Tips Sederhana bagi Anda untuk Melakukan Presentasi dengan Sukses

presentasi mudahTentu Anda pernah mengalami rasa rendah diri ketika akan memulai sebuah presentasi, terlepas presentasi dengan bantuan materi cetak atau presentasi tanpa text.  Demam panggung sering kali menjadi ketakutan terbesar.   Tidak hanya orang yang pertama kali melakukannya, namun orang yang sudah sering pun pernah mengalami hal tersebut.  Gugup adalah suatu hal normal karena menunjukkan kepedulian Anda terhadap keberhasilan sebuah presentasi.  Berbicara di hadapan orang banyak ternyata tidak sesulit itu yang Anda bayangkan, dimana Anda dapat sukses membawakan presentasi dengan beberapa tips berikut, seperti dikutip dari Jobstreet.com

1.  Persiapan adalah Kunci.

Kenali “daerah kekuasaan Anda”. Anda perlu paham dan mengerti akan kekuatan dan kelemahan, sehingga jika mengenal diri Anda sendiri serta dapat memahami pendengar, dapat dipastikan presentasi akan berjalan lancar.  Buatlah penonton tertarik dengan apa yang Anda sampaikan, kuasi seluruh materi presentasi, detil dan tahapan-tahapannya.  Untuk itulah diperlukan sebuah persiapan matang, karena kemenangan selalu berawal dari persiapan.  Pelajari kebutuhan pendengar dari materi presentasi Anda, latihan membawakan materi, dan akhirnya rasa percaya diri dan ketenangan akan menemani Anda pada saat naik panggung.  Perhatikan pula penampilan Anda, baik tata cara berpakaian dan aksesorisnya.  Pakaian Anda harus mencerminkan kesiapan dari sebuah sesi presentasi, dan gunakanlah pakaian yang satu level dari pendengar Anda.

2.  Bawakan Presentasi Anda.

Pikat penonton, dan dapatkan kharisma serta wibawa pada saat Anda berbicara dimuka umum.  Pelajari kemampuan untuk mengikat para penonton dengan cara membangun sebuah hubungan. Tunjukkan senyum terbaik Anda. Bayangkan diri Anda sedang berbicara dengan teman lama yang baru saja berjumpa. Bicara penuh keyakinan, pertahankan kontak mata dengan lawan bicara, buat agar mereka merasa Anda sedang berbicara secara pribadi. Persiapkan presentasi Anda secara matang sehingga Anda tidak perlu lagi membaca dan beresiko kehilangan kontak mata dan hubungan yang sudah Anda bangun dengan penonton. Bersikap natural dan jadilah diri sendiri, gunakan suara yang tidak terlalu tinggi atau rendah. Gunakan gerak tubuh yang sesuai dengan ucapan Anda. Riset mengatakan 7% komunikasi tersampaikan melalu kata-kata, 38% melalui nada suara dan intonasi, dan 55% melalui gerak tubuh.

Sampaikan kata-kata yang sederhana. Jangan lakukan kesalahan dengan berusaha membuat kagum penonton menggunakan kata-kata yang terlalu berat. Seringkali pemahaman penonton tidak sesuai dengan maksud ingin disampaikan. Pilih kata-kata yang sederhana untuk mengartikan ide atau pesan yang hendak disampaikan. Cara lain adalah menggunakan kata yang tepat untuk mengartikan maksud Anda, Sebagaimana pepatah mengatakan “Sebuah gambar memiliki sejuta makna.” Penggunaan jargon dan bahasa teknik hanya dapat dilakukan pada situasi dimana presentasi yang dilaksanakan merupakan presentasi teknik kepada penonton yang  spesifik.

3.  Evaluasi Presentasi Anda.

Selalu minta masukan tentang presentasi Anda kapan saja. Masukan dari penonton sering kali menjadi sebuah masukan terbaik bagi presentasi Anda selanjutnya. Memberikan kepuasan kepada penonton sudah seperti memberikan kepuasan kepada klien Anda. Para penonton tersebut merupakan alasan utama Anda menyampaikan presentasi. Dengan pengetahuan yang Anda miliki, Anda akan tahu bagian presentasi yang memerlukan pengembangan dan dapat Anda perbaiki untuk meningkatkan kemampuan presentasi Anda di masa yang akan datang.

Menjalani sebuah presentasi tidak sesulit yang mungkin Anda bayangkan, karena terletak sejauh mana Anda melakukan persiapan dan berapa cepat Anda beradaptasi dengan pendengar.  Selain itu persiapan yang matang tidak hanya dari sisi materi namun juga latihan yang Anda lakukan, mulai dari intonasi suara, gerakan tangan, bahasa tubuh, kontak mata dan lainnya.

Leave a Reply