaan lebih jelas tentang apa yang diinginkan dalam karir dan kehidupan pribadi mereka. Mereka akan mengembangkan kesadaran diri lebih besar dan akan melihat dunia serta diri sendiri, sebagaimana orang lain melihatnya.

Bagi sebuah organisasi, mentoring merupakan cara efisien mentransfer kompetensi dari satu orang kepada orang lain. Hal ini akan membangun tim yang kuat, dan dapat menjadi bagian dari Perencanaan Suksesi yang baik.

#Tipe Mentoring

A.  Developmental Mentoring

Mentor berfungsi untuk membantu Mentee mengembangkan keterampilan dan kemampuan baru. Mentor adalah panduan dan sumber daya untuk pertumbuhan seorang Mentee.

B.  Sponsorship Mentoring

Mentor lebih berperan sebagai yang mempengaruhi karir seseorang daripada sebagai pemandu. Dalam situasi ini, mentor sangat dekat bagi kemajuan mentee (anak didik). Mentor “membuka pintu”, mempengaruhi orang lain untuk membantu mentee atau kemajuan anak didiknya.

#Jenis Ketrampilan dalam Mentoring

Sebagai seorang Mentor Anda perlu menguasai dan mempunyai kemampuan dan ketrampilan selayaknya seorang pelatih. Anda perlu mempunyai pengalaman yang relevan dengan sang Mentee.

1.  Berkeinginan Membantu

Seorang mentor mempunyai keinginan membantu orang lain, menghabiskan waktu untuk orang lain dan selalu bersikap positif.

2.  Termotivasi untuk Tumbuh dan Berkembang

Anda tidak akan berhenti untuk tumbuh berkembang jika membantu orang lain tumbuh berkembang. Mentoring akan turut membantu tumbuh kembang Anda sebagai Mentor.

3.  Punya Percaya Diri dan Cara Meyakinkan

Bukan berarti Anda arogan dan egois dengan kemampuann diri sendiri, namun Anda mampu menantang Mentee untuk menerima kritikan dan membantu mereka melihat dengan perspektif baru.

4.  Ajukan Pertanyaan yang Tepat

Seorang Mentor akan mengajukan pertanyaan yang membuat Mentee berpikir, tidak hanya jawaban “ya” dan “tidak”. Ajukan beberapa pertanyaan yang memungkinkan jawaban dalam berbagi alternatif. Selanjutnya tanyakan Mentee mengapa memilih jawaban tersebut.

5.  Aktif Mendengarkan

Saat Anda berbicara dengan orang lain, perilaku utama yang paling penting adalah aktif mendengarkan dan memperhatikan. Perhatikan ucapan dan kata-kata mereka, bahasa tubuh, pandangan mata dan topik yang tengah dibahas. Mendengarkan dan menyimak Mentee adalah sebuah ketrampilan yang membutuhkan kesabaran dan kemauan menunda penilaian.

6.  Berikan Umpan Balik

Berikan Umpan Balik yang akurat dan obyektif, dan merangkum dari apa yang telah Anda dengar, selanjutnya juga menafsirkan hal-hal dengan cara yang memberikan nilai tambah bagi Mentee. Secara khusus, umpan balik menunjukkan bahwa Anda memahami pendekatan pemikiran Mentee. Dan ini membantu Mentee melihat situasi dari perspektif lain.

Mentoring adalah transfer informasi, kompetensi dan pengalaman kepada Mentee, sehingga mereka akan menjadi lebih baik, lebih percaya diri.

Mentoring adalah cara paling efektif dalam pengembangan pribadi dan profesional seseorang, dan menciptakan organisasi yang lebih produktif. Mentoring berguna tidak hanya bagi Mentee dan juga bagi Mentor. Mentoring adalah konsep mutualisme dalam hubungan personal.

Perlakukan Mentoring sebagai hubungan saling memahami, terfokus pada kebutuhan mentee, menggunakan ketrampilan yang kuat dari pertanyaan cerdas, aktif mendengarkan dan memberi umpan balik bernilai untuk hasil terbaik. Mentoring adalah konsep jangka panjang, bukan solusi singkat, jujur dan terbuka serta memiliki waktu yang reguler dalam proses pelaksanaannya.

Leave a Reply